Keunikan dari Kedua Kutub Bumi (Arctic dan Antarctic)

Posted on Updated on

Seperti yang telah kita ketahui, di dunia ini ada dua daerah kutub. Kutub Utara (Arctic) dan Kutub Selatan (Antarctic). Kedua kutub ini tentunya merupakan daerah yang bersuhu dingin karena sebagian besar wilayahnya terus di lapisi oleh es. Tapi apakah dua kutub tersebut sama dinginnya? Kalau tidak sama, kutub manakah yang lebih dingin? Apakah yang menyebabkannya dan apa konsekwensinya?

Untuk lebih jelas berikut penjelasannya:

1. Sedikit Geografi
Perputaran bumi pada porosnya (rotasi) menyebabkan terjadinya pergantian siang dan malam. Peredaran bumi mengelilingi matahari (revolusi) menyebabkan terjadinya pertukaran hari, bulan dan tahun. Lalu apakah yang menyebabkan terjadinya perbedaan musim di dunia, seperti musim panas (sumer), musim gugur (autum), musim dingin (winter) dan musim semi (spring)?

Bumi beredar mengelilingi matahari tidak dengan posisi tegak lurus di porosnya, melainkan dengan sudut kemiringan (tilt) sebanyak 23,5°.


Kemiringan poros bumi pada waktu mengelilingi matahari
(Ket: warna gelap, daerah yang tidak terkena curahan matahari warna terang, daerah yang terkena curahan matahari)

Kemiringan tersebut mempengaruhi curah matahari yang diterima dibagian bumi selain daerah ekuator (katulistiwa), sehingga dibelahan bumi lainnya mengalami pergantian musim!! Hanya di daerah katulistiwa siang dan malam terbagi rata (12 jam).

Kemiringan yang “hanya” 23,5° ini sangat MENENTUKAN bagi kehidupan mahluk di dalamnya. Tanpa adanya kemiringan, daerah kutub akan gelap dan dingin sepanjang tahun!! Dan bila sudut kemiringan lebih dari nilai tersebut, maka akan tercipta musim yang ekstrem di bumi, seperti contohnya di planet Uranus, dimana musim dingin berlangsung hingga 42 tahun lamanya!!

2. Kehidupan di daerah Kutub
Udara yang dingin, kering dan sedikit berawan merupakan ciri khas cuaca di daerah kutub. Sepanjang tahuh di daerah kutub, matahari akan terbit dan terbenam HANYA satu kali. Sehingga di daerah ini, musim panas dan musim dingin berlangsung masing-masing HINGGA ENAM BULAN lamanya. Musim dinginnya disebut polar night, ini merupakan hari-hari yang dingin dan GELAP tanpa adanya sinar matahari LANGSUNG!!

Polar night di kutub utara

Di musim panas, matahari bersinar 24 jam selama enam bulan penuh, tapi inipun matahari muncul hanya MAKSIMAL 23,5° diatas horison, sehingga cahaya matahari tidak dapat menyinari permukaan secara penuh.

Selain itu es dan salju akan memantukan sinar matahari kembali ke luar angkasa lebih dari 85% , maka tidaklah heran jika MUSIM PANAS pun tetap terasa dingin di daerah kutub!! Ini dikenal dengan nama polar day atau midnight sun.

Polar day atau Midnight Sun

Artik (Arctic)
Lautan dan daratan yang mengelilingi kutub utara (north pole) disebut dengan nama Artik. Termasuk dalam daratan adalah Alaska (USA), Greenland (Denmark), Kanada, Siberia (Rusia). Selebihnya adalah lautan yang permukaannya membeku, yang luasnya bisa mencapai 1600 km. Suhu rata-ratanya adalah minus 18°C.

Antartik (Antarctic)
Kutub selatan terletak di Antartik, yang merupakan daerah DARATAN (kontinen) yang bergunung dengan luas 13,5 km². Selitar 98% nya tertutup dengan es, yang tebalnya rata-rata 2,3 km. Antartik dikelilingi lautan. Angin di antartik bertiup kencang, hingga pernah mencapai kecepatan 300 km/jam. Suhu rata-ratanya adalah minus 50°C.

Dari data suhu diatas dapat disimpulkan bahwa kutub selatan lebih dingin daripada kutub utara. Untuk mengetahui hal apa yang menyebabkan perbedaan tersebut, dapat dibaca lebih lanjut.

3. Perbedaan kutub utara dan kutub selatan
Kutub utara dan kutub selatan saling berkontradiksi. Jika musim dingin sedang berlangsung di kutub utara, maka di kutub selatan berlangsung musim panas. Di kutub utara tempat berpijak berupa permukaan lautan yang membeku, dan hanya memiliki lapisan es setebal tiga meter. Sedangkan untuk mencapai kutub selatan harus mendaki gunung es terlebih dahulu setinggi 4500 meter.

Amundsen und Scott (Stasiun penelitian Amerika)

4. Apa yang menyebabkan kutub selatan lebih dingin??
Yang menyebabkan kutub selatan lebih dingin adalah banyaknya gunung es disana. Gunung es ini yang menyebabkan perbedaan!! Dengan bertambahnya ketinggian, maka suhu udara akan berkurang, sehingga hal ini menyebabkan kutub selatan lebih dingin dibandingkan dengan kutub utara!! Kutub selatan akan 30°C sampai 40°C lebih dingin!!

Jika suhu di kutub utara sudah cukup dingin, hingga mencapai minus 50°C di musim dingin, maka dikutub selatan akan mencapai angka yang lebih dingin lagi yaitu minus 82°C!! Di musim panas suhu di kutub utara bisa mencapai 0°C, sedangkan di kutub selatan hanya berkisar antara minus 15°C hingga minus 40°C.

6. Konsekwensi perbedaan
* Manusia
Di daerah Artik hidup dan menetap sekitar 2 juta orang, seperti suku inuit.


Sedangkan di Antartik, dikarenakan kehidupan alamnya yang lebih ekstrem, maka tidak terdapat suku asli, daerah ini hanya didatangi 1000 sampai 4000 orang untuk jangka waktu tertentu, yang kebanyakan adalah ilmuwan dan pekerja stasiun penelitian. Tentunya mereka dapat tinggal karena bantuan kemajuan teknologi.

* Flora dan Fauna
Di daerah artik terdapat sekitar 1000 jenis tumbuhan (Spermatophyta), tapi di daerah Antartika hanya terdapat DUA jenis tumbuhan (Spermatophyta)!! Selebihnya adalah ganggang, jamur dan lumut. Berikut dua jenis tumbuhan yang hidup di Antartika:

Colobanthus quitensis

Deschampsia antarctica, sejenis rumput

Daerah Antartika karena letaknya yang terisolasi sedemikian rupa (dikelilingi lautan), sehingga sulit untuk dijajaki oleh hewan dari luar. Karena itu ada beberapa jenis hewan yang hanya terdapat di daerah ini. Beberapa hewan dari luar daerah, seperti rusa dibawa ke daerah ini oleh para pemburu ikan paus.

Untuk dapat hidup di daerah yang dingin, umumnya hewan tersebut memiliki bentuk yang lebih besar, seperti:

Emperor Penguin yang merupakan jenis pinguin terbesar.Jenis pinguin ini hanya terdapat di Antartika.

Ikan paus biru (Balaenoptera musculus)

Anjing laut (Hydrurga leptonyx)

Albatros (Diomedea exulans)

* Kesalahpahaman banyak orang
Banyak orang yang mengira bahwa pinguin dan beruang es (ice bear) hidup dalam satu habitat (ruang hidup). Pemahaman ini adalah salah. Beruang es dan pinguin hidup terpisah. Beruang es hidup di kutub utara, sedangkan pinguin di kutub selatan. Pinguin merupakan hewan asli penghuni kutub selatan, tepatnya di kepulauan Galapagos (terdapat daerah selatan). Tidak semua jenis pinguin lebih mengutamakan habitat yang dingin, banyak juga pinguin yang hidup didaerah ekuator.

Ada dua teori yang menerangkan kenapa pinguin hanya hidup di kutub selatan (Antartika):

1. Teori evolusi yang bertahun-tahun, sehingga pinguin lebih dapat beradaptasi (cara berkembang biak, sumber makanan, dll) dengan lingkungan yang ekstem di kutub selatan, dibandingkan dengan tempat lainnya.

2. Teori, yang mengatakan bahwa pada mulanya di kutub utara pun terdapat pinguin, tapi seluruh populasi pinguin tersebut habis di makan oleh beruang es.

Jadi, hanya di kebun binatang saja keduanya dapat dipertemukan.

****

Demikianlah sedikit gambaran tentang kondisi di kedua kutub bumi ini, dimana keduanya memiliki kesamaan dan juga banyak perbedaan. Tentunya nilai persamaan dan perbedaan itu tidak lepas dari perannya sendiri bagi keseimbangan dunia ini. Sehingga sebagai manusia yang memiliki akal, pikiran dan rasa, baiklah kita tetap menjaga kelestariannya, agar tetap bisa menjaga keberlangsungan kehidupan peradaban kita ini.

Yogyakarta, 09 Juni 2011
Mashudi Antoro (Oedi`)

[Referensi: dari banyak sumber di internet]

50 thoughts on “Keunikan dari Kedua Kutub Bumi (Arctic dan Antarctic)

    Andika said:
    Juni 9, 2011 pukul 5:45 am

    subhanallah mas,,,, keliatan keren di kutub.
    kutub penyeimbang bumi ne ya mas…. kehidupan disana dan cuacanya pasti dingin 🙂

    Tapi pengen juga berkunjung kesana ya… merasakan dinginnya kutub hehehe

    nice info mas….

      oedi responded:
      Juni 9, 2011 pukul 9:41 am

      Iya Dik, kedua kutub ini adalah peyeimbang kondisi iklim bagi bumi, rusakknya kondisi disana akan sangat mempengaruhi stabilitas iklim di dunia, makanya lestarikanlah.
      Hmm… iya nih, kapan ya bisa berkunjung kesana?? pasti kesan yang tak terlupakan meski diiiingiiin banggeeettt.. 😀
      Makasih ya udah mau berkunjung, semoga bermanfaat.

        Nike said:
        Juni 21, 2011 pukul 5:47 am

        mas mo tanya nech kenapa di Antartika hanya terdapat 2 jenis tumbuhan?????????
        mf y mas klo pertanyaan na aneh…

        wow……..
        psti klo fto2 disana pasti asyik ya mas……….
        hehehhehehhehee

        oedi responded:
        Juni 21, 2011 pukul 6:02 am

        Terimakasih atas kunjungan dan dukungannya, semoga bermanfaat… 🙂
        Pasti dunk… kalau bisa foto disana, di jamin 1000% pasti asyik dan menyenangkan banget… 😀
        Sebenarnya kita (khususnya ilmuwan) belum bisa memastikan ttg berapa jenis tumbuhan yang ada disana, dan tidak menutup kemungkinan ada jenis dan varietas tumbuhan lain di Antartika. Alasan kenapa baru dua saja yang diketahui adalah karena wilayah yang sangat luas utk bisa dijelajahi dg jalan kaki atau tidak sepanjang tahun khususnya para ilmuwan bisa tinggal dan meneliti disana akibat suhu yg sangat dingin dan cuaca yang ekstrim. Sehingga jenis atau varietas tumbuhan yang lainnya belum diketemui…
        Hingga kini yg baru bisa di ketahui ya cuma dua itu saja, itu pun udah susah banget…. Tapi bukan berarti hanya dua jenis saja loh, sebab seiring berjalannya waktu maka mungkin saja akan di temukan jenis atau varietas yang lain…. bahkan yang mungkin selama ini belum pernah dibayangkan… 🙂

        aris istanto said:
        Mei 8, 2015 pukul 2:29 am

        Om….berarti disana hanya ada pagi dan malam dalam setahun ya?

        oedi responded:
        Mei 12, 2015 pukul 7:20 am

        Ya setahu saya gitu mas, itu pun dari para ilmuwan yang pernah langsung kesana hehe.. 🙂
        Oke, terimakasih atas kunjungan dan dukungannya, semoga bermanfaat.. 🙂

      Hari Prastowo KIDS said:
      Februari 17, 2016 pukul 2:30 am

      Cinta Prastowo CHANNEL BANKing inline yamaha jupiter dan..HARIDOTCOM Gue

    bautinja said:
    Agustus 28, 2011 pukul 8:50 am

    makasih sy jg takjub sama keaddaan aalam seperti aurora

      oedi responded:
      September 8, 2011 pukul 5:11 am

      Terimakasih juga atas kunjungan dan dukunganya di tulisan ini, semoga bermanfaat… 🙂

    Kiki said:
    September 9, 2011 pukul 6:41 am

    Weeeww keren banget mas..saya paling tertarik sama kehidupan di kutub, kadang ngebayangin ada di arctic, bisa lihat aurora..atau ngerasain polar day atau polar night….kereeennnn….

      oedi responded:
      September 11, 2011 pukul 6:15 am

      Okey makasih ya udah mau berkunjung di tulisan ini, semoga bermanfaat.. 🙂
      Yup… saya juga begitu, sangat tertarik dengan kehidupan di kedua kutub ini, pengen secepatnya bisa kesana untuk melihat banyak fenomena yang luar biasa…

    reza said:
    September 20, 2011 pukul 11:00 am

    Artikel yang menarik dan mendidik.

      oedi responded:
      September 25, 2011 pukul 6:26 am

      Alhamdulillah… Terimakasih atas kunjungan dan dukungannya, semoga bermanfaat.. 🙂

    Arif Setiawan said:
    November 4, 2011 pukul 4:10 pm

    gimana navigasi disana ya? kita kan tepat / sedikit berhimpit dengan poros magnetik bumi kita (selisih /2 derajat). misalnya kita mau menarik garis lurus rumah kita yang di indonesia dari salah satu kutub. Atau dengan patokan bintang yang relatif lebih diam dibanding planet – planet yang mengiringinya. sedangkan kita juga tahu bahwa bintang lambat laun akan bergeser juga yg merupakan efek dari terus mengembangnya semesta, meski sedikit tapi kan selisih. thanx artikelnya, salam teman se hobbist.

      oedi responded:
      November 10, 2011 pukul 4:40 am

      Okey, terimakasih juga atas kunjungan dan dukungannya, semoga bermanfaat.. 🙂

    dedi andrianto kurniawan said:
    Desember 27, 2011 pukul 12:52 pm

    eh kapan donk indonesia klaim antartika? kek inggris dan US hahahaha

      oedi responded:
      Desember 29, 2011 pukul 5:09 am

      Hmm… nunggu siapa yg berani dan mau… mungkin Anda yg bisa nanti.. hehe.. 🙂
      Ya. semoga benar terwujud bahwa Indonesia bisa mengklaim antartika…
      Terimakasih atas kunjungan dan dukungannya, semoga bermanfaat.. 🙂

    sandra said:
    Februari 22, 2012 pukul 4:27 pm

    jd pngaturan jadwal sholat ma puasa_a gmn law slama 6 bln matahari terbit taw tenggelam truz?

      oedi responded:
      Februari 23, 2012 pukul 1:38 pm

      Hmm… yang saya ketahui adalah, bahwa yang menjadi patokan untuk jadwal shalat dan puasa yaitu waktu (jam) yang di ukur sejak hari pertama di tiap pergantian musim…
      Okey.. terimakasih atas kunjungan dan pertanyaannya, semoga bermanfaat.. 🙂

    Ade Alfan said:
    Agustus 13, 2012 pukul 7:00 am

    artikel yang sangat menarik. mohon ijin copas,,,

    fahmi is back said:
    November 6, 2012 pukul 1:48 am

    thanks infonya,
    dunia ini emang unique..
    jganlah merusak keindahannya.,

    by fahmi abrar

      oedi responded:
      November 15, 2012 pukul 11:48 am

      Iya sama2… terimakasih juga atas kunjungan dan dukungannya… 🙂
      Ya begitulah dunia ini, masih terus memberikan kejutan dan keunikannya.. untuk itu, teruslah mengkajinya lebih luas dan dalam.. 🙂

    hera mutia said:
    Maret 21, 2013 pukul 2:54 pm

    nice articel…
    jd pgen lngsung terbang ksna:D

    antok said:
    Juli 20, 2013 pukul 5:43 am

    sungguh info yang menakjubkan, subhanallahu….

    fia said:
    September 9, 2013 pukul 6:02 am

    ih pgn dech kesana

    Zazkia Clalu Menunggu said:
    September 10, 2013 pukul 7:47 am

    ha…ha…ha…

    wiwi said:
    November 8, 2013 pukul 11:40 am

    ka’ kAlau KOTA-KOTA apa daerah kutub utara yang lama siangnya lebih dari 4 bulan? dan kalau dikutub selatan yang lama malamnya lebih dari 4 bulan kota-kota apa??

      oedi responded:
      November 9, 2013 pukul 5:43 pm

      Hmm.. ini maksud pertanyaannya gimana ya? maaf kalau saya kurang paham.. dan ngomong-ngomong mbaknya udah baca dengan detil belum artikel ini, karena sepertinya sudah saya jelaskan deh tentang kota dan waktu…
      Tapi gak apa deh saya ulang lagi, bahwa di Kutub Utara tidak terdapat kota besar, disana hanya di huni oleh sekitar 2 juta orang, seperti suku Inuit. Mereka ini adalah suku asli dan tidak tinggal dalam kota besar, melainkan dalam kabilah-kabilah yg tersebar di Kutub Utara. Sementara untuk di Kutub Selatan, tidak terdapat suku asli, daerah ini hanya di huni oleh hewan kutub (seperti pinguin dan beruang) serta tumbuhan seperti ganggang, jamur dan lumut. Tetapi memang Kutub Selatan terkadang didatangi juga oleh 1000 sampai 4000 orang untuk jangka waktu tertentu, yang kebanyakannya adalah ilmuwan dan pekerja stasiun penelitian. Yang tentunya mereka ini bisa tinggal disana karena bantuan teknologi yang modern.
      Jadi, jika pertanyaannya memang tentang kota-kota yang ada di Kutub Utara maupun Kutub Selatan, maka setau saya tidak ada, yang ada hanya kota-kota yang berada dekat dengan kedua kutub tersebut, misalnya Alaska (USA), Greenland (Denmark), Kanada, dan Siberia (Rusia) untuk di Kutub Utara… sedangkan untuk di Kutub Selatan salah satunya adalah Selandia Baru.
      Nah kalau menyangkut lama waktu malam dan siang, maka sebagaimana yg sudah dijelaskan pada tulisan ini, justru sepanjang tahuh di daerah kutub matahari akan terbit dan terbenam hanya satu kali. Sehingga di daerah ini, musim panas dan musim dingin berlangsung masing-masing HINGGA ENAM BULAN lamanya, begitupun siang dan malamnya.

    rvenairf said:
    November 23, 2013 pukul 4:29 pm

    Ya Allah keren banget kedua kutub itu.. Kekuasaan Allah memang besar banget ya 🙂
    rvenairf.student.ipb.ac.id

      oedi responded:
      November 24, 2013 pukul 9:34 am

      “Demikianlah Allah SWT menciptakan segala sesuatu dengan penuh perhitungan” sehingga semuanya tampak indah dan menarik…
      Okey, terimakasih atas kunjungan dan dukungannya, semoga bermanfaat.. 🙂

      oedi responded:
      November 24, 2013 pukul 9:38 am

      “Demikianlah Allah SWT menciptakan segala sesuatunya dengan sangat teratur dan bijaksana” Sehingga akan terlihat indah dan menarik..
      Okey, terimakasih atas kunjungan dan dukungannya, semoga bermanfaat.. 🙂

    Ira Trisnawati said:
    Januari 6, 2014 pukul 11:45 am

    Baru baca, bagus banget, informatif 🙂

      oedi responded:
      Januari 8, 2014 pukul 4:04 pm

      Alhamdulillah… syukurlah jika mbaknya senang.. terimakasih atas kunjungan dan dukungannya… semoga bermanfaat.. 🙂

    uyung said:
    Maret 4, 2014 pukul 3:18 pm

    Keren sih tulisanya, informatif sekali

      oedi responded:
      Maret 5, 2014 pukul 6:00 am

      Syukurlah jika demikian, terimakasih atas kunjungan dan dukungannya, semoga bermanfaat.. 🙂

    jam said:
    April 2, 2014 pukul 4:49 pm

    pinguin yang dlu tinggal di kutub utara perginya kmn? apa mungkin pindah ke kutub selatan? apa bisa?

      oedi responded:
      April 8, 2014 pukul 6:46 am

      Sepertinya karena sudah punah.. karena kalau hijrah ke kutub selatan sangat tidak mungkin, wong jauuuh banget tuh…
      Okey, makasih atas kunjungan dan dukungannya, semoga bermanfaat.. 🙂

    ecah said:
    April 15, 2014 pukul 2:37 am

    Assalamualaikum, hai.. sungguh menarik ya malah manfaat buat saya.. emangnya saya suka bangat baca info tentang kehidupan di kutub utara sama kutub selatan… rasanya mau aja ke sana.. keren bangat 🙂

      oedi responded:
      April 19, 2014 pukul 6:48 am

      Wa`alaikumsalam..
      Alhamdulillah jika demikian, syukurlah kalau suka dengan tulisan ini, Terimakasih atas kunjungan dan dukungannnya, semoga bermanfaat… 🙂
      Saya doakan deh, suatu saat nanti mbaknya bisa kesana.. dan kalau sudah kesana jangan lupa oleh-olehnya ya hehe… 🙂

    Nur singgih said:
    Mei 13, 2014 pukul 5:32 am

    Dari Nur nih,tulisan mbak bagus banget,tolong tulis lagi,kenapa di negeri Arab yg sahara ada minyak?

      oedi responded:
      Mei 15, 2014 pukul 7:43 am

      Hmm.. maaf, saya ini cowok lohm jadi panggil mas atas nama aja deh… 🙂
      Waduh tulisan semacam itu lebih tepatnya di tujukan kepada seorang ahli geologi, dan yg jelas itu bukanlah saya… tapi nanti kalau ada info yang valid tentang hal itu, akan saya coba share di blog ini…
      Terimakasih atas kunjungan dan dukungannya, semoga bermanfaat.. 🙂

    Linda Handayani said:
    Juni 4, 2014 pukul 3:47 am

    wah jadi dapat ilmu yang bermanfaat, kebetulan anak saya bertanya banyak hal mengenai kedua kutub ini, dan Alhamdulillah sudah terjawab setelah membaca artikel anda, terima kasih.

      oedi responded:
      Juni 10, 2014 pukul 6:10 am

      Oh ya? wah kebetulan sekali.. semoga mbak Linda dan anaknya mendapatkan manfaat dari tulisan ini.. menjadi pengingat diri bahwa ada Tuhan Yang Maha Kuasa dalam menciptakan Bumi dengan begitu indahnya… kita harus terus bersyukur dan mempelajarinya, sebagai bekal untuk kebaikan hidup kita sendiri… 🙂
      Terimakasih juga atas kunjungan dan dukungannya, semoga bermanfaat… 🙂

    Astria Putriatun said:
    Agustus 12, 2014 pukul 6:48 am

    Nice post. 🙂 oiya, btw klo dikutub selatan cuma ada hewan kutub kaya pinguin dan beruang kutub, mrk makan nya apa mas? 😀

      oedi responded:
      Agustus 12, 2014 pukul 8:53 am

      Syukurlah kalau senang dengan tulisan ini, terimakasih atas kunjungan dan dukungannya, semoga bermanfaat.. 🙂
      Hmm… setahu saya untuk pinguin mereka itu makan ikan dan hewan penghuni laut lainnya yg sesuai dg kemampuan dan ukuran tubuh mereka… mereka itu pintar kok berburu ikan… Untuk jenis beruang, maka mereka juga akan makan ikan di tambah dg hewan lain yang bisa mereka tangkap, misalnya anjing laut.. Tapi untuk lebih jelasnya silahkan tonton saja di Discovery Channel, disana biasanya ada kok tayangan tentang kehidupan pinguin dan beruang kutub.. 🙂

    Jugjowi said:
    Agustus 20, 2016 pukul 6:09 pm

    Teori evolusi jangan dibawa masuk dong dab, teori evolusi bertentangan dgn fakta penciptaan, bertentangan dgn Islam.

      Boe Ardiansyah said:
      September 14, 2016 pukul 3:29 pm

      teori evolusi berlaku bagi mahluk hidup kecuali manusia,,,

    Anggoro widjatama said:
    September 21, 2016 pukul 6:21 pm

    Keren bikin memambah wawasan baru tahu juga beruang es sama penguin beda kutub. Makasih mas infonya.

      oedi responded:
      September 25, 2016 pukul 8:20 am

      Sama”lah mas, terimakasih atas kunjungan dan dukungannya, semoga bermanfaat.. 🙂

    Hardi sasaka said:
    Oktober 2, 2016 pukul 3:00 pm

    Bos terjadinya siang 6bulan dan malam 6bulan itu terjadi di kedua kutub atau di kutub utara saja??tolong dikasih tau ya penasaran ini..setau saya di kutub utara saja yg terjadi seperti itu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s