Uzlah Dan Keutamaannya Di Akhir Zaman Ini

Posted on Updated on

Wahai saudaraku. Kita sudah hidup di akhir periode zaman ke tujuh ini (Rupanta-Ra) dan masa transisinya sudah menjelang, cepat atau lambat. Tanda-tandanya pun sudah kian terlihat, bahkan dalam beberapa hari terakhir. Sehingga tak ada alasan lagi bagi kita untuk tidak mempersiapkan diri sebaik mungkin. Karena apa yang terjadi nanti bukanlah hal yang ringan. Dimana-mana akan dipenuhi dengan berbagai gejolak, huru-hara, dan bencana alam yang sangat mengerikan.

Adapun yang bisa di lakukan kini, di antara yang terbaik, yaitu dengan rutin ber-Uzlah. Karena secara makna, maka Uzlah itu bisa di artikan sebagai tindakan dalam mengasingkan diri dari keramaian dunia untuk masuk ke dalam kesendirian. Tujuannya adalah untuk bisa menghidupkan jiwa dan mensucikan hati serta pikiran dari pengaruh yang tidak baik, atau dari hal-hal yang sifatnya merusak.

Dan hal ini perlu di lakukan secara tertib (istiqomah), sebab orang yang senang ber-Uzlah, maka ia mampu mengatur jalan pikirannya sehingga terhindar dari hal-hal yang tidak baik. Dengan Uzlah, maka akan terhimpun dalam jiwa seseorang tentang sifat-sifat yang mulia. Sebab di dalam ber-Uzlah, maka alam pikirannya akan menjadi tenang dan luas jangkauannya, wawasannya pun kian bertambah, sedangkan hatinya menjadi lebih bersih dan tenteram. Dengan begitu dirinya akan berada dalam ketenangan, dan dalam keadaan tenang itulah ia pun mampu berpikir benar tentang segala bentuk penciptaan dan keagungan dari Dzat Yang Menciptakannya; Hyang Aruta (Tuhan YME).

Bahkan darinya akan mengantarkan diri seseorang untuk bisa lebih mengenal diri sejatinya. Dan ketika ia bisa lebih mengenal diri sejatinya, itu juga berarti menuju kedamaian dan kebahagiaan. Sebab orang yang sudah mengenal diri sejati tandanya hati dan pikirannya selalu tenang, tak ada emosi yang berlebihan, karena ia sudah mampu mengendalikan atau menguasai dirinya sendiri. Bukan justru dikendalikan oleh nafsu, ego, ataupun sifat buruk lainnya. Inilah yang disebut dengan menjalani kehidupan lahir batin dalam kebenaran universal.

Oleh sebab itu, Uzlah bisa menjadi salah satu jalan hijrah dari kejahatan kepada kebaikan, dari kesempitan berpikir kepada kelapangannya, dan dari kegelapan menuju cahaya Ilahi. Selain itu, dengan ber-Uzlah (yang dalam hal ini mengalami keterasingan) akan terhimpunlah banyak perenungan dan evaluasi. Sedangkan dengan perenungan dan evaluasi itulah akan mendekatkan diri pada ilmu pengetahuan dan pemahaman yang mendalam. Lalu dari keduanya itu, maka semakin memperkuat keyakinan diri kepada DIRI Yang Maha Kuasa. Inilah keuntungan yang sangat besar dalam kehidupan.

Ya. Secara etimologi Uzlah berarti menghindar dari sesuatu, sedangkan secara terminologi Uzlah itu adalah membebaskan diri dari masyarakat (duniawi) menuju kehadirat Ilahi. Sehingga ber-Uzlah merupakan sarana yang dapat mengantarkan diri seseorang untuk semakin dalam mengintrospeksi dirinya dan melepaskan hatinya dari berbagai ikatan yang membelenggu. Sebab seseorang yang ber-Uzlah secara benar, juga akan memiliki banyak waktu dalam berinteraksi dan bermesraan dengan Tuhannya sehingga bisa merasakan kebahagiaan yang hakiki. Selain itu, ia pun dengan perlahan-lahan bisa melepaskan dirinya dari ego dan ke-aku-an dirinya sendiri sehingga ia bisa merasakan kemerdekaan yang sejati. Akibatnya ia akan terhindar dari berbagai penyakit hati yang dapat merusak kehidupannya.

Untuk itu, sangatlah penting bagi kita untuk ber-Uzlah, tapi disini bukan dalam arti selamanya. Kita harus tetap menjalani kehidupan normal sebagai Manusia di Bumi ini. Hanya saja Uzlah itu ibarat obat yang bisa menyembuhkan penyakit yang terus saja diderita. Obatnya dari usaha kita sendiri ketika mengasingkan diri, sementara dokternya adalah diri kita sendiri bila telah bersungguh-sungguh dalam ber-Uzlah. Sebab Uzlah merupakan suatu cara atau bentuk latihan kerohanian yang berfungsi dalam memantapkan hati agar akal-pikiran mampu menerima pancaran cahaya Ilahi yang bersih. Dengannya akan terbukalah pintu keselamatan hidup di dunia dan akherat nanti.

Dan beruntunglah bagi siapapun yang gemar ber-Uzlah, sebab ia akan menemukan kebahagiaan yang tak sebanding dengan apapun materi dan kebanggaan dunia ini. Kedamaian pun bisa ia dapatkan, sebab Uzlah itu memanglah jalan lain – yang khusus – untuk lebih cepat mendapatkannya.

Semoga kita termasuk orang yang senang ber-Uzlah, karena hal itu akan sangat menguntungkan, khususnya di akhir zaman ke tujuh ini (Rupanta-Ra). Rahayu.. 🙏

Jambi, 03 Agustus 2019
Harunata-Ra

Catatan: Jika perlu, mulai sekarang berancang-ancanglah untuk menjauh dari kota-kota besar dan tinggallah sederhana di pedesaan. Tetaplah istiqomah (tekun) dalam kepatuhan pada hukum dan aturan-NYA. Niscaya akan ada kebaikan untukmu.

Iklan

6 respons untuk ‘Uzlah Dan Keutamaannya Di Akhir Zaman Ini

    Asyifa Wahida said:
    Agustus 3, 2019 pukul 4:57 am

    subhanallah… luar biasa mas
    Matur suwun kagem nasehat dn ajakannya untuk ber uzlah
    Smg kita semua khususnya diri ini istiqomah dlam beruzlah

      Harunata-Ra responded:
      Agustus 3, 2019 pukul 6:40 am

      Syukurlah kalo gitu mbak Asyifa.. Nuwun juga karena masih mau berkunjung.. Semoga ttp bermanfaat.. 😊🙏

      Aamiin.. Semoga kita ttp eling lan waspodo menjelang masa transisi nanti.. 🙏

    Asyifa wahida said:
    Agustus 3, 2019 pukul 11:47 am

    Enggih mas…
    Alhamdulillah akan selalu mngunjungi mas,mugi2 mboten bosan kalih kunjungan kulo ..dn Alhamdulillah sangat bermanfaat mas kagem kita semua khususnya kulo mas

    Enggih mugi2 mawon mas

      Harunata-Ra responded:
      Agustus 4, 2019 pukul 12:25 pm

      Okelah kalo gitu mbak.. sekali lagi nuwunh yah.. 🙂

    Hawe yahya said:
    Agustus 4, 2019 pukul 9:48 am

    Tulisannya njenengan benar² menyentuh hati saya tidak perlu banyak dalil

      Harunata-Ra responded:
      Agustus 4, 2019 pukul 12:31 pm

      Syukurlah kalo gitu mas Hawe Yahya, terima kasih sudah mau baca.. semoga bermanfaat.. 🙂
      Hmm.. saya ini cuma orang awam kok mas, gak pinter ndalil.. cuma bisa menguraikan apa yg dipahami aja..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s