20 Tempat Paling Eksotis di Indonesia

Posted on Updated on

Saudaraku sekalian. Melanjutkan tentang kekaguman kita pada tanah pertiwi ini, maka dalam kesempatan ini saya akan mengajak Anda untuk mengulik lebih jauh tentang pesona eksotis dari tempat-tempat indah yang dimiliki oleh Nusantara. Ini tidak bermaksud mengatakan yang terlengkap, lantaran masih banyak sekali di luar sana yang belum terpublikasikan, namun setidaknya bisa memberikan gambaran yang lebih jelas tentang kekayaan dan keindahan alam Nusantara kita.

Untuk mempersingkat waktu, mari ikuti penelusuran berikut ini:

1. Danau Toba, Sumatera Utara
Danau Toba adalah sebuah danau vulkanik dengan ukuran panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer (danau vulkanik terbesar di dunia). Di tengah danau ini terdapat sebuah pulau vulkanik bernama Pulau Samosir. Danau Toba sejak lama menjadi daerah tujuan wisata penting di Sumatera Utara selain Bukit Lawang dan Nias, menarik wisatawan domestik maupun mancanegara.

2. Danau Gunung Tujuh, Jambi
Kerinci boleh bangga dengan keberadaan Danau Gunung Tujuh yang merupakan danau tertinggi di Asia Tenggara. Serta terdapat beberapa danau kecil lainnya dengan keindahan alamnya yang unik. Danau Belibis dengan alam yang masih asli memberikan sentuhan yang berbeda.

3. Pulau Belitung, Bangka Belitung
Pulau indah, pemandangan unik pantai pasir putih asli dihiasi batu-batu granit yang artistik dan air laut sejernih kristal, dikelilingi oleh ratusan pulau-pulau kecil.

4. Krakatau, Selat Sunda
Adalah kepulauan vulkanik yang masih aktif dan berada di Selat Sunda antara pulau Jawa dan Sumatra. Nama ini pernah disematkan pada satu puncak gunung berapi di sana yang karena letusan pada tanggal 26-27 Agustus 1883, kemudian sirna. Letusannya sangat dahsyat dan tsunami yang diakibatkannya menewaskan sekitar 36.000 jiwa.

5. Green Canyon, Jawa Barat
Green Canyon menyimpan pesona luar biasa. Perpaduan antara sungai, lembah hijau, hutan lindung, dan aneka stalaktit-stalakmit. Keindahan berbalut kesunyian, bagai surga yang tersembunyi. Green Canyon mulai dikembangkan pada tahun 1989.

6. Kawah Ijen, Jawa Timur
Kawah Ijen merupakan salah satu gunung berapi atraksi wisata di Indonesia. Kawah Ijen merupakan objek wisata terkenal, yang telah dikenal oleh para wisatawan domestik dan asing karena keindahan alam dan bahari.

7. Gunung Bromo, Jawa Timur
Gunung Bromo merupakan gunung berapi yang masih aktif dan paling terkenal sebagai obyek wisata di Jawa Timur. Sebagai sebuah obyek wisata, Gunung Bromo menjadi menarik karena statusnya sebagai gunung berapi yang masih aktif.

8. Air terjun Madakaripura, Jawa Timur
Selain itu, di kawasan wisata Gunung Bromo ternyata menyimpan satu lokasi wisata yang unik dan menawan. Lokasinya tidak jauh dari lautan pasir Bromo, hanya sekitar 45 menit ke arah Probolinggo (ke Utara). Namanya adalah air terjun Madakaripura, dengan ketinggian sekitar 200 meter, dengan limpahan air yang jatuh dengan derasnya dari atas dan berubah menjadi selembut  kapas ke kolam berwarna kehijauan. Air yang jatuh di kolam ini menimbulkan bunyi yang berirama, terkadang bunyi yang ditimbulkannya lebih keras dikarenakan air yang jatuh lebih deras.

Keunikan dan kesejukan air terjun ini membuat kita betah berlama-lama memandanginya. Menurut penduduk setempat nama ini diambil dari cerita pada jaman dahulu, konon Patih Gajah Mada menghabiskan akhir hayatnya dengan bersemedi di air tejun ini. Cerita ini didukung dengan adanya arca Gajah Mada di tempat parkir area tersebut.

9. Baluran, Jawa Timur
Baluran adalah Afrikanya Indonesia, Taman Nasional ini merupakan perwakilan ekosistem hutan yang spesifik kering di Pulau Jawa, terdiri dari tipe vegetasi savana, hutan mangrove, hutan musim, hutan pantai, hutan pegunungan bawah, hutan rawa dan hutan yang selalu hijau sepanjang tahun. Sekitar 40 persen tipe vegetasi savana mendominasi kawasan Taman Nasional Baluran.

10. Goa Gong, Jawa Timur
Goa Gong diklaim sebagai goa terindah di Asia Tenggara. Di dalam gua ini Anda dapat menyaksikan berbagai macam tonjolan batuan (stalaktit/stalakmit) yang sangat menarik dan proses terjadinya secara alami.

11. Pantai dreamland, Bali
Dreamland atau lebih dikenal sebagai Pantai Dreamland merupakan salah satu pantai terindah di Bali selain Pantai Kuta. Pantai yang terletak tidak jauh dari daerah Uluwatu di Pulau Dewata ini sudah sangat terkenal karena keindahannya. Keindahan dan kebersihan pantai menambah daya tarik pengunjung, bukan hanya dari dalam negeri tapi juga turis manca negara.

12. Gunung Rinjani, NTB
Rinjani memiliki panaroma yang bisa dibilang paling bagus di antara gunung-gunung di Indonesia. Setiap tahunnya (Juni-Agustus) banyak dikunjungi pencinta alam mulai dari penduduk lokal, sampai mahasiswa pecinta alam. Suhu udara rata-rata sekitar 20°C; terendah 12°C. Angin kencang di puncak biasa terjadi di bulan Agustus.


13. Gunung Kelimutu, NTT
Gunung Kelimutu, NTT adalah gunung berapi yang terletak di Pulau Flores, Provinsi NTT, Indonesia. Lokasi gunung ini tepatnya di Desa pemo Kecamatan kelimutu, Kabupaten Ende. Gunung ini memiliki tiga buah danau kawah di puncaknya. Danau ini dikenal dengan nama Danau Tiga Warna karena memiliki tiga warna yang berbeda, yaitu merah, biru, dan putih. Walaupun begitu, warna-warna tersebut selalu berubah-ubah seiring dengan perjalanan waktu.

14. Pulau Komodo, NTT
Taman Nasional Komodo (TN. Komodo) Merupakan kawasan yang terdiri dari beberapa pulau dengan perairan lautnya. Pulau-pulau tersebut merupakan habitat satwa komodo (Varanus komodoensis) yaitu reptil purba yang tersisa di bumi. Kondisi alamnya unik, terdapat padang savana yang luas dengan pohon lontarnya (Borassus flabellifer).

15. Pulau Derawan, Kalimantan Timur
Di perairan sekitarnya terdapat taman laut dan terkenal sebagai wisata selam (diving) dengan kedalaman sekitar lima meter. Pada batu karang di kedalaman sepuluh meter, terdapat karang yang dikenal sebagai “Blue Trigger Wall”

16. Taman Laut Bunaken, Sulawesi Utara
Taman laut Bunaken memiliki 20 titik penyelaman (dive spot) dengan kedalaman bervariasi hingga 1.344 meter. Dari 20 titik selam itu, 12 titik selam di antaranya berada di sekitar Pulau Bunaken. Dua belas titik penyelaman inilah yang paling kerap dikunjungi penyelam dan pecinta keindahan pemandangan bawah laut.

17. Pegunungan Karst Bantimurung, Sulawesi Selatan
Taman Nasional Bantimurung mempunyai pemandangan alam yang paling indah. Karena di taman nasional ini, terdapat sumber air yang tidak pernah kering. Sehingga berbagai jenis tanaman dapat bertahan di saat musim kemarau yang panjang.

18. Carstensz Pyramid, Papua
Indonesia patut berbangga dengan keunikan dan kekayaan alam serta tradisi masayarakatnya. Kali ini, Carstenz Pyramid atau yang bisa disebut dengan puncak jaya, juga berada di Papua. Puncak Carstensz ini merupakan puncak tertinggi di Australia dan Oceania.

19. Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat
Kepulauan Raja Ampat merupakan kepulauan yang berada di barat pulau Papua di provinsi Papua Barat, tepatnya di bagian kepala burung Papua. Kepulauan ini merupakan tujuan penyelam-penyelam yang tertarik akan keindahan pemandangan bawah lautnya. Sehingga diyakini sebagai pusatnya kekayaan alam bawah laut, yang tidak tertandingi di seluruh dunia. Bahkan bukan cuma itu saja, pemandangan alam perbukitan, panorama pantai dan kekayaan hayatinya juga dapat menyihir siapapun yang berkesempatan kesana. Yang menjadikannya tidak bertentangan dengan julukannya sejak dulu, yaitu “Pulau Syurga” atau “Syurga yang hilang”.

20. Danau Sentani, Papua
Danau Sentani di bawah lereng Pegunungan Cycloops yang terbentang antara Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura, Papua. Landskap Danau Sentani dengan gugusan pulau di tengahnya merupakan salah satu yang terindah di Indonesia.

*****

Sungguh, bila memperhatikan tentang kekayaan alam dan pesona yang dimiliki oleh tanah pertiwi ini, maka sangat malu rasanya bila masih saja membangga-banggakan pesona negeri lain. Sudah jelas, pesona yang dimiliki oleh Nusantara jauh melebihi keeksotisan tempat di manapun di dunia. Dan 20 tempat di atas hanyalah secuil dari keindahan yang ada di Nusantara, masih banyak lagi yang lain namun memang belum terpublikasikan. Sebagaimana kata pepatah “Nusantara adalah sepenggal tanah dari Syurga” atau juga dengan sebutan “Zamrut Khatulistiwa”.

Tapi sayang, semua tempat yang eksotis seperti di atas tidak pernah di publikasikan dengan baik, apalagi di promosikan hingga ke manca negara. Kalau pun ada, malah yang mengelolanya adalah pihak asing, seolah-oleh negeri ini telah di jual saja. Atau yang lebih buruk lagi, tempat-tempat yang sebelumnya indah dan alami, malah di rusak, sehingga menyisakan bencana ekosistem. Padahal sudah bisa dipastikan, bahwa bila kita bisa benar-benar bersyukur atas rahmat Tuhan ini dan mengelolanya dengan bijak, maka akan mendatangkan keuntungan yang berlimpah. Baik bagi negara, terlebih untuk kehidupan sosial masyarakatnya.

Yogyakarta, 09 April 2012
Mashudi Antoro (Oedi`)

Referensi:
http://aksesdunia.com/2011/tempat-tempat-dengan-pemandangan-eksotis-di-indonesia/#ixzz1rYAyPchR
aksesdunia.com

49 thoughts on “20 Tempat Paling Eksotis di Indonesia

    beny maulana said:
    April 10, 2012 pukul 9:07 am

    Allahuakbar!!!!! luar biasa keindahan alam yang ada di negri ini waduuuuuhh gak tau lagi mau ngomong apa Allahuakbar!!!!!!!terimakasih mas infonya dengan ini aku semakin bangga terhadap kekayaan alam Nsantara. :) terimakasih mas…

      oedi responded:
      April 10, 2012 pukul 7:18 pm

      Iya Ben, tidak ada alasan lagi untuk tidak mengatakan Allahu Akbar tentang kekayaan yang berlimpah bagi tanah pertiwi ini, cuma sayang banyak yg tidak mau mensyukurinya dg jalan tidak bijak mengelolanya dan bahkan gemar merusaknya… jadi tinggal menunggu laknatullah saja nih…
      Okey… makasih juga karena masih sering berkunjung di blog ini, semoga tetap bermanfaat.. :)

    ningnong said:
    April 11, 2012 pukul 8:16 am

    subhanallah.. nomer 1 n 5 ALhamdulillah udah di’ :D yg nomer 7 insya Allah menusul.. doakan yaah :)

      oedi responded:
      April 11, 2012 pukul 10:19 am

      Iya deh yang udah pernah… :)
      Siap.. di doakan semoga lekas tercapai keinginannya… tar kabar2i aja kapan mo ksana… kalau boleh dan bisa aku mo ikutan deh.. hehe.. :)
      Wokey Nin, makasih karena masih sering berkunjung, semoga tetap bermanfaat.. :)

        ningnong said:
        April 12, 2012 pukul 5:14 am

        insya Allah, mudah2an.. klo g ada aral melintang, tgl 19 mei mo ksana.. tapi aku brgkt dr banyuwangi, ada kondangan sodara.. py?

        oedi responded:
        April 12, 2012 pukul 9:52 am

        Oh gitu ya.. hmm.. kabari aja lg nanti ya, tak lihat bisa apa gak, cos gak asyik juga berangkatnya ga bareng dari awal alias misah.. lagian mudah2an bulan mei aku di jogja cos ada rencana mudik… :)

    dika21 said:
    April 16, 2012 pukul 7:31 am

    subhanallah… sungguh indah wisata dinusantara ini, jangan melirik keluar negri di dalam negri masih banyak yang belum dikunjungi…
    brot bole ikutan tak???
    mas makasi linknya…:)

      oedi responded:
      April 16, 2012 pukul 8:32 am

      Iya Dik, gak perlu keluar negeri deh, gak penting juga, apalagi gak punya uangnya…hehe.. di Nusantara banyak yg indah2 dan tidak ada duanya di manapun… yg menunggu kedatangan kita melihatnya langsung… hmm.. kapan ya bisa ke Papua???
      Okey.. makasih juga atas kunjungan dan dukungannya, semoga tetap bermanfaat.. :)

      dhidhit said:
      Desember 20, 2012 pukul 1:52 pm

      subahanallah memang gusti allah menciptaakn untuk kita syukuri………………amienn>

    febri said:
    Mei 12, 2012 pukul 1:37 pm

    wew….
    benar2 atlantis yang hilang…. :)

      oedi responded:
      Mei 14, 2012 pukul 5:22 pm

      He eh.. ini memang benar2 Atlantis yang hilang.. semoga cepat ketemu dan kembali seperti sedia kala… :)
      Makasih atas kunjungan dan dukungannya, semoga bermanfaat.. :)

    yuni said:
    Mei 22, 2012 pukul 12:39 pm

    Goa gong itu dimana ya mas?di bagian jawa timur mana?

      oedi responded:
      Mei 23, 2012 pukul 7:50 am

      Oh maaf, saya lupa memasukkan lokasi dimana goa Gong ini berada…. nanti akan segera saya tambahkan… :)
      Goq Gong ini terletak sekitar 30 km barat Pacitan, Jawa Timur. Tepatnya di Desa Bomo, Punting. Lokasinya mudah dicapai dengan semua jenis kendaraan baik kendaraan roda empat maupun kendaraan roda dua, dengan memakan waktu sekitar 45 menit. Di daerah ini juga tersedia beberapa fasilitas, seperti; toko souvenir, restoran, tempat parkir, Masjid, dll
      Makasih atas kunjungan dan dukungannya, maaf atas kekurangannya… :)

    enun iskiyah said:
    Juni 4, 2012 pukul 6:23 am

    subhanallah………… indahnya, kapan bs keliling nusantara……..melihat keindahan zamrud khatulistiwa….

      oedi responded:
      Juni 4, 2012 pukul 8:07 am

      Yup… tidak bisa disangkalkan lagi bahwa Nusantara ini begitu indah, bahkan tidak ada yang sebanding dengannya…
      Saya doakan mbaknya bisa berkeliling Nusantara, trus jangan lupa infonya di bagikan di blog ini.. hehehe.. :D
      Okey.. sekali lagi terimakasih atas kunjungan dan dukungannya, semoga tetap bermanfaat.. :)

    sarhanna said:
    Juni 19, 2012 pukul 2:54 pm

    wuihhh..its soo amazingggg……

      oedi responded:
      Juni 19, 2012 pukul 3:20 pm

      Wokey.. makasih atas kunjungan dan dukungannya, semoga bermanfaat.. :)

    akbar nasution said:
    Oktober 13, 2012 pukul 1:59 am

    Amazzing KELIMUTU dan PULAU KOMODO…….kapan yah ke sana……

      oedi responded:
      Oktober 13, 2012 pukul 2:03 pm

      Ya itulah Nusantara, sangat kaya dengan panorama alamnya yang indah… tapi sayang masih kurang di manfaatkan…
      Hmm.. saya doakan bisa kesana suatu saat nanti..
      Okey.. terimakasih atas kunjungan dan dukunganya, semoga bermanfaat.. :)

    aei dunk said:
    Oktober 22, 2012 pukul 9:57 am

    Wooowwwwww fantastik,..ternyata Indonesia ini begitu menajubkan,….tapi sayang kadang2 akomodasi, fasilitas,serta SDMnya yg tidak mendukung, membuat semua ini menjadi jauh dan sulit,buat….Masyarakat lain yg berada jauh dari lokasi2 tsb

    van said:
    November 6, 2012 pukul 7:11 am

    luar biasa keindahan alam indonesia 1-10 alhamdullilah udah, pengen yang liat yg no 19 tp jauh banget… mudah2an bs tercapai…

      oedi responded:
      November 15, 2012 pukul 11:47 am

      Ya begitulah adanya, tetapi masih saja kurang di manfaatkan, bahkan tidak disadari…
      Okey.. saya doakan secepatnya bisa kesana…
      Terimakasih atas kunjungan dan dukungannya, semoga bermanfaat.. :)

    ahmad alfan said:
    November 25, 2012 pukul 5:43 am

    Minta info dong, saya mau liburan ke Raja Ampat, tpi rencanya cuma mau sewa villa aja,tnpa ikut paket divingnya..bisa minta referensi villa yg bagus dan murah ga? untuk honey honeymoon..thx

    armstrong indonesia said:
    Desember 4, 2012 pukul 6:15 am

    keren

    motivator indonesia said:
    Desember 4, 2012 pukul 6:32 am

    mantap coy keren artikel nya

    Fauziah said:
    Desember 12, 2012 pukul 12:47 pm

    Subhanallah indah sekali,,,,kapan ya bisa kesana???? Bener2 amazing,,,,

    tusukjari said:
    Desember 26, 2012 pukul 12:35 pm

    MassaAllaaaah.. begitu indah karuniamu ini ,indonesia gak kalah menarik dengan Negara Negara asia lainnya ,tapi kenapa orang Indonesia kog malah memilih pegi ke tailand ,apa gak tau kalo Negri kita itu jau lebih indah .

    Asthree Nasucha SajjaLah said:
    April 3, 2013 pukul 2:09 am

    lombok masuk no 12 cuyy hahaha

    Teguh/air terjun tertinggi di jatim said:
    April 21, 2013 pukul 3:48 am

    Info yang sangat menarik…
    Bagus bagus banget pemandanganya…

    Aku juga pecinta alam khususnya air terjun

    Wisata Pulau Tidung said:
    April 28, 2013 pukul 4:28 am

    semoga terus terjaga keindahannya sehingga tempat – tempat terus lestari hingga nanti

    h isam said:
    Agustus 21, 2013 pukul 7:09 am

    Semoga dapat menjadi negara yang semakin kaya akan obyek wisatanya

      oedi responded:
      Agustus 22, 2013 pukul 8:07 am

      Hmm.. masalah objek wisata, Nusantara sudah tidak perlu diragukan lagi… karena merupakan salah satu wilayah di dunia yg paling banyak objek wisatanya, dari sabang sampai merauke terbentang luas keindahan alamnya dengan beragam jenisnya.. tetapi memang hingga kita masih kurang terekspos… ya siapa lagi kalau bukan gara-gara pemerintah sendiri yg emang kurang peduli… padahal pariwisata bisa menjadi sumber pendapatan negara yang sangat besar selain migas…
      Okey.. terimakasih atas kunjungan dan dukungannya, semoga bermanfaat.. :)

    thefajarinstitute said:
    September 30, 2013 pukul 9:10 am

    Alhamdulillah, sebagian besar sudah. termasuk yg danau sentani dan raja ampat… Indonesia memang indah

      oedi responded:
      September 30, 2013 pukul 10:34 am

      Wah Anda beruntung sekali jika demikian… karena banyak yang belum (termasuk saya) dan lebih buruknya lagi meski banyak yang mampu tetapi mereka memang gak mau karena memilih liburannya ke luar negeri… padahal Indonesia itu sangaaaaat indah…. :)
      Okey.. terimakasih atas kunjungan dan dukungannya, semoga bermanfaat.. :)

    thefajarinstitute said:
    September 30, 2013 pukul 10:43 am

    itu nekad gan, pas pengen keliling papua dan maluku saya melamar kerja untuk ditempatkan di wilayah indonesia timur, jadi bisa jalan2 keliling papua dan ambon secara gratis hehe..

      oedi responded:
      Oktober 1, 2013 pukul 3:58 am

      Wah nekad yang beruntung itu gan, ane pengen banget bisa kayak gitu… tapi belum kesampaian… ada sih temen disana, di Jayapura, Biak dan Merauke, dan mereka pada ngudang kesana utk adventure, bahkan kalau perlu sekalian ke Cartenz Pyramid… tetapi ampe sekarang belum terwujud… tanggungjawab disini belum bisa di tinggalkan… pengen banget berenang di danau Sentani, nyelem di Raja Ampat, dan nongkrong di puncak Cartenz Pyramid gan… hehe.. :)

    ardhan0007 said:
    September 21, 2014 pukul 8:36 am

    wooow….kren ga kalah sama tempat2 di luar negeri sana

      oedi responded:
      September 28, 2014 pukul 10:16 am

      Jelas dunk… itulah Nusantara yang sesungguhnya.. banyak yang indah dan mempesona, hanya saja memang terkadang belum tersentuh dan diketahui… :)
      Terimakasih atas kunjungan dan dukungannya, semoga bermanfaat.. :)

    pantai eksotis yogyakarta | Info Wisata said:
    Desember 4, 2014 pukul 2:35 pm

    […] 20 tempat paling eksotis di indonesia | perjalanan cinta […]

    Andi Sukri said:
    Desember 16, 2014 pukul 4:07 am

    akan kami persembahkan eisata terbaru di sulawesi selatan dengan nama GOA BATU PARINDING yang panjangnya sekitar 2 KM

    Arti Negara Zamrud Khatulistiwa | Terbaru 2015 said:
    Desember 16, 2014 pukul 7:07 pm

    […] PDF File Name: 20 tempat paling eksotis di indonesia | perjalanan cinta Source: oediku.wordpress.com » DOWNLOAD « […]

    sang pem belajar said:
    Desember 23, 2014 pukul 12:34 am

    nusantara cantik

    […] 20 Tempat Paling Eksotis di Indonesia | Perjalanan Cinta – Saudaraku sekalian. Melanjutkan tentang kekaguman kita pada tanah pertiwi ini, maka dalam kesempatan ini saya akan mengajak Anda untuk mengulik lebih jauh tentang …… […]

    fauzan.adhima said:
    April 12, 2015 pukul 1:13 pm

    Saran nih mas buat ngetrip hehe,pulau menjangan(bali) dan tabuhan(bwi),pantai bolu – bolu dan banyu anjlok (malang),pulau bawean (gresik),teluk ijo (bwi),air terjun sri gethuk (gunungkidul) dan masih banyak lagi seharusnya tapi terlalu panjang buat nulis semuanya karna indonesia adalah surga yg tersembunyi di dunia
    semoga bermanfaat

      oedi responded:
      April 15, 2015 pukul 1:58 pm

      Oke mas Fauzan, terimakasih atas kunjungan, dukungan dan masukannya, semoga bermanfaat.. :)
      Iya benar sekali, mana bisa semuanya di tuangkan dalam tulisan, apalagi di blog ini, karena Indonesia sangat luarbiasa kaya dan indah.. :)

    […] Penulis1. Danau Toba, Sumatera Utara Danau Toba adalah sebuah danau vulkanik dengan ukuran panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer (danau vulkanik terbesar di dunia). Di tengah danau ini terdapat sebuah pulau vulkanik bernama Pulau Samosir. Danau Toba sejak lama menjadi daerah tujuan wisata penting di Sumatera Utara selain Bukit Lawang dan Nias, menarik wisatawan domestik maupun mancanegara. […]

    ma'ruf Larompong said:
    April 30, 2015 pukul 11:37 pm

    indonesia, maha karya Allah yang Maha Agung. Subhanallah

      oedi responded:
      Mei 2, 2015 pukul 11:29 am

      Yap benar sekali.. makanya kita harus banyak bersyukur dan menjaganya.. :)
      Terimakasih atas kunjungan dan dukungannya, semoga bermanfaat.. :)

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s