12 Kota Paling Fenomenal di Masa Lalu

Kali ini saya mencoba mengangkat bahasan tentang kota-kota yang dianggap fenomenal (sebagai warisan dunia versi UNESCO) di masa lalu, bahkan jauh sebelum tahun Masehi dikenal dunia. Pertimbangannya adalah kota-kota tersebut sangat unik dari pandangan sejarah, arkeologi hingga antropologi dan sosial budaya masyarakatnya.

Tapi sayang, kota-kota itu pun akhirnya harus hancur karena satu dan lain hal, seperti; peperangan dan bencana alam. Sehingga sempat hilang dari sejarah dunia dan kini sebagian besar dari kota tersebut hanya menyisakan puing-puing yang berserakan, sebagai bukti dari kejayaan mereka di masa lalu.

Untuk mempersingkat waktu, berikut ini adalah kota-kota fenomenal tersebut:

1. Petra (Yordania)
Kata Petra merujuk pada bangunan kotanya yang terbuat dari batu-batu di Wadi Araba, sebuah lembah bercadas di Yordania. Kota ini berada di dataran tandus setinggi 3.000 kaki yang didirikan dengan menggali dan mengukir batu cadas setinggi 40 meter. Petra merupakan ibukota kerajaan Nabatean. Didirikan pada 9 SM s/d 40 M oleh Raja Aretas IV sebagai kota yang sulit untuk ditembus musuh dan aman dari bencana alam seperti badai pasir.

Foto diatas, menunjukkan bangunan Petra yang disebut sebagai El-Deir. Arkeolog menyimpulkan bangunan ini dahulunya sebagai kuil pemujaan, sebelum berubah menjadi gereja atau biara.

2. Troya (Turki)
Salah satu kota kuno yang paling terkenal dalam sejarah. Kota Troya diselimuti misteri, legenda, dan intrik. Apalagi ia muncul dalam cerita Illiad oleh pujangga Yunani, Homer. Tinggalan kota Troya ditemukan di sebelah barat laut Turki pada abad ke 19 oleh arkeolog Jerman, Heinrich Schliemann. Ia menggali di kota Hisarlik, malah menemukan Troya. Situs Troya ternyata bukan situs tunggal. Kotanya dibangun di atas kota lain. Tercatat ada sembilan kota berbeda di dalam satu situs yang sudah berumur sekitar 5000 tahun ini.


3. Palmyra (Syria)
Palmyra adalah sebuah kota kuno yang penting di Syria. Lokasinya sekitar 215 km sebelah timur laut dari Damascus dan 120 km barat daya dari Euphrates. Kota ini dikenal dengan nama pengantin padang pasir. Dokumen-dokumen pertama menyebutkan bahwa kota ini semula bernama Tadmor. Kota ini sangat indah di zamannya sehingga para penutur dari Arab sering menggambarkannya sebagai kota ciptaan bangsa jin yang menurut mereka dipersembahkan untuk Nabi Sulaiman AS.

Kota ini masih memegang peranan penting hingga abad ke 19. Para pedagang sejak 300 Masehi sudah singgah ke Palmyra untuk beristirahat sebelum meneruskan perjalanan ke Mesopotamia dan Persia. Letaknya yang strategis membuat kota ini dijajah bangsa Romawi di awal tahun Masehi.

4. Tanis (Mesir)
Kota Tanis termasuk salah satu kota paling misterius di dunia. Ia pernah menjadi ibu kota Mesir kuno (sekitar 3.150 SM). Di kota inilah salah satu temuan arkeologi paling heboh berada, yaitu mumi keluarga kerajaan Mesir. Temuan ini sejajar berharganya dengan temuan mumi Tutankhamun.


5. Nimrud (Irak)
Terletak di utara Irak, kota ini menjadi ibu kota Kerajaan Asiria. Bangsa yang ditakuti pada masanya karena kejam dan haus darah. Selalu menjajah kota-kota di sekitarnya. Asiria muncul di catatan sejarah pada abad-14 sebelum Masehi. Mereka mendominasi wilayah Irak-Iran-Turki dan sekitarnya. Perebutan wilayah dengan negara tetangganya, Babilonia, membuat Nimrud perlahan-lahan ditinggalkan warga sekitar 612 sebelum Masehi. Warga pindah ke kota Nineveh.


6. Persepolis (Iran)
Salah satu kota kuno terbesar dan berpengaruh dalam sejarah dunia. Persepolis adalah ibu kota dari Kerajaan Persia. Saking besarnya kerajaan Persia, mereka punya empat ibu kota. Persepolis dibangun pada 520 sebelum Masehi. Kota ini dibangun dengan arsitektur yang megah dan rumit. Dihiasi perak dan emas. Pahatan-pahatan kualitas tinggi ada di tiap tinggalan. Persepolis dan Persia jatuh ditaklukkan Alexander Agung. Ia membakar kota ini hingga rata dengan tanah. Sekarang sisa-sisanya masih bisa dinikmati di Iran.


7. Mohenjo Daro (Pakistan)
Salah satu kota tertua di Asia dan di dunia. Mohenjo Daro berkembang karena dialiri Sungai Indus. Ia ditemukan pada 1921. Saudara kembar kota ini, yang juga tua, adalah Harappa. Umur kota ini diperkirakan mencapai 4.500 tahun. Ia berdagang dengan kota kuno lainnya, Mesopotamia.


8. Great Enclosure (Zimbabwe)
Kota di Afrika ini sering disebut sebagai salah satu kota yang muncul dalam berbagai kitab suci. Tempat Ratu Sheba. Arkeolog masih belum dapat menyimpulkan sejauh mana peranan dan fungsi kota yang ditinggalkan penghuninya ini. Bukti-bukti sementara menghasilkan kota ini dibangun oleh suku Shona, suku leluhur suku Bantu sekitar 1.250 tahun lalu. Kota ini dikabarkan sebagai pusat kota pemujaan.


9. Teotihuacan (Mexico)
Sekitar tahun 1500 Masehi, Bangsa Aztec menguasai Mexico. Bangsa ini memang dikenal kejam, para prajurit memburu manusia untuk dikuliti dan dikorbankan kepada para Dewa mereka. Satu hal yang menarik dari sejarah bangsa ini ialah adanya legenda mengenai suatu kota yang hilang. Kota kuno misterius yang fantastis dengan dipenuhi arsitektur-arsitektur luar biasa bernama Teotihuacan.


Teotihuacan adalah salah satu kota purba yang penuh dengan teka-teki yang sulit untuk dipecahkan. Di atas reruntuhan yang sangat tua itu (tidak diketahui berapa ribu tahun usianya), mengapunglah kabut masa lampau, kedunguan dari misteri atau kegaiban. Balok-balok batu seberat ±100 ton yang ditumpangi dengan balok-balok batu lain seberat ±60 ton dijadikan dinding bangunan. Bidang-bidang lain yang bertepi dan bersudut tepat pada persambungan dengan batu-batu persegi lainnya, yang disatukan oleh jepitan yang terbuat dari tembaga.

10. Machu Picchu (Peru)
Machu Picchu adalah sebuah kota di atas gunung. Penemuannya menghebohkan dunia arkeologi. Padahal ia baru ditemukan 100 tahun lalu. Hingga saat ini arkeolog masih belum mengetahui secara pasti apa fungsi dari kota Macchu Picchu ini. Sebab bangsa Indian Inca yang membangunnya tidak memiliki budaya tulis menulis dan tidak ada tinggalan tertulis.

11. Ba’albek (Lebanon)
Ba`albek merupakan salah satu situs purbakala paling misterius di dunia, karena banyaknya teka-teki yang belum berhasil terjawab disini. Salah satunya adalah bagaimana cara para pembangunnya memindahkan dan menyusun batu-batu balok seberat hingga ± 1.500 ton. Dibentuk dengan halus dan rapi sebagai bagian-bagian dari bangunan yang megah dan artistik.


Berdasarkan sejarah, pada mulanya Ba’albek dihuni oleh kaum Phoenician sampai kemudian diduduki oleh Bangsa Yunani pada 323 – 64 SM, yang lalu mengubah nama kota ini menjadi “Heliopolis” (kota matahari). Tahun 4 SM, kota ini menjadi koloni Romawi (Colonia Julia Augusta Felix  eliopolitana) pada masa pemerintahan Julius Caesar. Dalam masa pendudukan Romawi inilah kuil-kuil yang berbahan batu raksasa tersebut dibangun, sebagai dedikasi untuk dewa bangsa Romawi kuno yaitu Jupiter

12. Pompeii (Italia)
Pompeii adalah sebuah kota di zaman Romawi kuno yang terletak di dekat kota Napoli yang telah menjadi puing dan sekarang berada di wilayah Campania, Italia. Pompeii hancur oleh letusan gunung Vesuvius pada tahun 79 M.


Debu letusan gunung Vesuvius menimbun kota Pompeii dengan segala isinya sedalam beberapa kaki, menyebabkan kota ini hilang selama 1.600 tahun lebih sebelum ditemukan kembali dengan tidak di sengaja. Semenjak itu penggalian kembali kota ini memberikan pemandangan yang luar biasa terinci mengenai kehidupan sebuah kota di puncak kejayaan Kekaisaran Romawi. Saat ini kota Pompeii merupakan salah satu dari Situs Warisan Dunia versi UNESCO.

***

Masih banyak lagi kota-kota fenomenal lain di dunia yang mungkin masih belum terekspose. Tapi setidaknya tulisan ini bisa memberikan gambaran nyata tentang kehebatan suatu bangsa – manusia secara umumnya – dalam mengelola kemampuannya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Tapi, karena ulah tangan mereka sendiri pula kemajuan peradabannya hancur dan hanya meninggalkan kenangan dan misteri.

Yogyakarta, 22 Mei 2011
Mashudi Antoro (Oedi`)

[Disadur dari beberapa sumber di internet]

Iklan

6 thoughts on “12 Kota Paling Fenomenal di Masa Lalu

    1. Terimakasih ya Yudha atas kunjungannya, semoga bermanfaat
      Itulah yg hingga kini masih menjadi pertanyaan besar dari para ilmuwan dan arkeolog, jika jawabannya “tidak lebih maju” mengapa mereka bisa membangun semisal Piramida di Mesir atau kota Ba`albek di Lebanon yang orang sekarang (ilmuwan, arsitek, arkeolog) saja tidak sanggup melakukannya. Sedangkan jika “Iya” jawabannya, maka dimanakah bukti paling ilmiah tentang hal itu (sebab byk yg musnah).
      Tapi kalau saya pribadi menyakini bahwa di beberapa hal peradaban mereka adakalanya lebih maju dari peradaban kita sekarang, tapi ada pula peradaban kita yang lebih maju dari mereka, dan semua itu berdasarkan tingkat kebutuhan di setiap zamannnya masing-masing…. 🙂

  1. subhanallah… tata kota dan arsitektur yang indah mas, itulah salah satu bukti peradaban manusia yang mencapai puncak,,,, bangunan-bangunan bersejarah ini semoga masih tetap bisa dilestarikan dan diabadikan sebagai kekayaan alam yang bisa dinikmati oleh orang” yang akan datang.
    ditunggu info yg laennya mas semangat….. 🙂

    1. Makasih Dik udah mau mampir di tulisan ini, semoga bermanfaat. 🙂
      Iya Dik, semoga situs2 bersejarah ini tetap terjaga kelestariannya, untuk bisa mengingatkan kita bahwa siapapun dia kalau mau dan berusaha maksimal akan bisa mencapai kejayaannya. Tapi, juga harus mawas diri dan jangan berlaku yang tidak sesuai dg aturan Tuhan, sebab musnah dan kehancuranlah akibatnya nanti…
      Okey… tunggu aja info lain berikutnya…

    1. Eit… kok bisa? jauh lah sama dia… dia kan orang terkenal dan hebat karya-karyanya…. 🙂
      Okey.. terimakasih atas kunjungan dan dukungannya, semoga bermanfaat.. 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s