Teknologi Robot terbaru yang super canggih

Sungguh manusia kini mulai tiba pada kemampuannya yang sebenarnya. Mereka telah mulai menemukan keahlian yang luar biasa, dimana dulu tidak mungkin bisa terjadi. Salah satunya adalah kemampuan dalam mengembangkan teknologi robot. Kemampuan robot ciptaan mereka ini sangat luarbiasa, mulai dari yang bisa dijadikan teman dekat, pelayan hingga yang bisa berkelakuan layaknya manusia itu sendiri.

Berikut ini diberikan beberapa contoh kehebatan robot-robot itu, diantaranya:

1. Ecobot III Robot yang bisa Makan dan BAB
Anda pernah membayangkan robot yang bisa makan? bahkan maaf, buang air besar? Ternyata ada penelitian dan riset aneh tapi realistis juga untuk mengembangkan robot yang bukan dicolokkan ke listrik atau menggunakan sumber daya lain seperti bensin, methanol atau apa kek, tapi bisa mencerna dan mendapatkan energi dari makanan organik.

Peneliti-peneliti ini berasal dari Universitas Bristol yang menyajikan Robot bernama Ecobot III yang bisa memanfaatkan 48 sel mikroba untuk memproses sampah organik. Mikroba-mikroba ini akan mencernanya dan kemudian robot akan mengekstrak energi dari mikroba dengan memanen elektron dari mikroba tersebut. Dan energi yang diekstrak cukup memampukan robot untuk bergerak.

2. Robot Humanoid Remo, Robot Yang Bisa Jadi Teman Dekat Anda
Negeri sakura memang pengusung konsep-konsep robot humanoid tercanggih di Asia. Bahkan tidak hanya di benua Asia saja, Jepang kini mampum menjadi pusat sorotan negara-negara lainnya karena kalau sudah membicarakan tentang robot, maka lihatlah berbagai robot yang telah diproduksi atau sedang masa penelitian saat ini. Jadi sudah tak heran lagi kalau hampir setiap waktu kita mendengarkan berita robot dari Jepang.

Robot humanoid memang diciptakan fungsinya seperti robot yang dapat menjadi teman manusia dan membantu pekerjaan manusia. Kalau Anda tertarik memiliki salah satu robot humanoid yang bisa jadi teman, mungkin Anda boleh melirik ke robot humanoid Remo yang baru saja dirilis di Jepang.

Robot ini posturnya seperti manusia karena memiliki dua kaki dan dua tangan. Berikut ukurannya juga cukup proporsional. Robot ini sudah ditanamkan sensor tekanan di bagian kaki yang dapat membantu robot ini menjaga keseimbangan. Dua sensor di bagian matanya dengan dua warna CCD kamera untuk dapat memproses gambar. Serta robot ini sudah dilengkapi dengan Bluetooth sehingga dapat robot ini bisa berkomunikasi dengan komputer kita.

Jika Anda ingin memiliki teman robot Remo ini, maka setidaknya Anda harus mengeluarkan dana sebesar 4.400 USD atau sekitar 44 juta rupiah.

3. Fujisoft Perkenalkan Si Robot Pintar PALRO Yang Bisa Jadi Teman Bermain Anda
Memiliki teman setia memang bukan perkara mudah. Makanya banyak juga dari kita yang akhirnya memilih untuk memiliki hewan peliharaan seperti kucing atau anjing. Tapi nyatanya terkadang kesibukan kita di luar rumah membuat kita kurang telaten memelihara hewan kesayangan kita tersebut.

Nah, kalau Anda ingin punya teman setia di rumah tapi tak punya banyak waktu untuk merawatnya secara rutin, mungkin hewan peliharaan tersebut bisa Anda gantikan dengan robot humanoid PALRO berikut ini.

Nah, kalau Anda ingin punya teman setia di rumah tapi tak punya banyak waktu untuk merawatnya secara rutin, mungkin hewan peliharaan tersebut bisa Anda gantikan dengan robot humanoid PALRO berikut ini.

Negeri sakura Jepang memang paling terdepan kalau sudah menyangkut teknologi robot. Kali ini yang siap unjuk gigi adalah pihak Fujisoft yang mana sudah cukup lama bereksperimen dan akhirnya siap menampilkan robot humanoid PALRO untuk pertama kalinya di depan publik.

Robot PALRO ini tingginya hanya 39 cm saja. Untuk bisa menjalankan intruksi, robot ini sudah ditanamkan dengan seperangkat sistem komputer serta dibundel dengan processor Intel Atom berkecepatan 1.6GHz, memori 1 GB RAM, flash memori 4 GB, kamera 3 Megapixel serta dapat dihubungkan langsung dengan jaringan Wi-Fi 802.11 b/g/n. Selain itu robot ini juga ditenagai oleh baterai lithium ion.

Pada aksi panggung di depan publik untuk pertama kalinya, tanpa malu-malu robot ini memberikan salam serta memperkenalkan dirinya. Robot ini bersuara dengan dialek Jepang seperti layaknya seorang gadis muda Jepang. Dengan perlahan tapi pasti, robot PALRO berjalan di atas panggung dengan kedua tungkainya. Ketika robot ini melihat Anda, ia bahkan mampu mengambil foto Anda pada saat yang sama, lalu mengirimkannya dalam bentuk email. Bagaimana ia melakukannya? Tentu saja bisa karena robot ini terhubung dengan hotspot saat itu.

Jika Anda merasa jenuh, intruksikan saja robot ini untuk menghibur hati Anda dengan menari mengikuti irama musik. Tariannya juga cukup lincah. Atau mungkin Anda ingin robot ini beraksi bagaikan Sumo, maka robot PALRO akan dengan senang hati melakukannya untuk Anda. Jika dalam satu tempat terdapat lebih dari satu robot PALRO, maka robot-robot pintar ini mampu berkomunikasi secara nirkabel. Wah hebat sekali ya robot cerdas ini! Kabarnya pihak Fujisoft berencana untuk memasarkan robot pintar ini ke masyarakat luas pada bulan Maret 2010 mendatang. Nah jika Anda sangat berminat sekali ingin menjadikan PALRO sebagai teman setia Anda, kiranya Anda harus siap juga memboyong pulang robot ini dengan harga 3.300 USD atau sekitar 33 juta rupiah.

4. Robot Pelayan Yang Kita Harapkan
Anda yang berkeluarga dan memiliki pembantu pasti lah memiliki harapan untuk mendapatkan pembantu rumah tangga yang setia, tidak mudah cape dan menurut. Ada jawaban untuk kebutuhan satu ini yaitu sebuah ROBOT.

Ada robot baru yang cukup canggih sehingga bisa melakukan beberapa hal yang biasa dilakukan pembantu rumah tangga. Biasanya robot hanya berfungsu untuk 1 macam, tetapi kali ini robot satu ini lebih canggih karena bisa mencuci gelas, piring serta membersihkan lantai dengan vacuum cleaner.

Robot ini bisa belajar mencuci macam-macam perabot rumah tangga, baik panci, gelas, atau piring karena para periset Universitas Tokyo telah melengkapinya dengan simulasi video game serta human motion capture untuk robot ini. Robot ini juga telah dilengkapi sensor untuk mengenali lingkungannya sehingga dapat bergerak bebas serta tak ketinggalan sarung tangan anti air supaya robot ini tidak rusak kena air melulu ;D

Coba kita lihat aksi robot ini di gambar-gambar berikut:

5. Hajime Robot Pelayan Restoran Jepang di Thailand
Hehe, makin lama robot menginvasi kehidupan manusia. Sebuah restoran  Jepang di Thailand telah memanfaatkan robot untuk melayani para pengunjung.

Menurut info, Lapassarad Thanaphant pemiliknya mengeluarkan uang sekitar hampir 1 juta USD atau 9 miliar rupiah di restoran Hajime Bangkok dengan 4 robot dari Jepang. Pengunjung bisa memesan makanan lewat layar sentuh dan kemudian tak lama robot yang aneh berbentuk manusia dengan kostum samurai akan mengantarkan makanan disertai goyangan.

Yogyakarta, 28 Juli 2010
Mashudi Antoro (Oedi`)

Sumber:
* http://www.beritateknologi.com

Iklan

25 thoughts on “Teknologi Robot terbaru yang super canggih

  1. wah manusia banyak dibantu oleh robot, bakal banyak robot yang akan menggantikan kerja manusia…. akankah jaman robot datang seperti yg di film???

    manusia tetep makhluk yang paling sempurna…. 🙂
    nice share mas…

    1. makasih Dik untuk kunjungannya…
      ya mungkin saja bisa terjadi tuh… melihat perkembangan yg ada skr ini…. tp manusialah yg akan mengatur dan mengawal keberadaan robot2 ini…

      1. Robot memang pasti dapat membantu pekerjaan manusia d Dunia ini….akan tetapi robot hanyalah sebuat alat teknologi yg d buat oleh Manusia…
        robot juga tdk bisa melakukn semua pekerjaan manusia dgn baik…oleh sebab itu manusia tetap lebih sempurna..d bandingkn dgn apapun yg ada d dunia ini….

        Good Luck s’lalu ya Mas….Update s’lalu Info-info terbarunya….

  2. aku sih setuju aja tentang kecanggihan robot yang dibikin oleh manusia, tapi kan tetap kita hanya manusia yang sebatas kemampuan yang dirancang oleh otak, perasaan , hati, pikiran , dan lain sebagainya. kita tetap punya diatas yaitu Alloh Swt yang membuat kita seolah-olah bahwa kita mampu, tapi masya Alloh manusaia hanyalah manusia yang punya batas kemampuan yang jika fikiran dan angan-angan bisa menciptakan sesuatu hanyalah kita berpulang kepada yang kuasa Subhanalloh

    1. Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya. semoga bermanfaat.
      Saya setuju dengan Anda, bahwa kita tetap manusia yag ditakdirkan lebih sempurna dari yang lainnya. dan semua itu berpulang pada kehendak Allah SWT.

    1. Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya, semoga bermanfaat.
      Iya, bentul sekali, dengan perencanaan dan rancangan yg baik maka robot bisa membantu pekerjaan manusia. 🙂

  3. kalo aku sihh mesin tetap mesin, kalo dalam pekerjaan yang berat sebaiknya teknologi ini digunakan, wong bangsa kita males pake robot hmm tambah,,,, salut deh buat negara uang bisa buat robot,,

    1. Terimakasih atas kunjungan dan dukungannya, semoga bermanfaat.
      Yup… betul sekali, saya sependapat dengan Anda, memang kita itu harus pandai meletakkan sesuatu itu pada tempatnya. ya kalau emg harus menggunakan robot yang bisa membantu meringankan aktivitas kita, kenapa enggak?
      Mudah2an Indonesia bisa menyusul kemajuan negara yang telah banyak memproduksi robot, namun dengan tidak meninggalkan peran penting manusia.

    1. Terimakasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat…
      Tapi maaf sebelumnya, apa yang Anda inginkan tidak bisa kami penuhi karena tulisan ini sejatinya hanya memaparkan gambaran umum tentang teknologi robot terbaru dan tidak sampai pada masalah teknis dan pengerjaannya… jadi sekali lagi maafkan atas kekurangan ini, Terimakasih… 😀

    1. Ya bisa jadi… tapi semua itu tergantung manusia sendiri, yaitu robot apa yg akan terus dikembangkan… terutama bila mereka terus mengembangkan robot dengan teknologi sistem cerdas… maka lama2 robot pun akan bertindak dan berpikir mandiri…
      okey.. terimakasih atas kunjungan dan dukungannya, semoga bermanfaat.. 🙂

  4. Manusia yg paling sempurna. tetapi kita pula perlu mengembangkat ilmu teknologi, seperti mengembangkan robot untuk lebih bermanpaat untuk manusia. di antaranya adalah robot2 penditeksi bencana alam atau penyalamat manusia yg mengurangi resiko untuk kecelakaan manusia sebagai pencipta robot.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s