Resep Masakan Keluarga

Salah satu hobi saya adalah memasak. Jadi pada kesempatan kali ini saya akan sedikit berbagi dengan Anda sekalian tentang resep makanan. Resep-resep ini saya dapatkan saat dulu sering membantu ibu memasak di dapur. Terlebih saat beliau menerima orderan untuk pesta dan hajatan.

Bagi Anda yang tidak terbiasa memasak, mungkin akan mendapatkan kesulitan. Namun bagi yang sudah terbiasa maka resep-resep masakan ini tidak begitu sulit untuk di coba. Cukup sekali praktek, Anda pasti bisa.

Berikut beberapa masakan dan resepnya:

1. Gulai pindang ikan baung:


Bahan:
1. Ikan baung
2. Bawang merah
3. Bawang putih
4. Sereh
5. Lengkuas/laos
6. Kunyit
7. Asem
8. Tomat
9. Penyedap masakan
9. Daun kemangi
10. Cabe
11. Garam

Cara memasak:
1. Semua bumbu (bawang merah, bawah putih, kunyit, cabe) di giling sampau halus di tambah tomat
2. Sereh cukup di deprok/ di pukul-pukul
3. Setelah bumbu halus, goreng hingga menguning, lalu beri air secupuknya dan bari asem secukupnya
4. Diamkan hingga mendidih.
5. Setelah mendidih, masukkan ikan baung dan biarkan beberapa menit hingga dagingnya matang
6. Masukkan daun kemangi
7. Masakan siap di hidangkan.

2. Rendang daging rusa

Bahan:
1. 1 Kg daging rusa atau bisa daging sapi, kerbau, kambing, ikan tongkol, dll
2. 1 gram bawang merah
3. 1 bonggol bawang putih
4. 1 sendok makan ketumbar
5. Kunyit secukupnya
6. Jahe secukupnya
7. 2 batang sereh
8. Daun jeruk secukupnya
9. Daun salam secukupnya
10. Daun kunyit secukupnya
11. 2 buah kelapa yang besar
12. Cabe secukupnya
13. Garam secukupnya
14. Penyedap rasa secukupnya

Cara memasak:
1. Semua bumbu (bawang merah dan putih, ketumbar, kunyit, cabe, garam, jahe) di giling halus
2. Ampas kelapa di sangrai
3. Santan kelapa di masak sampai kental/sampai keluar minyaknya
4. Masukkan kelapa sangrai, daun salam, daun jarut
5. Masukkan daging tunggu sampai kering airnya
6. Masukkan penyedap rasa secukupnya
7. Masak hingga lebih kurang 3 jam, kemudian rendang siap di hidangkan

3. Semur daging/ayam/telur


Bahan:
1. Daging/ayam/telur
2. Bawang merah
3. Bawang putih
4. Merica
5. Jahe
6. Tomat
7. Daun bawang
8. Kapulogo
9. Buah peka
10. Kulit manis
11. Kecap manis
12. Penyedap
13. Kemiri
14. Jinten
15. Kentang
16. Garam

Cara memasak:
1. Semua bumbu (bawang merah dan putih, merica, jahe, kemiri, jinten, garam) di giling halus
2. Bumbu di goreng hingga kuning
3. Berikan air secukupnya lalu biarkan hingga mendidih
4. Masukkan kecap manis
5. Masukkan kapulogo, kulit manis, daun bawang, buah peka, daun bawang, tomat dan penyedap
6. Masukkan daging, biarkan hingga matang
7. Masukkan kentang, biarkan hingga matang
8. Semur siap di hidangkan

4. Pempek


Bahan:
1. 1 Kg sagu
2. 1/2 Kg gandum
3. 1/2 ikan atau 1/4 Kg teri (di giling halus)
4. Bawang merah
5. Bawang putih
6. Garam
7. Penyedap

Bahan untuk kuahnya:
1. Bawang putih
2. Cabe
3. Asem jawa
4. Gula merah
5. Cuka makan
6. Undang ebi
7. Timun yang di cacah kecil-kecil

Cara membuat:
1. Semua bumbu di giling halus
2. Aduk tepung gandum (di buat bubur) dengan ikan/teri lalu campur dengan bumbu
3. Buat bahan diatas menjadi berbagai jenis pempek (kapal selam, lenjer, dll) dengan dicampur tepung sagu
4. Untuk pempek kapal selam, maka telur di masukkan ke dalam adonan diatas.
5. Pempek selanjutnya di rebus
6. Setelah di rebus biarkan hingga cukup dingin dan mengeras lalu goreng
7. Pempek siap di hindangkan

***

Demikianlah tulisan ini saya buat, maaf kalau banyak kekurangannya. Semoga bermanfaat bagi Anda sekalian, karena salah satu wujud kecintaan kita pada tanah air ini adalah dengan mencintai masakan asli daerah.

Yogyakarta, 28 Maret 2011
Mashudi Antoro (Oedi`)

1. Semua bumbu (bawang merah dan putih, ketumbar, kunyit, cabe, garam, jahe) di giling halus
2. Ampas kelapa di sangrai
3. Santan kelapa di masak sampai kental/sampai keluar minyaknya
4. Masukkan kelapa sangrai, daun salam, daun jarut
5. Masukkan daging tunggu sampai kering airnya
6. Masukkan penyedap rasa secukupnya
7. Masak hingga lebih kurang 3 jam, kemudian rendang siap di hidangkan
Iklan

13 thoughts on “Resep Masakan Keluarga

      1. Eit… apaan neh… enak aja kompakan… Nin-q dunk yang masakin, tar aku tinggal makan… hihihihi… :d

  1. makasih info.resepna die,,,
    aq jg suka banget masak, so,,,
    siap tuk mencoba resep2 diatas nie kykna, terutama pempek, pengen belajar,,,
    heeeeee
    masak masak masak, yuuk’ss 🙂

    1. Iya sama, semoga bermanfaat.
      Wah bagus tuh kalu suka masak, syarat penting untuk di sayang suami… hehe 🙂
      Silahkan deh di coba resepnya… pasti bisa kok kalau sabar… trus InsyaAllah dijamin enak, cos aku sendiri sudah pernah coba…

    1. Okey… makasih atas kunjungan dan dukungannya, semoga bermanfaat.
      Hmmm…. ini menu emang maknyus banget kok… tanda kekayaan khasanah budaya bangsa kita…. 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s