10 Lubang paling misterius dan unik di dunia

Posted on Updated on

Kali ini saya akan mengajak Anda untuk membahas tentang lubang-lubang yang paling misterius dan unik di dunia. Lubang-lubang ini sebagian besarnya terbentuk secara alami dan merupakan keajaiban alam. Berikut lubang-lubang tersebut:

1. The Door to Hell-Uzbekistan
“The door to hell”, begitulah sebutan orang-orang untuk tempat yang satu ini. Tempat ini disebut begitu karena bentuknya yang aneh seakan-akan terhubung dengan inti bumi. Situs yang terletak di dekat kota kecil Darvaz di Uzbekistan ini tergolong aneh jika dibandingkan dengan lubang-lubang dunia yang lain.

Dibilang aneh karena tidak seperti lubang2 yang lain, lubang yang satu ini diselimuti oleh api yang terus-terusan menyala tanpa henti. Konon, sudah lebih dari 35 tahun api tersebut tetap menyala. Apa yang membuatnya bisa dapat terus menyala?

Menurut para peneliti dan geologist, lubang tersebut adalah keajaiban. Dia tidak mengeluarkan gas-gas yang beracun, tidak seperti kebanyakan lubang2 raksasa lainnya. Seharusnya karena kedalamannya yang sangat dalam lubang tersebut mengeluarkan gas beracun, tapi yang ini tidak.

Banyak spekulasi yang merebak terkait proses pembentukan lubang ini. Ada yang bilang ini adalah keajaiban alam. Ada yang mengatakan bahwa ini bekas tempat meteor berskala sedang jatuh. Ada juga yang mengatakan bahwa ini akibat dari kecelakaan pada pengeboran eksplorasi gas alam pada tahun 1986 yang menimbulkan ledakan besar, ini adalah bekas ledakan tersebut. Namun tidak satupun teori yang dapat dibenarkan.

Apakah sebenarnya yang terjadi sehingga menciptakan fenomena alam seperti ini? Apa yang membuat api tersebut dapat menyala hingga bertahun-tahun?

2. Kimberley Hole – Afrika Selatan
Lubang Besar Kimberley berada di Afrika Selatan dan lubang ini mencapai kedalaman 1.097 meter dan garis tengah lubang ini adalah 463 meter. Lubang ini adalah yang terdalam yang pernah digali manusia di atas bumi ini. Dari tahun 1866 hingga 1914 (ditutup pemerintah) sebanyak 50.000 penambang telah menggali lubang ini dan menghasilkan lebih dari 3 ton berlian. Jumlah tanah yang terbuang oleh penambangan diperkirakan sekitar 22,5 juta ton.

3. Glory Hole – Monticello Dam, California
Lubang ini merupakan spillway terbesar di dunia, digunkan apabila air sudah melebihi kapasitas waduk dan harus dikurangi volumenya. Dengan ukuran ini memungkinkan untuk mengkonsumsi 14.400 kubik air setiap detik.  Lokasi lubang ini berada di Bendungan Monticello, California, Amerika.

Coba perhatikan lubang pada bagian kiri gambar di atas, jika Anda melompat ke dalam maka Anda akan keluar dari pancaran air di dekat bagian bawah bendungan (Gambar di bawah).

4. Bingham Canyon Mine – Utah
Lubang ini dibuat manusia untuk pertambangan. Pengerukan dimulai pada tahun 1863 dan masih terus berlangsung sampai dengan hari ini. Pada saat ini ukuran lubang adalah dengan kedalaman 0,75 mil dan lebar 2,5 mil.

5. Great Blue Hole – Belize
Fenomena geografis yang luar biasa ini dikenal sebagai “Blue Hole” terletak 60 mil di bagian daratan Belize. Terdapat banyak “blue hole” di seluruh dunia, tetapi tidak seperti yang menakjubkan ini. Pada permukaan diameter lubang adalah 0,25 mil, dengan kedalaman mencapai 145 meter. Dengan jelas bisa diamati dengan menyelam.


6. Mirny Diamond Mine – Serbia
Banyak orang telah melihat lubang satu ini. Mereka berpendapat bahwa penambangan intan ini hasil perbuatan manusia terburuk yang pernah ada di dunia. Pada kedalaman 525 meter dan diameter atas 1200 meter, bahkan telah ditetapkan larangan terbang di atas zona lubang karena beberapa helikopter pernah jatuh kedalam lubang tersebut.

7. Diavik Mine – Canada
Lubang yang luar biasa ini dapat ditemukan di 300km timur laut dari Yellowknife di Kanada. Ini adalah tambang yang sangat besar dan daerah yang jauh sehingga ia bahkan telah memiliki sendiri bandara dengan landasan yang cukup besar untuk menampung sebuah Boeing 737. Hal itu juga terlihat sama ketika air di sekililingnya membeku.

8. Sink Hole – Guatemala
Pada tahun 2007 terjadi sebuah sink hole atau lubang sedalam 300 kaki yang sanggup menelan Patung Liberty.  Sinkhole disebabkan ketika air (air hujan atau kotoran biasanya) di dalam bumi hilang pada skala besar, sehingga menyebabkan perubahan tekanan dari bawah, ketidakstabilan alam dan menyebabkan permukaan tanah “collaps” atau runtuh ke dalam bumi,  menenggelamkan belasan rumah dan menewaskan setidaknya 3 orang.

9. Lubang misterius menyerupai gua besar di Antartika
Adakah markas militer rahasia atau markas alien di Antartika ? Sebuah struktur berbentuk lubang pintu terlihat di sebuah bukit batu bersalju di Antartika. Lubang itu sepertinya dibuat oleh tangan-tangan manusia.

Posisi lubang itu adalah 66 33′ 11.58″S, 99 50′ 17.86″E. Apakah lubang itu hasil buatan tangan manusia, ataukah hanya sebuah lubang yang tercipta karena ganasnya alam Antartika ?

Foto dibawah ini adalah foto yang diambil tanggal 23 Februari 2006 dibandingkan dengan foto yang diambil setelahnya. Pada foto 23 Februari 2006, lubang itu belum ada atau tertutup oleh salju. Tapi hari-hari berikutnya ketika salju tersingkir, terlihatlah sebuah lubang yang luar biasa besar.

Setelah dilakukan pengukuran, maka pintu lubang itu diperkirakan memiliki tinggi sekitar 30 meter dengan lebar 90 meter. Cukup besar untuk keluar masuk pesawat terbang.

Sudah lama beredar isu kalau militer Amerika memiliki markas rahasia di Antartika. Bahkan Nazi juga pernah dikabarkan membangun markas di tempat itu. Namun Tidak ada yang mengetahui pasti kebenarannya.

Walaupun bentuk lubang itu memang menarik perhatian, saya rasa belum tentu juga lubang itu buatan tangan manusia. Bukankah Alam juga pandai membuat gua-gua yang indah ?

10. Mel’s Hole-Washington (Amerika)
Mel’s hole adalah sebuah lubang yang berada di satu bagian dari kota kecil di Washington bernama Manastash Ridge. Pertama kali ditemukan oleh Mel waters, lubang berdiameter 9 kaki itu mengandung misteri. Karena diduga, lubang tersebut tidak berujung!

Sejak ditemukan, penduduk sekitar menjadikannya sebagai tempat pembuangan sampah. Yang membuat orang-orang tersebut heran adalah meraka tidak pernah mendengar sampah-sampah yang mereka buang menyentuh dasar. Mel mencoba untuk mengukur sendiri kedalaman lubang tersebut dengan tali pancing. Hingga menyentuh angka 80 ribu kaki mel tidak menemukan dasarnya. Dia pun langsung mengkontak sebuah stasiun radio terkenal untuk melaporkan hal ini. Pemerintah diduga mencoba membungkam Mel dengan menyuruhnya pindah ke Australia. mel’s Hole dikabarkan mampu menghidupkan hewan yang sudah mati.

Yogyakarta, 21 Juni 2010
Mashudi Antoro (Oedi`)

Sumber :
* http://rensenpelawi.blogspot.com/2009/09/door-to-hell.html
* Rejeki Sipahutar,
* http://babesajabu.wordpress.com/2009/06/21/7-lubang-ajaib-di-dunia/
* http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4361010
* http://feedproxy.google.com/~r/Strov/~3/F7-iVbNpLwY/5-tempat-paling-misterius-di-amerika.html

65 thoughts on “10 Lubang paling misterius dan unik di dunia

    SO linux said:
    Juni 21, 2010 pukul 7:18 pm

    salam kenal…. blognya keren artikelnya juga mantapp mas..

    di tunggu kunjungan baliknya..

    terima kasih…

      oedi responded:
      Juni 23, 2010 pukul 1:28 am

      Salam kenal juga…
      Syukurlah kalau beranggapan seperti itu, terimakasih atas kunjungan dan dukungannya di blog ini…
      Okey… InsyaAllah secepatnya saya akan berkunjung….

    intan said:
    Juni 22, 2010 pukul 2:40 am

    assalamualaikum..

    artikelnya baguss.bermanfaat banget..
    boleh saya share bwt mading di kampus ga?
    syukron..

      oedi responded:
      Juni 23, 2010 pukul 1:33 am

      Wa`alaikumsalam….
      Terimakasih atas kunjungan dan dukungannya di tulisan ini…
      Oh… silahkan saja kalau emang mau di share di mading kampus…. itukan wujud dari keimanan…. saya malah seneng banget…

    addon said:
    Juli 24, 2010 pukul 2:38 am

    asikk tambah pengetahuan bozzz

      oedi responded:
      Juli 24, 2010 pukul 12:00 pm

      Terimakasih atas kunjungan dan dukungannya di tulisan ini. semoga bermanfaat.

    Vira Anggriawan said:
    Juli 25, 2010 pukul 5:10 am

    artikelnya bagus banget ijin shared ya..?

      oedi responded:
      Juli 27, 2010 pukul 1:34 pm

      terimakasih atas kunjungan dan dukungannya di tulisan ini,
      oh ya silahkan saja, semoga bermanfaat.

    ulan_drem said:
    Agustus 30, 2010 pukul 3:27 am

    bagus2.. artikelnya.. penuh dengan ilmu pengetahuan..
    BTW.. anak gunung jg ya mas…?? hehe .. mantabslah..

      oedi responded:
      September 4, 2010 pukul 9:06 am

      Terimakasih atas kunjungan dan dukungannya, semoga bermanfaat.
      Syukurlah jika Ulan merasakan hal itu sebab tanpa ilmu dan pengetahuan apa jadinya dunia ini?hehe…
      Anak gunung? monyet dong??? hehe…. Kebetulan aja suka dengan petualangan terutama alam bebas…. Ulan sendiri gmna??

    dwi tbn said:
    Oktober 20, 2010 pukul 6:26 am

    krenz abis artikelnya mas

    PaNdAn kAkAsHi aGiNiEpA said:
    Oktober 29, 2010 pukul 12:27 pm

    bUmI KitA mEmAnG pEmnUh tEkA tEki, SeMu HaL trsebuT TIDAk biSa kiTa DuGa DeNgAn mEngirA,21 , sEmUa iT AdaLaH RaHmAt TUHaN yAnG pALiNg INDAH,.,,,

      oedi responded:
      November 1, 2010 pukul 11:35 am

      Betul sekali yg Anda katakan, semuanya adalah misteri yang merupakan tanda-tanda kebesaran-Nya, agar kita senantiasa mengaca diri dan selalu ingat pada-Nya…
      Terimakasih atas kunjungan dan dukungannya di tulisan ini, semoga bermanfaat.

    beneictus said:
    Desember 2, 2010 pukul 10:44 am

    sangat mengerikan

      oedi responded:
      Desember 2, 2010 pukul 1:50 pm

      Haha… begitu ya…
      Pokoknya terimakasih atas kunjungan dan dukungannya, semoga bermanfaat.

    hawin said:
    Desember 7, 2010 pukul 3:20 am

    very2 scare subhanallah,itu kebesaran allah

      oedi responded:
      Desember 8, 2010 pukul 5:48 am

      Okey, makasih untuk kunjungan dan dukungannya, semoga bermanfaat.

    tony said:
    Januari 26, 2011 pukul 1:25 pm

    gak ngomong opo opo wes

      oedi responded:
      Januari 27, 2011 pukul 3:55 am

      Okey deh… Terimakasih atas kunjungan dan dukungannya, semoga bermanfaat.

    swordstalker said:
    Februari 15, 2011 pukul 10:10 am

    saya paling ngeri ngebayangin kalo saya jatoh ke mel’s hole…hiii

      oedi responded:
      Februari 15, 2011 pukul 1:56 pm

      Hehe… saya juga takut banget… panas tuh…
      Makasih atas kunjungan dan dukungannya, semoga bermanfaat.

    idan said:
    Maret 24, 2011 pukul 7:29 am

    ngeri juga yah???

      oedi responded:
      Maret 24, 2011 pukul 8:34 am

      Hehe… kalu di bilang ngeri iya juga sih… tp untung ga pernah langsung lihat di TKP..
      Makasih atas kunjungan dan dukungannya, semoga bermanfaat.

    arif said:
    Mei 5, 2011 pukul 9:04 am

    wah,, ru bc nih artikel tntng lobang2 bgtuan..
    Luar biasa kebesaranNya..

      oedi responded:
      Mei 5, 2011 pukul 11:22 am

      Ya begitulah sekali lagi Tuhan menunjukkah betapa Dia adalah Yang Maha Kuasa, dengan tujuan agar kita tetap tunduk dan patuh pada perintah-Nya.
      Okey… terimakasih atas kunjungan dan dukungannya, semoga bermanfaat

    PENDEKAR said:
    Mei 12, 2011 pukul 2:51 am

    KWKWKKWKWKWK LUMAYAN JUGA GAN !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!1 SIP DEH

      oedi responded:
      Mei 13, 2011 pukul 1:17 am

      Okey gan, makasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat.

    agira said:
    Juni 6, 2011 pukul 4:13 pm

    ok……..bgt wat nambh pengetahuan…..!

      oedi responded:
      Juni 8, 2011 pukul 1:31 pm

      Siip… makasih atas kunjungan dan dukungannya, semoga bermanfaat

    Cun Clalu Cndri said:
    Agustus 23, 2011 pukul 6:11 pm

    gag nyangka lho…… keren maz…

      oedi responded:
      September 8, 2011 pukul 5:06 am

      Oh ya?? wah terimakasih untuk kunjungan dan dukungannya… semoga bermanfaat.. :)

    Omeg said:
    November 7, 2011 pukul 2:01 pm

    Gw udah banyak baca blog blog tempat misterus dan lubang lubang terdalam di dunia

      oedi responded:
      November 10, 2011 pukul 4:53 am

      Oh ya? wah bagus tuh… kalau bersedia, bagi2 informasinya dunk… :)
      Terimakasih…

    Dina_Sectio said:
    November 13, 2011 pukul 7:29 am

    bagus banget infonya juga bermanfaat banget…..thanks infonya

      oedi responded:
      November 15, 2011 pukul 4:17 am

      Okey, terimakasih atas kunjungan dan dukungannya, semoga bermanfaat.. :)

        satrio said:
        Januari 9, 2012 pukul 5:40 pm

        Like aja bos
        sukses

        oedi responded:
        Januari 16, 2012 pukul 12:15 pm

        Seep.. makasih atas kunjungan dan dukungannya, semoga bermanfaat…. :)

    fazrin said:
    April 25, 2012 pukul 6:26 am

    wah bagus infonya jadi kepengen liat langsung

      oedi responded:
      April 25, 2012 pukul 2:22 pm

      Wah syukurlag kalau merasa demikian, terimakasih atas kunjungan dan dukungannya, semoga bermanfaat.. :)
      Saya doakan suatu saat nanti bisa berkunjung dan lihat langsung kesana… :)

    Al Misky said:
    Mei 13, 2012 pukul 4:42 am

    Informasinya Kereeenn!!

      oedi responded:
      Mei 14, 2012 pukul 5:27 pm

      Wokey.. makasih atas kunjungan dan dukungannya, semoga bermanfaat.. :)

      ihsan_heBat said:
      November 5, 2012 pukul 9:38 am

      Wah aku baru tau di suruh tugas kaya begini

        ihsan_heBat said:
        November 5, 2012 pukul 9:42 am

        Wah aku baru tau di suruh tugas kaya begini sungguh bagus ya

    abah oge said:
    Juli 31, 2012 pukul 3:54 pm

    ubang hidung kita juga sangat misterius mas…

    arif rahman hakim said:
    Agustus 30, 2012 pukul 10:23 am

    huuft ngeri jg y kalo msk k lubang itu

    I LOVE GIRL’S GENERATION

      oedi responded:
      September 4, 2012 pukul 4:40 am

      Hmmm… iya jelas, mengerikan sekali tuh.. jangan ampe deh.. :)
      Okey.. makasih atas kunjungan dan dukungannya, moga bermanfaat.. :)

    andremuslim said:
    September 10, 2012 pukul 12:02 am

    Maha Besar Alloh…
    syukron ilmunya Mas

      oedi responded:
      September 10, 2012 pukul 6:53 am

      Tiada yang sebanding dengan kekuasaan-Nya
      Okey, terimakasih juga mas Andre, karena masih mau berkunjung di blog ini, semoga tetap bermanfaat.. :)

        ihsan_heBat said:
        November 5, 2012 pukul 9:47 am

        kk ko mirip sih lubang Mirny Diamond Mine-Serbia sama lubang Diavik Mine -Canada yang besar yang mana ya?

        ihsan_BanDuNg said:
        November 5, 2012 pukul 9:50 am

        ha ha aku ihsan_heBat

        XetiK_BrigXer said:
        November 5, 2012 pukul 9:59 am

        kk umur berapa?

        RocK_StaR said:
        November 5, 2012 pukul 10:01 am

        wah bagus-bagus gambarnya kk

        RocK_StaR said:
        November 5, 2012 pukul 10:02 am

        Ah jawab kk

    E l i s s a D a r a (@daraelissa) said:
    September 21, 2012 pukul 9:08 am

    KEREN BANG .____.)b Subhanallah sekali ya ‘-‘) izin copas hehe :D ._.)v

      oedi responded:
      September 21, 2012 pukul 9:11 am

      Makasih ya sudah mau berkunjung, semoga bermanfaat.. :)
      Oh silahkan aja di share, tapi tolong tetap sertakan sumber tulisannya ya… :)

    PKBM "BERLIAN" said:
    Oktober 2, 2012 pukul 3:24 pm

    Reblogged this on PKBM "BERLIAN".

    Nyala said:
    Oktober 29, 2012 pukul 1:03 am

    Mantap

    adilbudiyanto said:
    November 19, 2012 pukul 2:25 pm

    seram juga ya!!!

      oedi responded:
      November 20, 2012 pukul 5:20 am

      Ya begitlah adanya… bisa dibilang seram tapi bisa juga gak.. tergantung sih.. hehe.. :)
      Okey.. terimakasih atas kunjungan dan dukungannya, semoga bermanfaat.. :)

    Munawar said:
    Februari 11, 2013 pukul 8:31 am

    terimakasi banyak atas tulisan n postingannya, semoga bermanfaat untuk kita yang membacanya.
    salam kenal

      oedi responded:
      Februari 26, 2013 pukul 9:36 am

      Iya sama2… semoga bermanfaat…
      Terimakasih juga atas kunjungan dan dukungannya.. salam kenal kembali… :)

    karin said:
    Februari 16, 2013 pukul 1:35 pm

    wah, keren. nambah pengetahuan.
    izin copas boleh?

    Andika said:
    Februari 28, 2013 pukul 1:20 pm

    Makasih sob, artikelnya keren abis n sangat bermanfaat. jadi nambah wawasan ni :D

    www.asianpussysex.com said:
    Mei 28, 2013 pukul 6:18 pm

    I’m really enjoying the design and layout of your website. It’s a very
    easy on the eyes which makes it much more enjoyable for
    me to come here and visit more often. Did you hire out
    a developer to create your theme? Outstanding work!

    jokobramistyo@yahoo.com said:
    Agustus 1, 2013 pukul 6:05 am

    mrinding lihat lubang2 besar gtu,,,,,,tmbah wawasan tu sob,,,good job

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s