Kota-Kota Berpengaruh di Dunia Sejak Zaman Kuno Hingga Sekarang

Para pembaca yang budiman, mari sejenak kita arahkan pandangan ke sejarah kota-kota tertua di dunia. Tujuannya untuk bisa mengetahui sejarah dan perannya dalam kehidupan manusia. Karena saat ini kota-kota tua tersebut masih berpopulasi dengan baik dan masih memiliki pengaruh yang sangat kuat dalam kehidupan modern.

1. Mekkah
Mekkah atau Makkah al-Mukarramah, Arab: ( مكة المكرمة) atau juga dikenal dengan nama Makkah adalah kota utama di Arab Saudi yang merupakan kota tujuan utama kaum muslim dalam menunaikan ibadah haji. Di sana terdapat bangunan utama Ka’bah yang merupakan patokan arah kiblat untuk shalat kaum muslimin di seluruh dunia serta prosesi Ibadah haji. Keutamaan kota Mekkah selain tempat lahirnya Nabi Muhammad SAW juga terdapat Masjidil Haram dengan Ka’bah di dalamnya di mana sabda Nabi: “Shalat di masjidil Haram memiliki pahala 100000 x”

Geografis
Kota Mekkah terletak sekitar 600 km sebelah selatan kota Madinah, kurang lebih 200 km sebelah timur laut kota Jeddah tepatnya pada koordinat 21°25′24″LU,39°49′24″BT. Koordinat: 21°25′24″LU,39°49′24″BT. Kotanya merupakan lembah sempit yang dikelilingi gunung gunung dengan bangunan Ka’bah sebagai pusatnya. Dengan demikian, pada masa dahulu kota ini rawan banjir bila di musim hujan sebelum akhirnya pemerintah Arab Saudi memperbaiki kota ini dan merenovasi kota ini. Seperti pada umumnya kota kota di wilayah Arab Saudi, kota ini beriklim gurun.

Ekonomi
Kota Mekkah dikenal sebagai kota dagang, pada masa lalu dikenal dengan jalur perdagangan antara Yaman-Mekkah-Madinah-Damsyiq (Damaskus) dengan penghasilan sekali pemberangkatan kafilah mencapai 600.000 pound. Selain dikenal kota dagang, ekonomi juga bertumpu dengan pertanian dan peternakan serta pelayanan jasa untuk jemaah haji diantaranya usaha perhotelan dan penginapan.

Pendidikan
Sebagai pusat agama Islam selain Madinah, kota ini memiliki pusat pusat pendidikan dan pengajaran agama Islam.

Sejarah
Kota Mekkah adalah kota tertua di dunia, karena Adam AS sebagai manusia pertama pernah tinggal disini. Namun seiring berjalanannya waktu dan berkembangnya umat manusia, maka kota ini sempat terlupakan. Hingga pada akhirnya perkembangan kota ini tidak terlepas dari keberadaan Nabi Ismail AS dan ibunya yaitu Hajar yang ditempatkan disini oleh Nabi Ibrahim AS atas perintah Allah. Pada perkembangannya muncul orang orang Jurhum yang akhirnya tinggal di sana. Pada masa berikutnya kota ini dipimpin oleh Quraisy yang merupakan kabilah atau suku yang utama di Jazirah Arab karena memiliki hak pemeliharaan terhadap Ka’bah. Suku ini terkenal dalam bidang perdagangan bahkan pada pasa itu aktivitas dagang mereka dikenal hingga Damaskus, Palestina dan Afrika. Tokoh sebagai kepala kabilah quraisy adalah Qussai yang dilanjutkan oleh Abdul Muthalib. Nabi Muhammad adalah keturunan langsung dari Nabi Ismail serta Qussai.

Pada tahun 671, Nabi Muhammad lahir di kota ini dan tumbuh dewasa. Pertama kali menerima wahyu dari Allah namun ajarannya ditolak kaumnya yang saat itu masih berada dalam kegelapan pemikiran (Jahilliyah) sehingga berpindah ke Madinah. Setelah Madinah berkembang, akhirnya nabi Muhammad kembali ke Mekkah dalam misi membebaskan kota mekkah tanpa pertumpahan darahyang dikenal dengan (Fathul Makkah).

Pada masa selanjutnya Mekkah berada di bawah administrasi khalifah yang berpusat di Madinah, serta para raja yang saat itu berkuasa di Damaskus (Dinasti Ummayyah), Baghadad (Dinasti Abbasiyah) dan Turki (Usmaniyah) yang ketika itu di bawah Syarif Hussein. Kemudian disatukan di bawah pemerintahan Arab Saudi oleh Abdul Aziz ibnu Saud sampai sekarang yang merupakan pelayan kedua kota suci.

Kota-kota dalam Ibadah Haji
Selain Mekkah, kota atau daerah yang digunakan dalam peribadatan haji yakni Mina, Muzdalifah dan Arafah, kemudian terdapa kota atau daerah yang digunakan para jemaah haji untuk memulai prosesinya antara lain Bir Ali atau Dzulkulaifah yang berada di luar kota Madinah sebagai patokan jamaah yang berasal dari Madinah, serta Qarnul Manazil atau Yalamlam bagi jemaah haji yang masuk dari arah Yaman.

Mekah, Ka’bah dan Sumber air zamzam sekarang
Mekah sekarang berpenduduk sekitar 1,3 juta orang dan saat musim haji bisa bertambah 3 kali lipat. Pelindung dan penguasa dari Mekah dan Madina sejak tahun 1986 adalah raja Saudi. Sejak tahun 2005 adalah Abdullah ibn Abdulaziz Al Sa’du. Urusan kehakiman kota berdasarkan Sariah dan dilakukan oleh pengadilah kadi.
Ka’bah (artinya kubus, dadu) juga disebut dengan nama Baitullah, Baitul Atiq atau rumah tua adalah bangunan berukuran 12 x 10 x 15 meter. Di atasnya ditutup oleh kain hitam yang disebut kiswah. Kiswah ini setiap tahun diganti dengan yang baru, di atasnya dihiasi oleh surat-surat Al Quran dari emas dan perak setinggi 3 sampai 4 meter.

Karena dengan kelembaban udara hampir 90%, hiasan ini lekas memucat dan memudar dan menjadi hitam karena peraknya beroksidasi sehingga tidak heran setiap tahun tidak hanya hiasannya saja tapi juga seluruh kiswah harus diganti. Di pabrik Kiswah ini bekerja 100 laki-laki sepanjang tahun untuk menyelesaikan kain ini. Mereka pergunakan setiap tahunnya kurang lebih 400 kg benang emas dan perak, yang lebih tipis dari seperrtiga milimeter dan dari emas murni 999 karat dan perak.

Di dalamnya ada hajjar aswad (artinya batu hitam) terletak di pojok Selatan Ka’bah. Dikabarkan batu hitam ini adalah meteorit tapi ada pula yang mengatakan batu ini adalah hadiah dari malaikat Jibril.

Nama zamzam berasal dari Zomë Zomë, yang artinya ‘berhenti mengalir’. sumur Zamzam terletak kurang lebih 20 meter di sebelah Timur Ka’bah. Sumur zamzam ini dibor oleh tangan dengan kedalaman kurang lebih 30,5 m, dengan kisaran diameter dalam 1,08 sampai 2,66 m. Secara hidrologis, sumur ini terletak di Wadi Ibrahim, yang mengalir membelah Mekah, dan keran air tanah dari aluvium wadi, seperti badan batu karang dasar yang segar.

Bagian atas yang 13,5 meter dalam aluvium berpasir dari wadi Ibrahim dan 17 meter di badan karang dasar diorit. Diantaranya ada 0,5 meter tebal karang (weathered) yang sangat permeable. Jumlah muslim yang mengunjungi Mekah telah naik secara dramatis di 3o tahun terakhir, dari sekitar 400.000 per tahun di pertengahan tahun 1970.

2. Damaskus di Siria


Damaskus merupakan ibukota negara Siria yang mempunyai warna tersendiri dalam sejarahnya sepanjang 12.000 tahun lalu. Merupakan daerah subur yang dialiri oleh sungai Barada dan merupakan daerah sasaran penjajah ataupun penaklukan raja-raja dahulu kala. Jumlah penduduk mencapai 4 juta jiwa hingga sekarang, dan sebagian besar tersusun atas kumpulan kanal air, sehingga membentuk kawasan hijau. Sejak tahun 1979, UNESCO menetapkan Damaskus sebagai situs warisan dunia.

3. Aleppo di Siria

Kota Aleppo terletak pada posisi strategis di antara sungai Efrat dan laut Mediterania sehingga menjadikannya pusat perdagangan pada era klasiknya. Pada awalnya para arkeolog cukup sulit untuk menentukan umur kota ini, mengingat bangunan modern sekarang yang berdiri terletak tepat diatas situs peninggalan kuno kota tersebut. Sejarah kota ini cukup tragis, pada tahun 1138 dihantam oleh gempa bumi dan menewaskan sekitar 230.000 orang, Apes nya lagi saat kota sendang giat-giatnya untuk merekonstruksi setelah gempa, malah ditaklukkan oleh Mongol pada tahun 1260, 1280 dan terakhir oleh Tamerlene pd thn 1400.

Di zaman modernnya, kota ini merupakan salah satu yang paling berkembang pesat, apalagi setelah pada abad 13 sebuah Benteng berukuran raksasa dibangun dengan bentuk seperti kawah gunung berapi. Lihat gambar diatas.

4. Gaziantep di Turki

Gaziantep merupakan kota tertua peradaban asli Hittie, yang merupakan salah satu peradaban terbesar yang pernah ada dan mendorong serta bekerja sama dengan kebudayaan Mesir kuno selama berabad-abad. Hittie merupakan kebudayaan yang pertama kali mampu menempa dan melebur serta menghasilkan besi dalam skala besar, yang pasti nya tentu saja untuk armada perangnya. Sebelum Hittie, Gaziantep juga pernah dikuasai oleh Akkadians sekitar 5000 tahun yang lalu.

Gaziantep sekarang memiliki populasi sekitar 1,5 juta penduduk, dan seperti biasa ekspansi properti dunia Barat masuk untuk membeli semua properti kuno yang ada, untuk dialihfungsikan sebagai kawasan wisata.

5. Jericho di Tepi Barat


Kota kuno Jericho merupakan kota tertua di dunia yang berbenteng atau memiliki sistem pertahanan dinding, sebagai bukti batu yang digunakan berumur 9000 tahun menurut penelitian yang ada. Jauh sebelum tembok kota runtuh menurut kesaksian yang ada di Al-Kitab, para arkeolog melakukan penggalian dan meyakini bahwa 11.000 tahun yang lalu telah ada populasi di kota ini.

6. Susa di Iran


Kota bersejarah di Iran yang telah berdiri sejak tahun 8000 SM ini, telah berulang kali beralih kekuasaan antara lain dari Elamite, Babylonia, Achaemenian, Yunani kuno, Phartian, Sasanian dan terakhir Persia. Pada masa sekarang kota ini dikenal dengan nama Shush dan merupakan tempat ditemukannya kode Hammurabi (sebuah kode yang dibuat oleh Hammurabi tentang struktur pemerintahan) terdiri dari 282 hukum dan 35 kode lainnya.

7. Plovdiv di Bulgaria


Kota ini berubah-ubah namanya mengikuti nama penakluknya, mulai dari nama Eumolpias, berubah menjadi Philippoupolis (penaklukkan oleh Phillip II dari Macedonia, bokapnya Alexander Agung pada tahun 342 SM). Seratus tahun berlalu, Philippoupolis berganti nama menjadi Trimontium, kembali menjadi Philippoupolis, berganti menjadi Paldin, Filibe dan akhirnya Plovdiv. Sekarang kota ini dihuni oleh sekitar 380.000 rumah, merupakan kota kedua terbesar di Bulgaria, tertua di Eropa Timur jika dihitung dari usianya yg mencapai 9000 tahun.

8. Yerusalem/Yerushalayim/Al-Quds


Kota suci bagi tiga agama di dunia, Yahudi, Kristen dan Islam yang berusia 5000 tahun ini telah mengalami beberapa kali peristiwa tragis, antara lain dua kali dihancurkan, dikepung oleh musuh sebanyak 23x, diserang sebanyak 52x, ditaklukan dan menaklukkan kembali sebanyak 44 kali.

9. Tyre di Libanon


Kota yang penuh dengan tembok pertahanan ini terletak di pantai Libanon, sebenarnya dulu merupakan pulau terpisah dari daratan besarnya. Hingga akhirnya ketika Alexander Agung membangun sebuah jalan setapak yg menghubungkan kedua pulau guna melancarkan serangannya maka seiring dengan berjalannya waktu, dan perubahan ketinggian laut maka pulau bersatu dengan daratan utama yakni Libanon. Kota ini merupakan kota ke empat terbesar di Libanon ini berusia 6000 tahun.

10. Biblos di Libanon

Kota Biblos, merupakan pusat kepadatan penduduk di Libanon sejak 7000 tahun yang lalu. Namun mulai maju pesat sejak 3200 tahun yang lalu, pada saat kota ini mempunyai peranan penting dalam perdagangan era Papyrus. Fakta nya adalah bahwa kata Byblos berarti Papyrus dlm bahasa yunani, yg merupakan nama sebuah daun sbg bahan ‘kertas’ yg digunakan untuk menulis untuk pertama kalinya, dimana daun ini sendiri berasal dari Mesir. Dari kata Byblos ini juga merupakan kata dasar dari Bibliography

Pada masa Phoenicians, yg merupakan dedengkotnya perdagangan pd masa kuno dulu, Biblos telah berganti nama beberapa kali diantaranya Gubla, Gubel dan mempunyai nama Arab yakni Jbeil.

11. Beirut di Libanon


Beirut yang dibangun sejak 3500 tahun yang silam, dan berdasarkan penemuan arkeologi terakhir bahkan lebih tua daripada itu yakni sekitar 5000 tahun ini, dulunya bernama Berytus. Sekarang ini kota Beirut sudah menjadi sebuah kota modern metropolis dengan jumlah penduduk sebanyak 2 juta jiwa.. Fakta sejarah modern sepertinya lebih mendominasi daripada fakta sejarah kuno dari kota ini. Sejarah perang saudara dan invasi Israel pada tahun 1982.

12. Athena di Yunani

Kota dengan jumlah penduduk 4 juta jiwa ini merupakan kota ke 5 terpadat penduduknya di Uni Eropa. Merupakan pelopor gaya hidup modern, terbukti dengan zaman keemasaannya di masa Yunani kuno (Kemegahan Acropolis dan phartenon nya) Kota ini dulunya tidak selalu identik dengan kemegahan karena pada awal abad 19 mengalami kemunduran dengan hanya menyisakan beberapa ribu jiwa penduduk. Semua nya berubah ketika Athena dijadikan sebagai ibukota Yunani pada tahun 1834, Kota ini kembali membangun hingga menjadi tuan rumah Olimpiade tahun 2004.

13. Lisbon di Portugal


Kota yang dikenal sebagai kota pelabuhan sejak tahun 1200 SM, strategis untuk perdagangan dan militer pada jamannya namun pernah hancur total akibat gempa bumi dan tsunami pada tahun 1755 yang menelan sekitar 10.000 jiwa penduduknya. Namun kota ini dengan cepat membangun, sehingga mampu bertahan sampai sekarang dan maju. Klub sepakbola nya Ok juga tuh : Sporting Lisbon

14. Varanasi di India


Merupakan kota religius dan budaya berumur 3000 tahun, lebih dari sejuta peziarah agama Hindu dari seluruh dunia datang ke kota ini setiap tahunnya untuk mengikuti upacara keagamaan dan berenang di sungai Gangga. Kota yang selalu diperebutkan dalam beberapa abad ini, setiap jengkal tanahnya selalu dibangun bangunan baru, dan bangunan lama dipugar kembali mengikuti aslinya dan berkembang mengikuti pengaruh zaman.

15. Cholula di Meksiko


Merupakan kota peninggalan zaman Aztec dimana terkenal dengan piramid Teotihuacan. Kota ini berpenduduk sekitar 100.000 jiwa. Di sini juga terdapat piramid terbesar di dunia yang pernah dibuat oleh manusia

16. Faiyum di Mesir

Kota di Mesir yang sudah berdiri sejak 6000 tahun yang lalu ini, pada awalnya sangat bergantung dengan yang namanya Sungai Nil. Pada zaman Kejayaan Pharaoh, kota ini dikenal sebagai Crocodilopolis, yaitu sebagai pusat penyembahan dewa buaya -Sobek-. Pada zaman penjajahan Roma, pendududk Faiyum mengenal seni lukis istimewa yang dikenal enkaustik. Bahan sejenis lilin digunakan untuk pewarnaan lukisan bagi yang meninggal dan dilukis pada peti mati (ada tuh gambar nya wajah seorang wanita) detail tentang lukisan ini :
http://en.wikipedia.org/wiki/Faiyum_mummy_portraits


Sekarang kota ini berpenduduk sekitar ratusan ribu jiwa dan dikelilingi oleh sistem kanal yang tertata dengan baik. Yang paling menarik adalah kanal pertama dibangun pada tahun 1800 SM pada zaman Pharaoh Amenemhat.

Yogyakarta, 19 Maret 2010
Mashudi Antoro (Oedi`)

Sumber:
Kaskus.com, http://id.wikipedia.org/wiki/Mekkah

Iklan

2 thoughts on “Kota-Kota Berpengaruh di Dunia Sejak Zaman Kuno Hingga Sekarang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s