Makna Hilangnya Pesawat MH 370: Dari Sudut Pandang Al-Qur`an

Posted on Updated on

MH 370Wahai saudaraku. Lebih dari sepekan ini kita terus saja disuguhi dengan berita hilangnya pesawat MH 370 milik maskapai penerbangan Malaysia Airlines. Baik dari media cetak terlebih dari televisi yang setiap pagi, siang, sore dan malam hari terus saja menyiarkan tentang perkembangan pencarian pesawat ini. Banyak pula spekulasi yang terjadi hingga saat ini, mulai dari meledak di udara, di sabotase sampai hilang ke alam gaib. Hal ini tidak bisa dibendung, karena memang misteri hilangnya pesawat ini terus saja membuat pusing beberapa negara yang terlibat pencariannya.

Ya. Sampai saya menuliskan artikel ini, belum ada kepastian yang jelas dari hilangnya pesawat MH 370 ini. Spekulasi terus saja berkembang, yang menunjukkan betapa besarnya misteri ini. Informasinya terus saja menular ke segala penjuru dunia, sehingga menyebabkan banyak aksi simpati dari berbagai bangsa dan agama. Tapi apakah ada di antara kita yang berpikir bahwa peristiwa ini ada kaitannya dengan azab Tuhan? Adakah yang memahami bahwa hilangnya pesawat ini adalah satu bentuk peringatan dari Tuhan untuk kita semua di seluruh dunia? Karena memang, kehebohannya sudah menjalar ke seluruh belahan Bumi ini.

Untuk itu saudaraku sekalian. Disini saya tidak akan menambahkan spekulasi yang sudah ada atau membahas lebih luas tentang apa yang terjadi dengan pesawat MH 370 ini. Biarlah itu menjadi urusan para ahli dan tim pencari yang telah melibatkan banyak negara maju. Kita tunggu saja informasinya, karena itu semua akan muncul bila Tuhan sudah mengizinkannya. Jadi, disini saya hanya akan membahas hilangnya pesawat MH 370 ini dari kaca mata batiniah dan isyarat. Dan disini saya mendasarkannya pada Al-Qur`an yang menjadi sumber ilmu pengetahuan dari Tuhan, yang berlaku untuk semua makhluk hingga kapanpun.

Wahai saudaraku. Jika kita merenungkan dengan seksama tentang hilangnya pesawat MH 370 ini, maka ada isyarat dari Tuhan bagi semua manusia yang tinggal di muka Bumi ini. Ada peringatan dan teguran yang jelas sekali mengenai model kehidupan yang telah dijalani oleh sebagian besar penduduk Bumi saat ini. Apakah itu? Mari kita kaji misteri hilangnya pesawat MH 370 ini dengan mengikuti penelusuran berikut:

1. Apa makna di balik nomor seri pesawat ini?
Jika kita cermati dengan seksama dan merenungkan nomor seri pesawat ini (MH 370) maka ada isyarat Tuhan di dalamnya. Dan setelah merenungkan dan mengkajinya dengan ayat-ayat Al-Qur`an, maka saya pun menemukan berbagai makna yang tersembunyi di dalamnya. Adapun makna itu adalah:

a). Makna dari huruf M
-> Huruf M yang terdapat dalam nomor seri itu makna pertamanya adalah kita harus memperhatikan nama surat di dalam Al-Qur`an yang menggunakan awalan huruf M. Setelah mengeceknya, maka ada dua surat yang menggunakan awalan huruf M, yaitu surat Maryam [19] dan surat Muhammad [47]. Lalu setelah mengeceknya, maka surat yang paling cocok dengan pembahasan kita ini adalah surat Muhammad [47].

->  Huruf M yang terdapat dalam nomor seri itu makna keduanya adalah kita harus memperhatikan urutan huruf dalam alfabet. Dimana huruf M berada di urutan yang ke 13. Sehingga ini berarti kita pun harus memperhatikan ayat yang ke 13 dari surat Muhammad [47].

Kesimpulan awal: Dari uraian di atas maka kesimpulannya adalah bahwa kita harus melihat dan memahami surat Muhammad [47] ayat ke 13. Berikut isinya:

“Dan betapa banyak negeri yang (penduduknya) lebih kuat dari (penduduk) negerimu (Muhammad) yang telah mengusirmu itu. Kami telah membinasakan mereka, maka tidak ada seorang pun yang menolong mereka”

b). Makna huruf H
-> Huruf H yang terdapat dalam nomor seri itu makna pertamanya adalah kita pun harus memperhatikan nama surat di dalam Al-Qur`an yang menggunakan awalam huruf H. Setelah mengeceknya, maka hanya ada satu surat saja, yaitu surat Hud [11].

-> Huruf H yang terdapat dalam nomor seri itu makna keduanya adalah kita pun harus memperhatikan urutan huruf dalam alfabet. Dimana huruf H berada di urutan yang ke 8. Sehingga ini pun berarti bahwa kita harus memperhatikan ayat yang ke 8 dari surat Hud [11].

Kesimpulan awal: Dari uraian di atas maka kesimpulannya adalah bahwa kita harus melihat dan memahami surat Hud [11] ayat ke 8. Berikut isinya:

“Dan sungguh, jika Kami tangguhkan azab terhadap mereka sampai waktu yang ditentukan, niscaya mereka akan berkata “apakah yang menghalanginya?” Ketahuilah, ketika azab itu datang kepada mereka tidaklah dapat dielakkan oleh mereka. Mereka di kepung oleh (azab) yang dahulu mereka memperolok-olokkannya”

c). Makna dari angka 370
Makna dari angka ini adalah bahwa kita harus memperhatikan surat yang ke 3 ayat ke 70 dari Al-Qur`an, yaitu surat Ali-`Imran [3] ayat 70 yang isinya:

Wahai ahli kitab! Mengapa kamu mengingkari ayat-ayat Allah, padahal kamu mengetahui (kebenarannya)?”

2. Apa makna jumlah penumpang pesawat?
Diketahui bahwa jumlah penumpang pesawat MH 370 ini adalah 239 orang. Maka makna yang tersirat di balik jumlah penumpang ini adalah kita harus memperhatikan surat yang ke 2 ayat ke 39 dari Al-Qur`an, yaitu surat Al-Baqarah [2] ayat 39 yang isinya:

“Adapun orang-orang yang kafir dan mendustakan ayat-ayat Kami, mereka itu penghuni Neraka. Mereka kekal di dalamnya”

3. Kesimpulan
Dari semua uraian di atas, maka dapat kita simpulkan bahwa hilangnya pesawat MH 370 ini adalah bentuk dari peringatan Tuhan kepada makhluk-Nya untuk kembali hidup dalam aturan-Nya. Karena nanti akan datang azab yang akan menghancurkan dan menyiksa, sebagaimana yang pernah terjadi di masa lalu. Dan memanglah peradaban manusia kini jauh dari aturan-Nya, sehingga zaman akan berganti yang baru. Kita sekarang ini masih diberikan kesempatan yang singkat untuk kembali ke jalan yang benar dan diridhai-Nya. Kita diperintahkan untuk bertobat dan hanya mengagungkan Tuhan, dengan mematuhi segala aturan-Nya dan sibuk mempersiapkan diri sebaik mungkin. Sebelum azab yang di janjikan-Nya datang menghukum. Begitupun kita juga harus terus mengingat bahwa ada kehidupan setelah kematian nanti, sementara ada balasan yang menunggu kita. Ada Syurga bagi yang patuh kepada aturan Tuhan dan ada Neraka bagi yang mengingkarinya.

*****

Wahai saudaraku sekalian, coba sekali lagi perhatikan ayat ini dengan teliti:
Dan betapa banyak negeri yang (penduduknya) lebih kuat dari (penduduk) negerimu (Muhammad) yang telah mengusirmu itu. Kami telah membinasakan mereka, maka tidak ada seorang pun yang menolong mereka” (QS. Muhammad [47] ayat 13)

Jika boleh mengupasnya sedikit, maka ayat ini menerangkan bahwa dahulu kala pernah ada kaum yang peradabannya sangat kuat dan hebat, bahkan memiliki teknologi yang super canggih dan tidak kalah dengan kita sekarang. Ini pun tidak sebatas yang pernah ada di kota Makkah, tetapi di berbagai belahan Bumi lainnya, termasuk di Nusantara. Tetapi karena kekufuran dan tidak patuh dengan aturan Tuhan, mereka pun tidak bisa lari dari ketentuan Tuhan; yaitu di binasakan (ini terjadi sebelum masa kehidupan Rasulullah SAW). Tujuannya adalah sebagai peringatan bagi siapapun yang hidup setelah mereka, bahwa ketika sudah tidak lagi patuh dengan aturan Allah SWT, maka sehebat apapun kemampuan peradaban yang dimiliki maka bagi Allah SWT sangatlah mudah untuk menghancurkannya.

Begitu pun peradaban kita sekarang ini, yang oleh sebagian orang menganggapnya sebagai yang paling hebat dalam sejarah manusia, sehingga mengira tidak akan ada yang bisa menghancurkannya. Maka tidak menutup kemungkinan bahwa hanya dalam waktu satu hari bisa hancur berantakan atas kehendak Tuhan Yang Maha Berkuasa. Dan saat itulah azab yang telah Allah SWT janjikan bagi mereka yang kufur sedang terjadi.

Kemudian ayat berikut ini:
“Dan sungguh, jika Kami tangguhkan azab terhadap mereka sampai waktu yang ditentukan, niscaya mereka akan berkata “apakah yang menghalanginya?” Ketahuilah, ketika azab itu datang kepada mereka tidaklah dapat dielakkan oleh mereka. Mereka di kepung oleh (azab) yang dahulu mereka memperolok-olokkannya” (QS. Hud [11] ayat ke 8)

Jika boleh mengupasnya sedikit, maka ayat ini menerangkan kondisi yang terjadi sekarang ini, dimana telah terjadi sikap yang menyepelekan fenomena aneh yang banyak terjadi di muka Bumi ini. Baik itu dalam bentuk bencana alam, musibah kecelakaaan transportasi maupun perilaku sosial masyarakat yang rusak (perang, maksiat, korupsi, syirik, dll). Padahal sebagaimana keterangan dari ayat di atas maka saat-saat ini adalah waktu yang “di tangguhkan” oleh Allah SWT sebelum azab yang maha dahsyat itu datang. Tujuannya adalah agar banyak dari manusia yang segera bertobat dan mempersiapkan dirinya sebaik mungkin, dan Allah SWT memang senantiasa menunjukkan kasih sayang-Nya kepada makhluk-Nya meskipun mereka ingkar.

Selain itu, ayat ini juga menerangkan bahwa saat ini begitu banyak orang yang mengabaikan peringatan yang telah disampaikan, baik itu oleh teman, sahabat, keluarga, kenalan, bahkan yang telah disampaikan oleh Rasulullah Muhammad SAW sendiri dalam sabdanya. Bahkan sebagian dari mereka terang-terangan mengatakan bahwa itu semua hanya mitos dan kemustahilan, sehingga tidak jarang pula justru mereka memperolok-olokkan kebenaran yang telah disampaikan oleh orang-orang shalih. Padahal tidak ada yang tidak mungkin bagi Allah SWT, termasuk meng-azab mereka yang senang memperolok kebenaran dengan mengepung mereka nanti dengan bencana dan musibah yang maha dahsyat. Sehingga tiada satupun dari mereka ini yang selamat dan terhindar dari siksa Neraka yang perih.

Selanjutnya ayat berikut ini:
Wahai ahli kitab! Mengapa kamu mengingkari ayat-ayat Allah, padahal kamu mengetahui (kebenarannya)?” (QS. Ali-`Imran [3] ayat 70)

Jika boleh mengupasnya sedikit, maka pada ayat ini Allah SWT menegur makhluk-Nya karena pengingkaran mereka terhadap perintah dan larangan-Nya. Disini tidak sebatas para ahli kitab (Yahudi, Nasrani) saja, karena sebenarnya juga bagi orang Islam dan siapapun yang menganut sebuah agama (Hindu, Buddha, Zoroaster, Konghucu, dll). Hal ini disebabkan memang disetiap agama pasti mengajarkan kebaikan dan kebagusan perilaku. Allah SWT Maha Mengetahui apa saja yang dilakukan oleh setiap makhluk di alam jagat raya ini, baik yang tampak maupun yang tersembunyi, baik yang jujur maupun yang berbohong, baik yang tulus ataupun yang munafik.

Selain itu, dalam ayat ini Allah SWT juga membukakan hijab pengetahuan tentang banyaknya dusta dan kemunafikkan yang sudah terjadi saat ini. Khususnya di kalangan umat Islam sendiri, dimana hanya sedikit saja dari mereka yang tetap menggunakan Al-Qur`an dengan istiqomah sebagai pedoman hidupnya. Mereka berlomba-lomba mengejar kesenangan duniawi yang semu, sehingga melupakan bekal kehidupan akherat yang abadi. Bahkan kini, di negeri ini, dimana-mana banyak orang yang obral janji di siang bolong, dan itu hanya dilakukan demi meraih jabatan dan kedudukan. Mereka melakukan itu hanya dengan tujuan menumpuk harta benda saat menduduki jabatan nanti, dan tidak akan peduli dengan nasib rakyat banyak. Begitu pun dari kalangan ulama yang kini banyak menjual ayat-ayat Ilahi hanya demi uang dan kedudukan sosial. Sehingga keadaan peradaban kita sekarang semakin redup, kacau balau dan jauh dari cahaya Ilahi yang gemilang.

Dan yang terakhir adalah ayat berikut ini:
“Adapun orang-orang yang kafir dan mendustakan ayat-ayat Kami, mereka itu penghuni Neraka. Mereka kekal di dalamnya” (QS. Al-Baqaroh [2] ayat 39)

Jika boleh mengupasnya sedikit, maka ayat ini bermakna tentang janji Allah SWT yang tegas bagi siapapun yang mendustakan perintah dan larangan-Nya. Dia akan membalas perbuatan ingkar dari siapapun makhluk-Nya dengan siksaan Neraka yang sangat perih dan mereka pun akan kekal di dalamnya. Tidak hanya untuk orang kafir tulen, tetapi bagi siapa saja, karena kafir itu sendiri terdiri dari dua jenis, yang dilakukan dengan perbuatan fisik (kafir tulen) maupun oleh hati seseorang (kafir hati).

Wahai saudaraku. Bukankah ini sangat jelas? karena meskipun ayat-ayat tersebut terpisah dalam surat yang berbeda tetapi seolah-olah berurutan dan tentunya menjelaskan satu permasalahan yang sudah, sedang dan akan terjadi nanti. Inilah keagungan dari Al-Qur`an dan ini pula bentuk nyata dari peringatan Allah SWT bagi kita semua, yang masih numpang tinggal di Bumi-Nya ini. Lalu mengapa kita di peringatkan? Itu karena kehidupan peradaban kita sekarang ini sudah banyak sekali yang tidak lagi sesuai dengan aturan-Nya. Kita lebih mengutamakan aturan dan hukum buatan manusia, bahkan yang di buat oleh orang kafir. Sehingga kebenaran dan kemuliaan pun kian menjauh dari kehidupan kita, yang tentunya menjauhkan kita dari rahmat dan ridha Ilahi.

“Askoro diro lalakona subagaya”
Artinya: Perjalanan hidup orang-orang pada saat sekarang banyak keinginan karena menuruti nafsu dan amarah yang besar, yang disebabkan oleh rasa angkuh dan sombong.

Untuk itu, tiada alasan bagi kita untuk tidak mempersiapkan diri sebaik mungkin. Mempersiapkan bekal akherat kita, dengan tetap berjalan di arah jalan-Nya yang lurus. Patuh kepada segala perintah dan larangan-Nya meskipun sulit dan penuh tantangan. Dan teruslah “Iqra`: membaca, merenungkan, mengkaji, memahami, berpikir” dengan segala fenomena yang terjadi di sekitar kita sekarang, karena tentunya akan banyak makna di dalamnya. Sehingga pada akhirnya kita pun akan lebih mempersiapkan diri dengan apa saja yang akan terjadi di masa depan dengan matang dan benar.

“Sesungguhnya pada pertukaran malam dan siang itu dan pada apa yang diciptakan Allah di langit dan di bumi, benar-benar terdapat tanda-tanda (kekuasaan-Nya) bagi orang-orang yang bertakwa” (QS. Yunus [10] ayat 6)

Semoga kita termasuk dari golongan orang-orang yang selamat di akhir zaman ini dan meraih tempat yang terbaik atas izin-Nya di zaman yang baru nanti.

Yogyakarta, 19 Maret 2014
Mashudi Antoro (Oedi`)

20 thoughts on “Makna Hilangnya Pesawat MH 370: Dari Sudut Pandang Al-Qur`an

    Sri Nuryati said:
    Maret 19, 2014 pukul 10:02 am

    ~ Subhanaallah semakin nyata Allah memberikan peringatan pada seluruh penduduk bumi untuk kembali kepada jalan-NYA,semoga kita adalah orang” yg beruntung itu aamiin,terima kasih mas oedi untk linknya……ditunggu link berikutnya,selamat berkarya🙂

      oedi responded:
      Maret 19, 2014 pukul 11:09 am

      Iya mbak, sudah semakin jelas saja peringatan Allah SWT bagi penduduk Bumi ini.. agar mereka segera bertobat dan kembali ke jalan-Nya yang lurus..
      Sama2 mbak, silahkan di tunggu tulisan berikutnya, dan terimakasih juga karena masih mau berkunjung di blog ini, semoga tetap bermanfaat..🙂

    H ABDUL MUTHALIB said:
    Maret 20, 2014 pukul 6:32 am

    Benar sekali mas oedi nalar sampian itu segala bala bencana, musibah apa pun harus merujuk pada kebenaran Al Qor’an. Allah itu Maha kuasa dari manusia yg jadi penguasa di atas bumi ini, karena sdh banyak yg melupakan hukum Allah lalu berbuat dgn se suka hati yang melampaui batas cuma karena hawa (nafsu) Dunia Yang binasa ini. H Abdulmuthalib Sudan Tanah Bumbu ,Kal-Sel.

      oedi responded:
      Maret 22, 2014 pukul 7:14 am

      Subhanallah walhamdulillah wala ilaha ilallahu wallahu akbar.. Segala sesuatu itu sudah diatur oleh Allah SWT dan sebenarnya telah diterangkan di dalam Al-Qur`an, karena Al-Qur`an sendiri adalah petunjuk yang benar hingga kapanpun juga… tapi memang untuk bisa mengetahuinya kita harus berpikir dan menggalinya dengan sabar dan teliti, untuk itulah Allah SWT pun berfirman agar kita semua mau iqra` (membaca, mengkaji, memikirkan, merenungkan, menelaah, memahami) segala sesuatu yang ada di alam jagat raya ini dan setiap kejadiannya.. karena disana terdapat tanda-tanda kebesaran Allah SWT.
      Tapi sangat disayangkan, justru umat Islam sendiri yang menjauh dari Al-Qur`an bahkan telah lupa.. kalau pun masih ada, kebanyakan dari mereka hanya menghafal tanpa mengerti maknanya.. tidak jauh berbeda dengan burung beo yang hanya bisa menghafal kata-kata yang di ajarkan tetapi tidak pernah tau artinya… sehingga tampak dengan nyata disekitar kita kondisi kehidupan dunia pun kian morat marit dan penuh dengan kerusakan dan kezaliman.. bahkan sesama umat Islam sendiri saling bertikai dan membunuh (sebagaimana yg terjadi di timur tengah)… apalagi sekarang, dimana-mana banyak yang obral janji di siang bolong (janji palsu) hanya demi memenuhi ambisi dan hawa nafsunya pada harta dan jabatan,, mereka tidak peduli bahwa nanti ia akan dimintai pertanggungjawaban atas apa yg ia katakan dan lakukan.. amanah itu sangat berat tanggungjawabannya nanti, tetapi justru sekarang bagi sebagian orang hanya seperti seonggok roti yang harus diperebutkan.. masyaAllah..
      Baiklah, terimakasih pak H Abdul Muthalib atas kunjungan dan dukungannya, semoga kita termasuk golongan orang-orang yang selalu mencintai Al-Qur`an dan mau mengikuti setiap kandungannya dengan ikhlas.. semoga kita tetap di ampuni dan diridhai oleh Allah SWT🙂

    Hadi Mulyono said:
    Maret 26, 2014 pukul 10:50 am

    orang jawa memang pandai merangkai-rangkai antara suatu peristiwa dengan angka-angka. Misal tidak terjadi apa-apa dengan MH370 maka uraian tersebut tidak menyangkut peristiwa. Jangan menafsirkan ayat-ayat Al Quran dengan semaunya sendiri.

      oedi responded:
      April 1, 2014 pukul 6:53 am

      Okey terimakasih atas kunjungannya…🙂

      Agus Raharjo said:
      April 18, 2014 pukul 12:49 pm

      betul mas hadi mulyono…. tapi tolong jangan menyinggung suku karena tidak hanya orang jawa yang pandai merangkai seperti itu…. semua bisa apalagi ditambah “iseng”
      Bagi saya Al Qur’an terlalu suci kalau hanya sekedar dikait-kaitkan seperti itu. Kecelakaan yang dialami oleh Pesawat MH 370 sudah terjadi…. mari kita doakan saja smoga kabut segera tersibak sehingga jelas penyebabnya dan kedepan bisa menjadi bahan evaluasi….. walaupun semua itu juga karena Allah ridho kecelakaan itu terjadi…..

        oedi responded:
        April 19, 2014 pukul 6:51 am

        Oke, terimakasih atas kunjungan dan komentarnya..🙂

        ABDUL AZIS said:
        Juni 19, 2014 pukul 9:05 am

        Aqu setuju sangat dng anda mas agus,,,,,,mari kita doakan agar kyaii OEDI ini bisa lebih memahami, akan ketentuan ALLOH SWT ,agar beliau dapat terbuka hatinya untuk dapat lbh bisa merasakan sakit,sedihny, atas penderita an orang lain,dan lebih bijak dalm menyikapinya,karena Rasullulloh SAW tidak pernah mengajarkan untuk bergembira di atas kesusahan yg orang lain rasakan…!!
        INGAT…!!!! AlloH SWT Hanya melihat akhirnya yg baik,,bukan Awalnya yg bagus,,,???

        oedi responded:
        Juni 23, 2014 pukul 8:48 am

        Hmm.. makasih atas kunjungannya…
        Wah.. tolong ya saya di doain, terlebih agar saya lebih paham lagi tentang ketentuan dari Allah SWT. Saya ini memang banyak salah dan dosa kok…🙂

        Rian S. said:
        Februari 28, 2016 pukul 7:47 am

        Allah maha mengetahui apa yang ada di belakang hati setiap manusia. Dan segala pengetahuan manusia di alam ini tidak dapat mencerna ilmu Allah melainkan atas izin-Nya. Segala hal yang terjadi di muka bumi ini adalah karena kehendaknya. Dan hal kecilpun akan menjadi sebuah pertanda bagi orang² yang hatinya ada rahmat Allah. Al-Qur’an itu adalah manual book untuk manusia, sehingga relevan dengan apapun yang terjadi dengan manusia. Hanya orang² yang berfikir dengan hati lah yang dapat menyadari nya. Saya setuju dengan mas Oedi, mudah²an Allah memberi rahmat kepada orang² yang belum mengerti petunjuk Allah SWT. Aamiin…

        oedi responded:
        Februari 29, 2016 pukul 7:21 am

        Terimakasih mas Rian karena masih mau berkunjung, semoga tetap bermanfaat..🙂
        Saya setuju dengan mas Rian bahwa segala sesuatu yang terjadi di sekitar kita adalah bagian dari rahasia Ilahi yang maksud sebenarnya bisa kita ungkap.. Nah salah satu cara yang tepat adalah dengan mendasarkannya pada Al-Qur`an karena Al-Qur`an sendiri merupakan tuntunan hidup dari Tuhan bagi manusia.. Tentu disini harus dengan membuka hati terlebih dulu, dengan begitu cakrawala keilmuan dan informasi yang sejati akan bisa diketahui..
        Mari kita membuka hati demi kehidupan yang lebih baik..🙂

    Amin Sodick Iragohamnida said:
    April 3, 2014 pukul 12:10 pm

    Maha suci ALLAH yang telah menciptakan langit dan bumi, mungkin itu teguran bagi orang2 yang berdiam di bumi. mf baru sempet baca

      oedi responded:
      April 8, 2014 pukul 7:05 am

      Iya mas, seperti itulah tujuannya, yaitu mengingatkan siapapun yang masih tinggal di muka Bumi ini.. karena bukankah setiap peristiwa itu adalah tanda-tanda kebesaran-Nya?
      Okey, nyante aja mas Amin, justru saya berterimakasih karena sampeyan masih mau berkunjung.. semoga tetap bermanfaat..🙂

    zappulete said:
    Mei 10, 2014 pukul 7:52 pm

    mas oedi ijin kopas beberapa kata dri atrikel ini ya mas..
    artikel sampean keren,dalem banget..syarat makna…

    sukses ya mas…🙂

      oedi responded:
      Mei 15, 2014 pukul 7:31 am

      Oh silahkan saja, tapi tolong tetap di sertakan sumbernya ya..🙂
      Syukurlah kalau suka dengan tulisan ini, sukses juga untuk mas/mbaknya… terimakasih atas kunjungan dan dukungannya, semoga bermanfaat..🙂

    SUGIHARTO said:
    Juni 3, 2014 pukul 11:39 am

    ASSALAMU ALAIKUM
    MHN IJN NTP AMANAH
    ALHAMDULILLAH HIROBBIL ALAMIN
    atas RAHMAT SERTA HIDAYAH RIDHO DARI ALLAH SWT.serta berbekal ILMU KEWALIAN KAROMAH,KESAKTIAN SEJATI,serta izin dari para guru/leluhur dengan melakukan tapa brata,beliau hadir untuk
    membantu anda yg sa’at ini punya MASALAH HUTANG BESAR, BUTUH MODAL BESAR, INGIN MERUBAH NASIB,
    BANGKRUT USAHA,DI CACI MAKI,DI HINA,MENYENGSARAKAN/MENZHOLIMI ANDA ,JANGAN PUTUS ASA,KINI SAATNYA ANDA BANGKIT DARI KETERPURUKAN, RENTANGKAN SAYAPMU,RAIH DUNIAMU,GAPAI IMPIANMU,KEJAR CITA2MU,AGAR ORANG LAIN TIDAK LAGI MENGHINAMU,
    BELIAU SIAP MEMBANTU ANDA DENGAN…
    -JUAL MUSUH
    -NIKAH JIN
    -DANA GOIB
    -UANG BALIK
    -UANG MATENG
    -MEGGNDKAN UANG
    -GENDAM PENAKLUK
    -PENGASIHAN
    -PELET HITAM
    -PELET PUTIH
    -SANTET MATI
    -ANGKA/SIO JITU
    di jamin 100% berhasil & sukses
    hubungi beliau :
    KH SA’ID ABDULLAH WAHID
    (AHLI ILMU GO’IB)

    HP: 082334608008

    D/A : BATU AMPAR-GULUK GULUK –
    SUMENEP – MADURA
    JAWA TIMUR
    proses cepat tepat terpercaya
    ANDA SOPAN BELIAU SEGAN
    TERIMA KASIH WASSALAM

    Nurhanisah said:
    Juni 19, 2014 pukul 2:17 pm

    ia deh. mgkin ini prgatan buat kita agar mematohi semua arahannya beliau”ALLAH” saya juga bersimpati ke atas semua kejadian ini. hanya Allah yg tau di mana keberadaan mereka doa aja deh buat pesawat MH370 Pray For MH370

      oedi responded:
      Juni 23, 2014 pukul 8:52 am

      Alhamdulillah, syukurlah jika mbaknya setuju dengan tulisan ini… terimakasih atas kunjungan dan dukungannya, semoga terus dilimpahkan kebaikan dan kemuliaan… Segala peristiwa itu ada maksud dan tujuannya, kita harus pandai-pandai mengambil hikmahnya, yang nyata ataupun yang tersembunyi…🙂

    joko said:
    Agustus 7, 2014 pukul 3:19 pm

    Selamat Datang di Website OM AGUS
    Izinkan kami membantu anda
    semua dengan Angka ritual Kami..
    Kami dengan bantuan Supranatural
    Bisa menghasilkan Angka Ritual Yang Sangat
    Mengagumkan…Bisa Menerawang
    Angka Yang Bakal Keluar Untuk Toto Singapore
    Maupun Hongkong…Kami bekerja tiada henti
    Untuk Bisa menembus Angka yang bakal Keluar..
    dengan Jaminan 100% gol / Tembus…!!!!,hb=085-399-278-797
    Tapi Ingat Kami Hanya Memberikan Angka Ritual
    Kami Hanya Kepada Anda Yang Benar-benar
    dengan sangat Membutuhkan
    Angka Ritual Kami .. Kunci Kami Anda Harus
    OPTIMIS Angka Bakal Tembus…Hanya
    dengan Sebuah Optimis Anda bisa Menang…!!!
    Apakah anda Termasuk dalam Kategori Ini
    1. Di Lilit Hutang
    2. Selalu kalah Dalam Bermain Togel
    3. Barang berharga Anda udah Habis Buat Judi Togel
    4. Anda Udah ke mana-mana tapi tidak menghasilkan Solusi yang

    Jangan Anda Putus Asa…Anda udah
    berada Di blog yang sangat Tepat..
    Kami akan membantu anda semua dengan
    Angka Ritual Kami..Anda
    Cukup Mengganti Biaya Ritual Angka Nya
    Saja… Jika anda Membutuhkan Angka Ghoib
    Hasil Ritual Dari=OM AGUS, 2D,3D,4D
    di jamin Tembus

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s