Buku: Kasihanilah Tangisan Hati

Posted on Updated on

Akhirnya setelah berselang 3,5 tahun menulis, selesai juga tugas dan tanggungjawabku untuk merampungkan delapan buah buku yang merupakan penjabaran dari Hakekat Dua Kalimat Syahadat. Dan mungkin memang semua sudah dikehendaki oleh Yang Maha Kuasa, yaitu Allah SWT bahwa buku yang terakhir ini (Kasihanilah Tangisan Hati) dapat diselesaikan tepat di tanggal turunnya Al-Qur`an (17 Ramadhan), 27 Agustus 2010 untuk waktu sekarang. Sedangkan buku yang pertama (Kajian Hati, Isyarat Tuhan) diselesaikan pada tanggal 27 Rajab dimana waktu itu terjadinya Isra` dan Mi`raj Nabi Muhammad SAW.

Berikut cuplikannya:

Segala pujian itu hanyalah milik Allah SWT. Tuhan yang memiliki kehendak atas segala sesuatu. Tuhan yang menguasai dan mengatur segala sesuatu menjadi sangat teratur dan merupakan berkah bagi setiap makhluk. Tuhan yang telah menciptakan segala sesuatunya sesuai dengan kehendak-Nya pula, tanpa ada yang bisa menyamainya. Shalawat beserta salam semoga senantiasa terlimpahkan kepada junjungan kita, yaitu Nabi Besar Muhammad SAW, keluarganya, beserta para sahabat, para tabi`in dan alim ulama yang shalih.

Amma ba`du!
Salam cinta dan kebahagiaan wahai engkau yang memiliki kebaikan. Karena berikut ini adalah buku yang disusun dalam sebuah hidayah dan perenungan. Sebuah buku yang hadir dalam upaya mengingatkan kita bersama akan kesalahan yang kerap dilakukan selama ini.

Alhamdulillahi robbil `alamin, kembali saya haturkan kepada Allah SWT atas segala bentuk karunia hidayah dan perenungan ini. Atas segala bentuk cinta dan kasih sayang-Nya, sehingga buku yang terakhir ini dapat diselesaikan. Buku ini sesuai dengan judulnya, maka merupakan sebuah kesimpulan yang diambil dari semua penjelasan yang terdapat di ketujuh buku sebelumnya. Mulai dari buku; Kajian Hati, Isyarat Tuhan (huruf Alif), buku; Ratapan Hidup dalam Kehidupan (huruf Sin), buku; Mustika Ilmu dan Pengobatan Jiwa (huruf Lam), buku; Ketulusan Kajian Kata Hati (huruf Ha), Cinta Dua Kalimat Syahadat (huruf Nun), buku; Hakekat dan Kesempurnaan Huruf Hijaiyah (huruf Mim), buku; Ojo Ngepuk Jayaning Mrutu (huruf Dal). Sedangkan untuk buku; Kasinahilah Tangisan Hati ini, maka ia akan menerangkan makna dari huruf Ro`, sehingga menjadi lengkaplah penjabaran dari hakekat delapan buah huruf yang terdapat di dalam Dua Kalimat Syahadat.

Hakekat huruf Ro` yang dijelaskan dalam buku ini sejatinya adalah sebuah hasil kebaikan yang akan didapatkan seseorang ketika ia sudi mengikuti isi dan penjelasan yang terdapat di ketujuh buku sebelumnya. Untuk itulah, hakekat dari buku ini akan sama dengan huruf Ro` yang terdapat di dalam dua kalimat syahadat, dengan intinya adalah rahmat dari Allah SWT. Rahmat yang bisa didapatkan ketika seorang hamba tetap mengikuti aturan-Nya dan menjauhi semua bentuk larangan-Nya.

Dalam setiap pembahasan, maka akan diberikan berbagai contoh tentang sikap dan perilaku yang sering diabaikan oleh seorang manusia, padahal itu sangat penting. Sedangkan untuk dapat menjelaskan dalam bentuk yang utuh, maka dikupaslah setiap permasalahan itu di dalam dua sisi, yaitu antara sisi kebaikan dan keburukan. Setelahnya, lantas diberikan rangkuman yang akan berhubungan dengan jasadiah dan ruhaniah setiap diri manusia.

Buku; Kasihanilah Tangisan Hati ini setidaknya saya tuliskan sebagai konsumsi pribadi saya sendiri. Sayalah orang pertama yang mengambil banyak manfaat dari kandungan buku ini. Setiap kali membaca ulang rangkaian kalimatnya, maka selama itu pula betapa saya menyadari bahwa kita adalah seorang hamba yang begitu banyak melakukan kesalahan dan kecil dihadapan Allah SWT. Sehingga ketika selesai membaca kedelapan buku yang telah dituliskan, maka semakin pula saya yakin dan terbukalah cakrawala keimanan terhadap hakekat dari dua kalimat syahadat (Asyhadu anlah Ilaaha illaallah wa Asyhadu anna muhammadar rasuulullah: Aku bersaksi tiada Tuhan selain Allah dan aku bersaksi bahwa Muhammad itu adalah utusan Allah). Oleh sebab itulah, jangan sekali-kali merasa kuasa dan menganggap diri lebih dari yang lainnya. Apalagi melakukan kesombongan dan takabbur kepada Allah SWT.

”…….,”Ya Tuhanku berilah ampun dan berilah rahmat, dan Engkau adalah pemberi rahmat yang paling baik” (QS. Al-Mu`minuun [23] ayat 118)

Demikianlah hakekat cinta yang saya torehkan di dalam rangkaian kalimat dibuku ini. Semuanya merupakan pergerakan kehidupan yang saya sendiri tidak bisa menghindarinya, melainkan tetap berjalan di atas rel yang telah ditentukan-Nya. Semoga menjadi kebaikan dan ridha yang baik bagi kita semua. Amin.

Kutanamkan di dalamnya sebuah mutiara nan indah
Berbinar terang di hati mereka yang shalih
Mendendang merdu di cuping telinga yang rindu akan cinta,
Cinta pada Sang Khalik yang kuasa dalam kehendak-Nya

Yogyakarta, 27 Agustus 2010
Mashudi Antoro (Oedi`)

[Kutuliskan buku ini bagi mereka yang ingin mencapai haq demi kebenaran]

4 thoughts on “Buku: Kasihanilah Tangisan Hati

    Irkifear said:
    September 8, 2010 pukul 4:49 pm

    Assalamu’alaikum.
    Mas, kalau boleh tau, yang nulis buku itu Mas ya?
    Jadi Mas seorang penulis?

      oedi responded:
      September 17, 2010 pukul 1:08 pm

      Wa`alaikumsalam….
      Alhamdulillah memang saya yang menulis buku ini, buku yang sederhana….
      Hmm… saya cuma hobi corat-coret aja, kebetulan bisa terabadikan dalam rangkaian panjang di dalam buku-buku….

    ahmad said:
    Mei 21, 2013 pukul 12:23 am

    mas gmn caranya untuk pesan buku2nya

    Sonny said:
    Desember 17, 2016 pukul 4:26 am

    Assalamu’alaikum wr. wb.
    Semoga kasih dan cinta Allah slalu menjadi penuntun kita sampai kita kembali kepadaNya, Di mana saya bisa mendapatkan peket buku itu?

    Terimakasih,
    Wassalamualaikum wr. wb.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s