10 Fenomena Alam Teraneh di Dunia

Posted on Updated on

Saudaraku sekalian, tulisan saya kali ini sengaja mengangkat tema tentang fenomena alam yang sangat aneh di dunia. Meski bukanlah yang terlengkap, maka diharapkan bisa menjadi gambaran umum bahwa banyak sekali kejadian dan hal yang unik di luar sana. Dan semua itu bukan tanpa alasan, melainkan sebagai tanda akan kekuasaan Sang Maha Pencipta, yaitu Allah SWT. Tujuannya pun untuk kembali mengingatkan kita semua agar selalu sadar dan bersyukur kepada-Nya.

Allah SWT berfirman di dalam Al-Qur`an mengenai hal ini, diantaranya:
“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal,” (QS. Ali-`Imran [3]: 190)

“Katakanlah: “Perhatikanlah apa yang ada di langit dan di bumi,…” (QS. Yunus [10]: 101)

Nah, untuk mempersingkat waktu, berikut ini diberikan 10 fenomena alam teraneh di dunia tersebut, yaitu:

1. Hujan ikan, Honduras
Hujan ikan di Honduran Folklore adalah hal biasa. Terjadi di Departamento de Yoro antara bulan Mei dan Juli. Para saksi menyatakan fenomena ini dimulai dengan munculnya awan hitam di langit yang diikuti oleh petir, angin kuat, dan hujan lebat selama 2 hingga 3 jam. Saat hujan berhenti itulah, ratusan ikan yang masih hidup dapat ditemukan di atas tanah. Orang-orang akan mulai memungutinya dan memasaknya di rumah. Sejak 1998 festival yang diberi nama “Festival de la Lluvia de Peces” atau “Rain of Fish Festival” dirayakan tiap tahunnya di kota Yoro, Departamento de Yoro, Honduras.

2. Hujan darah di Kerala, India
Dari tanggal 25 Juli hingga 23 September 2001, fenomena alam aneh yaitu hujan merah secara sporadis turun di Kerala, India selatan. Siraman hujan ini berwarna merah, menodai pakaian orang-orang dengan warna yang mirip darah ini. Warna hujan lain seperti kuning, hijau, dan hitam juga pernah dilaporkan terjadi.

Turunnya hujan berwarna merah di India ini sempat menghebohkan dunia. Para ilmuwan meyakini hujan ini mengandung sel hidup karena ditemukan DNA. Temuan ini hasil penelitian seorang ahli mikrobiologis asal Inggris bernama Milton Wainwright dari Universitas Sheffield, namun si ilmuwan ini belum bisa memastikan mengenai DNA apa yang terkandung dalam hujan darah India ini. Namun anggapan ini dibantah karena ada anggapan lain yang menyebutkan bahwa hujan ini berasal dari semburan pasir di Arab yang bercampur dengan air hujan. Kejadian yang sama pernah terjadi di Inggris tahun 1968. Sampai sekarang fenomena alam ini masih menjadi perdebatan.

3. Black Sun (Matahari Hitam), Denmark
Selama musim semi di Denmark, pada kira-kira satu setengah jam sebelum matahari terbenam, kawanan burung jalak Eropa (sturnus vulgaris) yang jumlahnya bisa mencapai lebih dari sejuta berkumpul dari berbagai penjuru berkumpul membentuk formasi-formasi menakjubkan.

4. Empat matahari, China
Munculnya 4 matahari di China ini ternyata merupakan fenomena alam biasa, seperti yang dikutip LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional) yang menjelaskan masalah ini, ini kutipannya: “Fenomena itu dinamakan sun dog atau anjing penjaga matahari. Cahaya tersebut biasa muncul di kanan kiri halo sehingga sering dianggap matahari meskipun memiliki ukuran lebih kecil”.

Malah fenomena ini punya sebutan atau istilah ilmiahnya yakni sun dog, berarti bahwa kemunculan lebih dari 1 matahari pernah terjadi sebelumnya, yang pasti beberapa kali terjadi, sehingga mempunyai nama panggilan. Dan terjadinya pun karena hasil dari proses pembiasan cahaya matahari dengan kristal es, ini baca lagi kutipannya: “Ketentuannya, di sekitar arah matahari muncul kristal-kristal es yang membiaskan cahaya. Biasanya, terjadi dua fenomena yaitu halo dan sun dog”

5. Badai petir abadi, Venezuela
Fenomena “Relámpago del Catatumbo” atau “Petir Catatumbo” adalah suatu fenomena alam yang aneh. Lokasinya di mulut sungai Catatumbo di Danau Maracaibo (Venezuela), feneomena ini berwujud halilintar atau petir di langit yang tingginya lebih dari 5 kilometer dan terjadi selama 140 hingga 160 di malam-malam dalam setahun, 10 jam dalam satu malam, dan sebanyak 280 kali perjamnya.

Badai yang hampir permanen ini terjadi di atas dataran tanah rawa dimana aliran sungai Catatumbo mengisi danau Maracaibo. Fenomena ini diperkirakan merupakan pembentuk tunggal terbesar lapisan ozone di bumi, melihat intensitas dan frekuensinya yang tinggi.

6. Bola api naga sungai mekong, Vietnam
Pernahkah kamu berjalan di suatu sungai di Negara tropis pada malam hari dan tiba-tiba dari sungai itu keluar bola-bola cahaya mera sebesar telur naik ke angkasa? Ini terjadi setiap tahunnya khususnya di bulan oktober di sungai Mekong (sungai ini pernah muncul di film Rambo 3). Fenomena alam aneh ini disebut bola api “naga”.

Bola-bola cahaya ini muncul dari dalam air, keluar, dan naik ke angkasa lalu menghilang dengan sendirinya. Keren ya? Bola-bola cahaya ini ga pernah memakan korban dan ga pernah membakar apapun. Bola-bola api aneh ini dilihat ratusan orang tiap tahunnya dan banyak videonya di youtube.

Beberapa ilmuan mencoba menjelaskan fenomena ini. Mereka mengatakan ini mungkin saja karena fermentasi sedimen di sungai tersebut. Sedimen-sedimen yang berasal dari kotoran-kotoran hewan itu mengeluarkan gelembung-gelembung gas, naik ke permukaan sungai dan terbakar begitu menyentuh udara. Ya, keliatannya ini penjelasan yang paling masuk akal. Tapi teori ini masih banyak kejanggalan.

7. Star jelly, Jerman
Biasanya, benda-benda langit yang jatuh ke bumi berupa batuan seperti meteor, atau pecahan-pecahan bintang. Tetapi terkadang yang jatuh ke bumi adalah benda yang lembek seperti star jelly ini. Banyak laporan dari masyarakat yang menemukan jelly luar angkasa ini. Orang-orang Jerman menyebutnya sternenrotz (dalam bahasa inggrisnya star snot) warna dari jelly ini biasanya bening atau agak kekuningan. Berbau dan licin kalau dipegang.

Hal ini sudah dibahas di Koran-koran selama lebih dari 150 tahun, namun tidak ada yang benar-benar bisa meneliti dan menjelaskan apa sebenarnya jelly ini. Contoh kasusnya di tahun 1950, 4 polisi Philadelphia menemukan sebuah lubang sedalam 6 kaki yang berisikan star jelly ini.

8. Lokasi hiking di dalam danau, Austria
Mau mencoba hiking di dalam danau? mungkin Anda tidak boleh melewatkan salah satu fenomena alam cantik ini. Fenomena alam yang aneh membuat jalur hiking cantik di Austria ini berubah menjadi lokasi diving sedalam 10 meter yang unik selama setengah tahun.

Lokasinya di kaki Pegunungan Hochschwab, di Tragoess, Styria, AUSTRIA. Green Lake merupakan salah satu fenomena alam teraneh di dunia. Selama musim dingin lokasi ini benar-benar kering layaknya lokasi hiking biasa dimana banyak orang kota datang kesana untuk berlibur. Tapi berbarengan dengan naiknya temperatur, salju dan es yang melingkupi pegunungan mulai mencair dan airnya membanjiri lokasi ini dan membuatnya menjadi lokasi dibawah air yang airnya sejernih kristal.

Gambar-gambar di bawah ini diambil selama berlangsungnya musim panas (summer):

Kedalamannya mulai dari 1-2 meter hingga lebih dari 10 meter di awal musim panas. Perairan Green Lake ini mencapai titik paling dalamnya di bulan Juni dimana banyak penggemar diving datang demi menikmati keindahan taman pegunungan di dalam air. Bangku-bangku tempat duduk, rumput-rumput hijau pegunungan, pepohonan, jalan-jalan, dan bahkan jembatan di bawah air menciptakan suasana menakjubkan seakan berada di daratan. Tapi fenomena ini hanya berlangsung pada paruh tahun setiap tahunnya. Sehingga justru hal ini yang membuat orang banyak menjadi penasaran.

9. Kambing-kambing pemanjat, Maroko
Kambing-kambing di atas pohon bisa ditemukan di Maroko. Kambing-kambing ini memanjat pohon untuk memakan buah dari pohon Argan, yang serupa dengan buah zaitun. Para petani setempat biasa mengikuti kawanan-kawanan kambing ini saat mereka berpindah dari satu pohon ke pohon yang lainnya. Bukan karena ingin melihat keanehan ini, melainkan berusaha mendapatkan biji-biji kacang dari sisa buah yang biasanya tidak ikut dimakan oleh kambing-kambing itu.

Tiap kacang berisikan 1 hingga 3 biji yang bisa digunakan untuk membuat minyak Argan dan bahan kosmetik lainnya. Minyak ini telah digunakan orang selama ratusan tahun, tetapi perlahan pohon Argan makin sulit ditemui akibat kayunya yang sering dijarah dan juga akibat ulah kambing-kambing pemanjat yang merusaknya.

10. Racun kesturi
Anda mungkin akan terkejut jika mengetahui bahwa kandungan di dalam biji kesturi (castor bean) merupakan racun tanaman paling mematikan di muka bumi. Karena sebiji kecil kesturi cukup untuk membunuh seorang dewasa hanya dalam beberapa menit saja. Sedangkan minyak kesturinya aman digunakan (tapi tidak untuk di makan) karena senyawa racunnya yang dikenal sebagai ricin telah dihilangkan.

***

Saudaraku, memperhatikan apa yang telah dijelaskan diatas, maka apakah kita masih meragukan tentang kekuasaan Allah SWT sebagai Tuhan Yang Maha Pencipta? Masihkah kita kurang bersyukur dengan banyak berdalih dan menghindari segala nikmat yang telah Dia berikan bagi kehidupan kita selama ini? Terlebih dengan bermacam kejadian aneh yang sudah terjadi sekarang ini, mengapa kita masih menyangsikan atas janji Allah bahwa ketika hamba-Nya telah kufur atas nikmat-Nya maka Dia akan menurunkan azab-Nya. Sebagaimana firman-Nya berikut ini:

“Bagi orang-orang yang memenuhi seruan Tuhannya, (disediakan) pembalasan yang baik. Dan orang-orang yang tidak memenuhi seruan Tuhan, sekiranya mereka mempunyai semua (kekayaan) yang ada di bumi dan (ditambah) sebanyak isi bumi itu lagi besertanya, niscaya mereka akan menebus dirinya dengan kekayaan itu. Orang-orang itu disediakan baginya hisab yang buruk dan tempat kediaman mereka ialah Jahanam dan itulah seburuk-buruk tempat kediaman” (QS. Ar-Ra`d [13] : 18)

“Dan jika Kami hendak membinasakan suatu negeri, maka Kami perintahkan kepada orang-orang yang hidup mewah di negeri itu (supaya mentaati Allah) tetapi mereka melakukan kedurhakaan dalam negeri itu, maka sudah sepantasnya berlaku terhadapnya perkataan (ketentuan Kami), kemudian Kami hancurkan negeri itu sehancur-hancurnya” (QS. Al-Israa` [17] : 16)

“Tidakkah kamu perhatikan orang-orang yang telah menukar nikmat Allah[1] dengan kekafiran dan menjatuhkan kaumnya ke lembah kebinasaan?” (QS. Ibrahim [14] : 28)
[1] Yang dimaksud dengan menukar nikmat Allah disini ialah tidak patuh pada perintah-perintah dan ajaran-ajaran Allah.

“Supaya mereka dapat makan dari buahnya, dan dari apa yang diusahakan oleh tangan mereka. Maka mengapakah mereka tidak bersyukur?” (QS. Yaasiin [36] : 35)

Jadi, cukupkanlah dengan segera semua kesombonganmu saudaraku. Sudahi apa-apa yang tidak bermanfaat dalam kehidupan ini, terlebih pada hal-hal yang mengajak kita untuk kufur pada nikmat Allah SWT. Karena bukan kebaikan yang akan didapatkan, melainkan kehancuran dan perihnya siksa balasan. Sedangkan kita akan kekal di dalam api Neraka untuk mempertangungjawabkan perbuatan.

Yogyakarta, 23 Juli 2011
Mashudi Antoro (Oedi`)

[Referensi: beberapa sumber di internet]

72 thoughts on “10 Fenomena Alam Teraneh di Dunia

    fadlilsangaji said:
    Juli 23, 2011 pukul 2:09 pm

    great job.. baca mulu ya ngerti model beginian bang Oed.. nice share..
    btw otw.. apa kabarmu kang.. long time no see.. hehe…

      oedi responded:
      Juli 23, 2011 pukul 2:14 pm

      Makasih Fa atas kunjungan dan dukungannya, semoga bermanfaat.. :)
      Kabarku alhamdulillah apik2 wae, lah dirimu gmana?
      Hmm.. iya nih lama banget ya gak ketemu… kamu tuh kemana aja? gak pernah ada kabar? hehe.. :)

        bachri said:
        April 15, 2012 pukul 10:17 pm

        just one little family

        oedi responded:
        April 16, 2012 pukul 5:13 am

        Hmm.. maaf.. maksudnya?

    Andika said:
    Juli 25, 2011 pukul 3:17 am

    nice share mas… dengan tulisan mas oedi ne bisa nambah wawasan tentang fenomena yg aneh di dunia ini, dika rasa ini hanya sebagian kecilnya saja,…. hayo mas temukan terus fenomenanya :)

    makasi info dan linknya mas :)

      oedi responded:
      Juli 25, 2011 pukul 2:16 pm

      Okey.. makasih Dik atas kunjungan dan dukungannya, semoga tetap bermanfaat.. :)
      Yup… yang ada di blog ini hanyalah sebagian kecilnya saja, masih banyak lagi yang aneh dan uni di luar sana…
      InsyaAllah mas akan berusaha untuk terus mencari fenomena2 yang ada di luar sana, tp mungkin gak bisa dalam waktu dekat cos sekarang mulai menulis buku lagi neh… hehe.. :D

    aboe resthoe alabsih. said:
    Agustus 1, 2011 pukul 4:12 am

    kita brsykr menikmati dialam dunia ini…maka dr itu kt slalu brsykr dgn maha pencipta…

      oedi responded:
      Agustus 16, 2011 pukul 4:01 am

      Yup, emang itulah yg selalu harus kita lakukan, sebagai tanda penghambaan kepada-Nya…
      Terimakasih atas kunjungan dan dukungannya, semoga bermanfaat.. :)

    Mey Rosmayanti said:
    November 3, 2011 pukul 9:20 am

    Like this om….hehehe,,,ditunggu tulisan selanjutnya

      oedi responded:
      November 3, 2011 pukul 10:59 am

      Okey… silahkan di tunggu… makasih atas kunjungan dan dukungannya, semoga bermanfaat… :)

    pipit said:
    November 23, 2011 pukul 4:39 am

    sy sk tulisannya,smg byk manusia bs mengambil hikmahnya,,,,sy tunggu tlsan yg lainnya,,,

      oedi responded:
      November 24, 2011 pukul 4:48 am

      Okey.. terimakasih atas kunjungan dan dukungannya, semoga memberikan manfaat.. :)
      Amiiin… semoga memang demikianlah adanya, karena tentunya akan semakin cerdas dan tertata kehidupan ini… :D

    irpan ahmad firdaus said:
    Desember 4, 2011 pukul 2:31 pm

    amin !!
    bgus. .

      oedi responded:
      Desember 9, 2011 pukul 7:27 am

      Okey… makasih atas kunjungan dan dukungannya, semoga bermanfaat… :)

    rizka said:
    Januari 26, 2012 pukul 6:19 am

    like this … membuat penasaran, ingin melihat yg sesungguh’a.
    mau dong berpetualang kaya gitu hehehe
    good job ya…

      oedi responded:
      Januari 28, 2012 pukul 5:24 pm

      Okey.. makasih atas kunjungan dan dukungannya, semoga bermanfaat.. :)
      Hmm… saya juga sangat suka dengan petualangan, terutama ke alam liar.. semoga mbak/masnya bisa memenuhi keinginanya suatu saat nanti… amiiin.

    Mbay de Bars said:
    Januari 31, 2012 pukul 6:51 am

    Terimakasih broer, fenomena2 alam ini menambah wawasan dan pengetahuan saya ..

      oedi responded:
      Januari 31, 2012 pukul 10:39 am

      Okey sama2 bro, makasih atas kunjungan dan dukungannya, moga bermanfaat.. :)

    Yuzreel Ihza Hamzah said:
    Februari 28, 2012 pukul 4:48 am

    Lebih banyak lagi tulisanya ya,, ditunggu,,

      oedi responded:
      Februari 28, 2012 pukul 6:40 pm

      InsyaAllah.. mohon doanya aja… bila perlu dukungan informasi dan data.. hehe… :)
      Makasih atas kunjungan dan dukungannya, semoga bermanfaat… :)

    Nadila_Kyu said:
    Februari 28, 2012 pukul 6:33 am

    good job,,,

      oedi responded:
      Februari 28, 2012 pukul 6:50 pm

      Okey.. makasih atas kunjungan dan dukungannya, semoga bermanfaat.. :)

    SRI SETYORINI said:
    Maret 25, 2012 pukul 3:09 am

    hmmmmmmm menakjubkan….apalagi yang
    1.hujan ikan
    2.hujan darah
    3.lokasi hiking didalam danau…..
    hmmmmm jadi pingin ksana………..

      oedi responded:
      Maret 26, 2012 pukul 2:45 am

      Yup.. emang dunia ciptaan Tuhan ini sangat menakjubkan… dan itu hanya bagi manusia yang bisa mensyukurinya…. :)
      Hmm… semoga mbak Sri bisa kesana suatu saat nanti agar bisa benar2 merasakan keindahannya..
      Okey.. makasih atas kunjungan dan dukungannya, semoga bermanfaat.. :)

    kibo said:
    April 6, 2012 pukul 3:01 am

    good job…

      oedi responded:
      April 6, 2012 pukul 8:01 am

      Okey.. Terimakasih atas kunjungan dan dukungannya, semoga bermanfaat.. :)

    Annisa nur fitrihastuti SB said:
    Mei 16, 2012 pukul 2:13 pm

    wauw… aneh” ja ea… huallahhualam…

      oedi responded:
      Mei 17, 2012 pukul 6:03 am

      Yup, banyak yang aneh di dunia ini dan semua hanya untuk menunjukkan akan kebesaran dan kekuasaan-Nya… tujuannya agar kita pun tetap banyak bersyukur dan rendah hati….
      Okey.. makasih atas kunjungan dan dukungannya, semoga bermanfaat.. :)

    Truli Walukow said:
    Juni 14, 2012 pukul 9:45 am

    wooww……….wonderfull

      oedi responded:
      Juni 16, 2012 pukul 2:09 am

      Okey.. makasih atas kunjungan dan dukungannya, semoga bermanfaat… :)

    ☂HΛMBΛ AŁŁΛΉ☂ (@ZahiratulFitri) said:
    Juli 13, 2012 pukul 9:37 am

    god job & i love to read it :)

      oedi responded:
      Juli 14, 2012 pukul 11:24 am

      Syukurlah kalau gitu, semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat.. :)
      Terimakasih atas kunjungan dan dukungannya.. tetap semangat!!

    Gati Pratiwi said:
    Juli 22, 2012 pukul 8:38 am

    Makasih banyak ya infonya….., btw mas oedi seorg petualang ya …..? Mantapss

    chayekthee said:
    Agustus 28, 2012 pukul 1:18 am

    waw its really marvelous ,

    firdausi said:
    September 3, 2012 pukul 2:48 am

    thank’s ea info.x….

      oedi responded:
      September 4, 2012 pukul 4:49 am

      Iya sama2.. moga bisa bermanfaat.. :)

    andremuslim said:
    September 9, 2012 pukul 3:30 pm

    Subhanalloh

    andremuslim said:
    September 9, 2012 pukul 3:33 pm

    Syukron… mudah.mudahan Alloh mencatat ini sbg syi’ar Mas Oedi dan dakwah….Aamiin

      oedi responded:
      September 10, 2012 pukul 6:46 am

      Sama2 mas Andre… semoga tulisan ini bisa mendatangkan manfaat… :)
      Aamiin ya Rabb, memang itulah yang menjadi tujuan utama saya menulis di blog ini.. semoga masnya juga mau meneruskan dakwah ini… karena hakekat dakwah itu adalah keindahan… :)

    Tahyudi said:
    September 30, 2012 pukul 4:18 am

    Dengan kita bersyukur, maka kita akan benar2 merasakan kekuasaan & keagungan yang maha kuasa…..dan menjadi kepuasan bathin kita,,,betapa Allah maha segalanya,,,SEMANGAT

      oedi responded:
      September 30, 2012 pukul 6:24 am

      Ya benar sekali, rasa syukur kepada-Nya adalah kunci mendapatkan kebahagiaan dan keselamatan yang sejati..
      Okey.. terimakasih atas kunjungan dan dukungannya, semoga bermanfaat.. :)

    avel said:
    Oktober 27, 2012 pukul 2:32 pm

    fenomena nyabenerbener aneh banget

    avel said:
    Oktober 27, 2012 pukul 2:37 pm

    semoga ilmu bermanfaat bagisemuanya

    Rifqidimana Hamana Kemana said:
    November 11, 2012 pukul 5:19 am

    semunya keren-keren………

      oedi responded:
      November 15, 2012 pukul 11:35 am

      Alhamdulillah… terimakasih atas kunjungan dan dukungannya, semoga bermanfaat.. :)

    Virgi said:
    Desember 5, 2012 pukul 11:12 am

    ya allah ini kah tanda2 kebesaran allah

    rumah dijual di jakarta selatan said:
    Desember 14, 2012 pukul 2:47 am

    terimakasih atas informasinya :)

    Djoen said:
    Maret 6, 2013 pukul 4:30 am

    mantap gan..hatur nuhun informasinya.
    Salam dari Tasikmalaya

      oedi responded:
      Maret 12, 2013 pukul 12:21 pm

      Sami2… terimakasih juga atas kunjungan dan dukungannya, semoga bermanfaat.. :)

    Arga C'bocsant said:
    April 19, 2013 pukul 1:00 pm

    keren..

    alya said:
    Mei 4, 2013 pukul 7:35 am

    masyaallah…

    Annuit coeptis said:
    Agustus 22, 2013 pukul 12:02 am

    Petir doyan tembaga, gedung yg sama berkali2x kena petir karena ditarik penangkal petir berbahan tembaga.
    di catatumbo dalam semalam petir menyambar 2.800 kali dalam setahun daerah tersebut dihujani petir sebanyak 160 hari sampai 200 hari dengan total petir hingga 400.000 setahun.
    sambaran petik hanya berada di daerah tersebut. Tidak ada gedung pencakar langit disana, tapi petir gak mo pergi dari sana, why?

    Believe it or not, disitulah pagar tinggi berbahan tembaga yg dibangun oleh zulkarnain untuk yakjut makjut. Menjadi penangkal petir terbesar.
    Alam di catatumbo berpotensi menciptakan awan yg mengandung petir, dan petir yg lahir dari kondisi daerah itu ditarik oleh “penangkal petir” zulkarnain….
    Believe it or not, waktu dah semakin dekat, seberapa tahan “penangkal petir” zulkarnain menerima hantaman yg setiap tahunnya 400.000 kali?
    benarlah janji tuhan bahwa pagar batas yakjut makjut itu suatu saat akan hancur….
    by novus.ordo_seclorum@rocketmail.com

      oedi responded:
      Agustus 22, 2013 pukul 8:01 am

      Okey.. terimakasih atas kunjungan dan informasinya… semoga bermanfaat… :)

    intan konstantya said:
    April 5, 2014 pukul 8:30 am

    kambing bs mnjat phon..?? yg bnarr ajj,, thu aslikhan??bkn rkaysa ..?? ~

      oedi responded:
      April 8, 2014 pukul 7:12 am

      Hmm.. setau saya ini benar kok, karena pernah ditanyangkan juga di televisi nasional..

    ace maxs said:
    Juni 12, 2014 pukul 6:38 am

    hujan darah? 4 matahari?
    benar itu?
    sungguh menakjubkan

      oedi responded:
      Juni 12, 2014 pukul 8:27 am

      Ya begitulah yg terjadi.. makanya termasuk yg fenomena..
      Okey.. terimakasih atas kunjungan dan dukungannya, moga bermanfaat… :)

    toko herbal online said:
    Juni 17, 2014 pukul 6:36 am

    itu nyata ga sih gan?

      oedi responded:
      Juni 23, 2014 pukul 8:44 am

      Setau ane sih itu nyata kok.. makanya ane upload di blog ini.. gak maulah tulisan berita bohong.. hehe.. :)

    latief said:
    Juli 15, 2014 pukul 6:18 pm

    Salam kenal mas oedi.
    Kalo ada sejarah ras papua & aborigin (ntt-timor) kok bisa sampai didataran nusantara, mungkin kalau panjenengan nemu artikelnya…mhn dimuat.
    Sejak kecil saya pengen ngerti sejarah mereka kok bisa sampai papua sampai australi. Sedangkan new zeland kok nggak ada. Mksh.

      oedi responded:
      Agustus 6, 2014 pukul 9:09 am

      Salam kenal juga mas Latief, terimakasih atas kunjungannya… :)
      Wah apa yg Anda cari itu sama dengan yg saya cari juga… saya pun penasaran tentang bagaimana bisa mereka itu tinggal di ujung timur Nusantara?
      Oke deh mas, kalau saya sudah dapat info dan datanya, akan di share di blog ini.. :)

    iis diana said:
    November 18, 2014 pukul 12:03 pm

    waw it mejik

    iis diana said:
    November 18, 2014 pukul 12:08 pm

    coba ajah di indonesia ada hujan ikan waw mantap tuh, bisa bakar bakar

    Muhammad raditya said:
    Januari 6, 2015 pukul 9:11 am

    Keren mas blog nya , ternyata banyak banget yang aneh ,jadi pengen ikut petualangannnn ,, ditunggu fenomena selanjutnya kang oedi ,, good job

      oedi responded:
      Januari 13, 2015 pukul 8:26 am

      Subhanallah… syukurlah kalau suka dengan blog ini.. terimakasih atas kunjungan dan dukungannya, semoga bermanfaat.. :)
      Siap… kalau ada yg baru tentu akan langsung saya share di blog ini, silahkan di tunggu ya… :)

    mobil datsun bandung said:
    April 2, 2015 pukul 7:04 am

    benar-benar aneh dan masih sulit untuk dipercaya (y)

      oedi responded:
      April 6, 2015 pukul 6:31 am

      Hmm… Memang banyak sekali yang aneh di alam semesta ini, khususnya di Bumi ini, karena bahkan banyak yang tidak bisa dijelaskan oleh pengetahuan ilmiah umat manusia sekarang.. Semua itu jelas menunjukkan bahwa ada Tuhan yang menciptakan dan mengatur itu semua, sedangkan manusia hanyalah sosok yang lemah dan fana..
      Okey, makasih atas kunjungan dan dukungannya, semoga bermanfaat.. :)

    mobil datsun bandung said:
    April 13, 2015 pukul 3:38 am

    itu beneran nyata ga sih gan atau hanya editan saja?

      oedi responded:
      April 15, 2015 pukul 1:59 pm

      Hmm setau saya sih semuanya benar, kalau gak mana mungkin saya masukkan di tulisan ini..
      Terimakasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat.. :)

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s