10 Langkah Mudah untuk Menulis Buku

Posted on Updated on

menulisPara pembaca sekalian. Tergerak dari permintaan seorang pembaca yang berkomentar di salah satu tulisan di blog ini, kali ini saya akan menyampaikan sedikit ilmu tentang penulisan buku. Dan sesuai dengan permintaan sahabat tersebut, maka tulisan ini akan memberikan beberapa langkah praktis agar bisa menulis buku.

Siapa saja bisa menulis buku dan caranya pun tidak terlalu rumit. Asalkan ada kemauan dan tekun dalam berusaha, seseorang insya Allah akan bisa. Karena dulu awalnya saya pun tidak bisa menulis, bahkan tidak senang dengan menulis. Tetapi setelah dicoba dan menemukan ritme atau kenikmatannya sendiri, maka menulis pun menjadi hobi.

Lalu bagaimana caranya? Nah berdasarkan pengalaman selama ini, ada beberapa langkah yang bisa di lakukan dalam menulis sebuah buku, yaitu:

  1. Banyak membaca (artikel, buku, dll) terlebih dulu, terutama mengenai hal-hal yang terkait dengan apa yang akan dituliskan.
  2. Mengumpulkan bahan-bahan dan materi – jika perlu riset/penelitian – yang terkait dengan tulisan yang akan dibuat.
  3. Membuat kerangka pikiran (bab, sub bab, dll) yang sesuai dengan buku yang akan di tulis.
  4. Mulai menulis yang di awali dengan pendahuluan baru yang lainnya (isi hingga penutup), karena pendahuluan adalah gambaran singkat tentang isi buku yang akan di tulis, sehingga nantinya bisa juga dijadikan sebagai acuan dalam menulis.
  5. Mengusahakan untuk menulis setiap hari, walau cuma satu paragraf. Ini juga untuk bisa menjaga semangat kita dalam menulis.
  6. Sering membaca ulang tulisan yang sudah di tuliskan, sekalian merevisi kekurangannya.
  7. Tetap banyak membaca atau diskusi, karena dengan itu akan banyak ide dan gagasan baru.
  8. Sesekali refreshing (ke gunung, pantai, tempat wisata candi, dll) untuk menghilangkan kejenuhan dan melapangkan pikiran.
  9. Membaca ulang semua tulisan yang sudah ada, sekaligus merevisi jika ada yang masih kurang. Sehingga bisa dikatakan bahwa buku yang di tulis telah selesai di tuliskan.
  10. Bersyukur kepada Tuhan atas semua anugerah dan kesempatan yang telah diberikan.

Demikianlah sedikit informasi yang bisa saya sampaikan dalam tulisan kali ini. Semoga bermanfaat. Maaf jika kurang memuaskan, karena maklumlah saya ini masih awam dalam menulis buku. Dan atas kunjungan dan dukungannya, saya ucapkan terimakasih. Semangat!

Yogyakarta, 27 Februari 2013
Mashudi Antoro (Oedi`)

6 thoughts on “10 Langkah Mudah untuk Menulis Buku

    lanang said:
    Februari 28, 2013 pukul 4:06 am

    ya baguslah. saya sudah menjadi penulis lama tapi tetap bersedia belajart dengan siapa saja, kapan saja dan dio mana saja

      oedi responded:
      Maret 1, 2013 pukul 10:09 am

      Wah saya senang sekali kalau ada seorang penulis yang berkenan membaca tulisan sederhana ini… terimakasih🙂
      Ya sebagai seorang penulis tentu tidak ada batasannya dalam belajar dan membaca. Selama ia masih bisa, maka selama itu juga ia harus terus membaca dan belajar… itulah penulis yang sebenarnya, yang bukan hanya menulis demi popularitas dan uang, tetapi demi pengabdiannya kepada ilmu dan masyarakat.
      Sudilah Anda berbagi… maklumlah saya ini masih sangat awam dalam hal ini…🙂

    kemala said:
    Maret 1, 2013 pukul 9:33 am

    saya mau bertanya, bagaimana kita bisa selalu termotivasi untuk terus menulis? bisa dikatakan motivasi yang tepat untuk terus menulis

      oedi responded:
      Maret 1, 2013 pukul 10:01 am

      Hmm… menurut saya, anggap saja menulis itu bukan sebuah beban, tetapi sebagai hobi dan kesenangan. Jangan dibiasakan menargetkan kapan tulisan harus selesai, karena itu yang biasanya sering membuat kita cepat stres dan jenuh. Bersikap santai aja… Satu hal lagi yang menurut saya penting, dimana tanamkan di dalam hati bahwa Anda memang ingin memberikan sesuatu yang bermanfaat dalam bentuk karya tulis.. setidaknya akan menjadi kenangan berharga untuk anak cucu nanti setelah Anda tiada.

    Min-Dicks said:
    Agustus 16, 2013 pukul 6:53 am

    Wah…. bagus nih… saya juga pernah ada keinginan untuk menulis buku. tapi sekarang udah engga. Makasaih y mas postingan nya

      oedi responded:
      Agustus 17, 2013 pukul 1:19 pm

      Nah loh, knapa gak di terusin nulisnya? sayang banget tuh… coba aja, karena kita tidak akan tahu betapa nikmatnya menulis kalau belum langsung menulis… yakinlah banyak manfaat kok kalau menulis, terutama menulis buku…🙂
      Iya sama2 deh.. semoga tulisan singkat ini bisa bermanfaat… tetap SEMANGAT!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s