Keindahan Yang Nyata

images-10Wahai saudaraku. Pada dasarnya setiap diri manusia itu ditakdirkan sebagai pengembara. Namun sayang sekali banyak dari mereka yang justru berhenti dan menetap dalam rasa nyaman dengan semunya duniawi. Kalau pun mereka menjadi pengelana, mereka mengelana dengan tanpa tujuan. Tak ada peta penunjuk arah yang diikuti, bahkan ia tak tahu mau pergi kemana.

O.. Mengapa selama ini banyak dari kita yang menjadi budak dari ambisi dan keinginan kita sendiri? Dan sebab terlena dengan pesona duniawi, kita pun terlupa dengan Dia Yang Maha Menawan, apalagi Diri Sejati-Nya. Memang bayangan-Nya itu, yang ada di setiap benda dan materi duniawi itu sungguh penuh pesona, tapi alangkah ruginya kita jika kita berhenti hanya pada bayangan-Nya saja. Alangkah tidak beruntungnya kita jika kita tak bisa menatap langsung Diri Sang Maha Indah itu secara nyata.

Untuk itu, semua ambisi dan keinginan kita itu sungguh tak berarti, karena semuanya terkait dengan bayang-bayang saja. Dan sayangnya banyak dari kita yang justru mengejar dan berusaha mati-matian untuk meraih bayangan itu. Kita mengejar bayangan jabatan, kekuasaan, kekayaan, ketenaran, keluarga dan sebagainya. Padahal ketahuilah bahwa ambisi itu menunjukkan keinginan yang miskin dan karakter nyata dari seorang pengemis. Hyang Aruta (Tuhan YME) adalah Sang Penguasa dan Yang Maha Indah. Ia adalah Sang Maha Menawan, Maha Dekat, Paling Nyata dan Sesuatu yang tak pernah terpisah, sementara kita masih saja menempatkan kekayaan, jabatan, keluarga atau yang lainnya sejajar dengan-Nya. Tanpa sadar kita bahkan sering memuja-Nya tapi dibawah pemujaan kita kepada duniawi dan segala isinya. Ini sungguh aneh dan konyol. Sebab mengapa kita masih saja sering merendahkan Diri-Nya tapi selalu ingin kebaikan dan kemuliaan dari-Nya?

portfolio-natural

Ya. Silahkan mencintai dan melayani keluarga, silahkan mencari kekayaan, jabatan dan ketenaran, tapi jangan mengesampingkan Diri-Nya dengan sikap mengerdilkan hakekat-Nya. Silahkan mencintai kerabat dan sahabat, tetapi jangan mengharapkan sesuatu dari mereka, karena hubungan kekeluargaan bisa retak, persahabatan juga bisa berakhir, begitu pula jabatan, kekayaan atau ketenaran pun bisa hilang. Tetapi Dia Yang Maha Perkasa selalu ada dan tak berakhir. Dia tak tersentuh oleh waktu tetapi selalu ada di dalam waktu dan di luar waktu, juga di dalam setiap keadaan atau ketidak-adaan. Kekal dan Abadi adalah sifat-Nya. Mulia dan Indah adalah Hakekat-Nya.

Sehingga, teruslah mencari dengan tetap mengembara. Karena jika kita bisa menyadari hubungan kita dengan Yang Maha Agung dan Mulia, Sang Maha Indah dan Esa, saat itu pula derajat kita meningkat dari kemiskinan menjadi kekayaan, dari kehinaan menjadi kemuliaan. Kita akan bisa menjadi sosok hamba yang tetap mengindahkan jalan hidup kita sendiri dengan senantiasa mengindahkan-Nya. Inilah jalan keselamatan dan kebahagiaan yang sejati, yang seharusnya kita tempuh.

Jambi, 10 Januari 2017
Harunata-Ra

Iklan

2 thoughts on “Keindahan Yang Nyata

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s