Piring Terbang Buatan Iran

Posted on Updated on

Ilmuwan Iran belakangan mengklaim telah menciptakan piring terbang pertama, meskipun belum jelas seberapa tinggi objek itu mampu terbang. Media menyebut pesawat itu mirip UFO.

Sebenarnya piring terbang hasil karya manusia sudah pernah dibuat, seperti halnya Haunebu besutan NAZI (Baca: https://oediku.wordpress.com/2010/12/29/nazi-dan-sepak-terjangnya-yang-spektakuler/#more-2945). Namun, Iran telah memulai program kemandirian dalam industri pertahanan negara dan memprakarsai sejumlah proyek produksi perangkat keras militer, termasuk memproduksi kendaraan militer udara dan laut seperti kapal selam, kapal tempur, dan berbagai jenis rudal.

Pada hari Rabu (16/3-2011) waktu setempat, Iran memamerkan “piring terbang” buatan sendiri dalam sebuah ajang pameran teknologi strategis, demikian dilaporkan kantor berita tak resmi, Fars.

Zohal (Saturnus) adalah sebuah perangkat yang didesain dan dikembangkan secara gabungan antara Farnas Aerospace Company dan Iranian Aviation and Space Industries Association (IASIA). Benda terbang tersebut dilengkapi dengan sistem autopilot, GPS (Global Positioning System) dan dua sistem pengambil foto terpisah dengan kualitas gambar full high definition (HD) 10 megapixel. Selain itu, “piring terbang” tersebut memiliki sistem penstabil foto.

Menurut rencana, Zohal akan dipergunakan untuk melaksanakan sejumlah misi, sebagian besarnya terkait dengan data foto di udara. Perangkat tanpa awak tersebut juga mampu mengambil dan mengirimkan foto secara bersamaan.

Zohal juga memiliki perangkat navigasi dan sistem pengawasan portabel yang bisa dipergunakan untuk mentransmisikan data dan foto. Zohal bisa diterbangkan di dalam dan luar ruangan.

“Piring terbang” tanpa awak tersebut diluncurkan dalam sebuah upacara yang turut dihadiri oleh pemimpin tertinggi Revolusi Islam, Ayatullah Sayyed Ali Khamenei.

Kemudahan transportasi, peluncuran, dan penerbangan yang tidak berisik menjadi keunggulan tersendiri dari perangkat tersebut. Selain itu, ada proyek kedua yang juga diungkapkan kepada publik, yakni sebuah pesawat ringan untuk olahraga. Pesawat olahraga tersebut dirancang dan dikembangkan Dorna Aerospace Company. Pesawat tersebut bisa dipergunakan untuk penerbangan pribadi, patroli udara, dan pengintaian.

Oktober tahun lalu, Iran mengembangkan kapal laut yang bisa diterbangkan. Iran dan Amerika Serikat sama-sama terlibat aktivitas membangun kendaraan-kendaraan terbang hibrida yang diduga akan dimanfaatkan untuk patroli dan mata-mata.

Saat AS dikabarkan siap memamerkan sebuah Jip Humvee yang bisa terbang seperti helikopter, Iran dikabarkan sudah memiliki sejumlah skuadron pesawat-kapal pengintai kecil yang dinamai Bavar 2. Kedua jenis kendaraan “cangkokan” tersebut memang dirancang untuk dapat bergerak di dua medan dengan mudah. Di darat dan udara untuk helikopter Humvee AS dan udara serta air untuk pesawat-kapal milik Iran.

Fungsi dasar kendaraan milik AS tampaknya adalah sebuah Jip Humvee yang memiliki kemampuan tinggal landas dan mendarat secara vertikal. “Kapal terbang” milik Iran dirancang untuk dipergunakan dalam kegiatan patroli maupun pengintaian. Kendaraan itu agaknya juga mampu menghindari radar, diduga dengan terbang rendah.

“Gelombang tinggi tidak berpengaruh terhadap kapal-kapal itu, mereka bisa dipergunakan untuk operasi-operasi pengintaian dengan menggunakan kamera-kamera night vision dan sistem-sistem elektronik,” kata Menteri Pertahanan Iran Brigadir Jenderal Ahmad Vahidi seperti dikutip dari laman News.com.au.

Meski sejumlah pakar berpendapat bahwa kendaraan-kendaraan tersebut secara teknis mungkin saja lemah, dan dengan itu bisa bergerak dengan tanpa terdeteksi, kendaraan-kendaraan Iran membuat negara itu lebih unggul dalam kompetisi kombinasi kendaraan hibrida melawan Amerika, yang baru saja menandatangani konsep baru militer mereka.

***

Sungguh, persaingan teknologi akan kian ketat dari waktu ke waktu. Betapa tidak, sekarang satu per satu negara bermunculan dalam menunjukkan kemampuan teknologinya. Contohnya Iran sebagaimana penjelasan di atas, mereka telah menemukan jati dirinya seperti sedia kala (zaman kejayaan Persia dan Islam). Sehingga tidak menutup kemungkinan bahwa nanti akan menggeser dominasi Barat dalam kemajuan teknologi di masa yang akan datang.

Sekarang, bagaimana dengan Indonesia sendiri? Apakah kita khususnya generasi muda berniat untuk ambil bagian dalam percaturan teknologi dunia? Atau minimal lebih termotivasi untuk turut kreatif dan terus berusaha memajukan peradaban bangsa? Atau hanya akan selalu menjadi penonton dan konsumen?

Yogyakarta, 23 Maret 2011
Mashudi Antoro (Oedi`)

Referensi: http://konspirasi.com/peristiwa/iran-luncurkan-piring-terbang-mata-mata/

10 thoughts on “Piring Terbang Buatan Iran

    qarrobin said:
    Maret 23, 2011 pukul 2:13 pm

    Menurut saya, generasi muda di Indonesia banyak yang pinter fisika, sekarang tinggal dari presidennya, apakah mau menuju ke negeri teknologi? Kalo mau tinggal dipersiapkan, daripada uangnya buat korupsi!!!, lalu dikumpulin deh mereka-mereka yang mau menyumbangkan pikirannya untuk membuat UFO

      oedi responded:
      Maret 23, 2011 pukul 3:42 pm

      Terimakasih atas kunjungan dan dukungannya, semoga bermanfaat.
      Saya setuju dengan pendapat Anda, buktinya ada lebih dari 200 ilmuwan Indonesia yg tersebar di beberapa negara maju di dunia (baca: https://oediku.wordpress.com/2009/12/09/prestasi-terbaik-dan-terburuk-putra-putri-indonesia-di-kancah-dunia-internasional/). Tinggal para pemimpin lah yg bisa membawa bangsa ini menuju kejayaannya….
      Ctt: mungkin maksud Anda bukan UFO karena ini singkatan dari Unidentified Flying Object atau dalam bahasa Indonesia di kenal sebagai benda terbang tak dikenal. Jadi akan berbeda artinya bila pesawat itu kita sendiri yang membuatnya.

    Devi Anggelina. ST said:
    Maret 26, 2011 pukul 5:00 am

    LOWONGAN KERJA SAMPINGAN GAJI 3 Juta/MINGGU

    Kami mencari beberapa “partner” yang ingin bekerja dengan kami. Untuk Bekerja pada bagian “Entry Data”. Dengan kualifikasi pelamar sbb:
    1. Dapat mengoperasikan komputer+internet
    2. Jujur!! hal utama yang paling kita utamakan!!

    Kirimkan “Nama Lengkap” Anda beserta “alamat Email” Anda yang Aktif melalui website>> http://www.penasaran.net/?ref=cdizbb

    iklan ini terbatas..! hanya untuk 200 orang karyawan!!

      oedi responded:
      Maret 26, 2011 pukul 5:42 am

      Terimakasih kasih atas infonya…

    ahsan said:
    Agustus 19, 2011 pukul 7:37 am

    tentang piring terbang iran apa betul valid dan bisa dibuktikan?

      oedi responded:
      Agustus 22, 2011 pukul 4:54 am

      Silahkan di cermati kembali tulisannya…
      Terimakasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat… 🙂

    Bonar said:
    Februari 13, 2012 pukul 2:38 pm

    Sebagai orang Indonesia ga usah ikut-ikut an lah pamer teknologi yang ga ada juntrungnya..mending fokus ke teknologi masalah perut..coba pikirin bagaimana supaya padi umur panen nya di perpendek jadi satu bulan sudah bisa dipanen..sehingga satu tahun dapat 12 kali panen !!! BARU ITU NAMANYA TEKNOLOGI BUNG !!! OKE !!!

      oedi responded:
      Februari 14, 2012 pukul 6:44 am

      Okey.. terimakasih atas kunjungan, dukungan dan masukannya… semoga bermanfaat.. 🙂

    M.arifin lubis said:
    Desember 18, 2012 pukul 8:06 am

    Q Terkesan dgn pring terbang buatan iran..

    husni iqbal lubis said:
    Februari 26, 2013 pukul 2:41 am

    أنا أحب إيران!!!
    لا تخشى تهديد الولايات الأمريكية أن الشعب اليهودي
    nuklirmu استخدامها لتدمير جميع اليهود أنه لا يوجد بلد في العالم ini.berjuanglah allah.niscaya على الطريق سوف تجد أن الله وعد الجنة للعالم kita.Perang إلى 3 ستبدأ الإسلام VS يهودية ديك
    INDONESIA بلدنا دعمكم.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s