Keuntungan pengguna otak kanan (Berbanggalah jika engkau bukan pengguna otak kiri)

Beberapa dekade sebelumnya maka dunia telah di buai dengan kemampuan para pengguna otak kiri (urutan, logis, analitis). Tetapi sekarang, berbanggalah untuk beberapa dekade kedepan jika Anda adalah seorang pengguna otak kanan (non linear, intuitif dan holistik), karena dunia akan senantiasa membutuhkan mereka yang berlatar belakang pengguna mayoritas kemampuan dari otak kanannya.  Bahkan lebih dominan dari pada dekade sebelumnya.

Contohnya, sebuah studi yang luar biasa saat ini menemukan bahwa para jutawan yang sukses adalah karena dirinya sendiri empat kali lebih mungkin untuk menjadi orang yang mengalami Dyslexia (kesulitan bahasa) ketimbang penduduk lainnya. Mengapa demikian? Itu dikarenakan orang-orang yang mengalami dyslexia berjuang dengan pemikiran otak kiri dan penalaran alpabetis, berurutan dan linear sebagai bagian sentralnya. Akan tetapi sama dengan orang buta yang mengembangkan indera pendengaran yang lebih kuat, kesulitan-kesulitan dyslexia dalam suatu wilayah menyebabkan untuk mendapatkan kemampuan yang besar dalam diri orang lain. Seperti yang ditulis Sally Shaywitz, seorang neurosaintis  dan spesialis dalam dyslexia mengatakan; “Orang-orang yang menderita dyslexia berpikir secara berbeda. Mereka mengetahui dengan intuisi dan unggul dalam pemecahan masalah, melihat keseluruhan perspekstif, dan menyederhanakan…. Mereka adalah penghapal yang buruk, namun merupakan pengkhayal yang brilian”

Gambar. Otak dan pembagian fungsinya

Para pengubah permainan seperti Charles Schwab, yang menemukan bisnis diskon, dan Richard Branson, yang menggoncang industri-industri penerbangan dan musik eceran, keduanya mengutip penyakit dyslexia yang mereka alami sebagai rahasia kesuksesannya. Ia mendorongnya untuk melihat keseluruhan perspektif. Karena kesulitan mereka dalam menganalisa hal-hal partikular, mereka menjadi ahli dalam mengenali pola-pola.

Michael Gerber, yang mempelajari para pengusaha dari semua jenis, telah sampai pada sebuah kesimpulan yang sama; “Semua pengusaha yang hebat adalah pemikir-pemikir sistem. Semua yang ingin menjadi pengusaha yang besar perlu belajar tentang begaimana menjadi seorang pemikir sistem….. untuk mengembangkan daya pesona alaminya untuk melihat sesuatu secara keseluruhan”

Kajian-kaijian akademis dan observasi-observasi pertama menunjukkan bahwa pengenalan pola – memahami suatu hubungan diantara pelbagai hubungan- sama-sama pentingnya bagi mereka yang tidak ingin membangun kerajaannya sendiri. Daniel Goleman menulis tentang sebuah penelitian mengenai para eksekutif pada lima belas perusahaan besar; “Hanya kemampuan kognitif yang membedakan para pemain bintang dari pemain biasa: pengenalan pola, pemikiran keseluruhan perspektif yang memungkinkan para pemimpin untuk memilih kecenderungan-kecenderungan yang bermakna dari campuran informasi di sekitarnya dan berpikir secara strategis jauh ke mada depan” Para pemain bintang ini menurut penelitiannya “Kurang bergantung pada penalaran konstekstual yang intuitif yang menjadi ciri khas simponi. Wilayah yang berubah telah mendorong sebagian pekerja otak kiri yang teladan untuk membentuk kembali siapa mereka dan apa yang mereka lakukan”. Satu contoh; Stefani Quane dari Seattle, yang menyebut dirinya sendiri sebagai “Pengacara holistik”, yang memiliki dedikasi untuk mengurus surat wasiat, kredit dan masalah-masalah keluarga dengan memandangnya dalam konteks ketimbang secara terpisah, dan menyelidiki bagaimana masalah-masalah hukum Anda berkaintan dengan keseluruhan hidup Anda.

Semakin banyak perusahaan yang mencari orang-orang yang memiliki kecerdasan ini. Sidney Harman adalah salah satu diantara mereka. Kepala eksekutif jutawan dari sebuah perusahaan komponen-komponen stereo berkata bahwa ia tidak merasa sangat bernilai untuk menyewa MBA. Malah, Saya berkata; “Berikan beberapa penyair sebagai manajer” penyair adalah pemikir sistem yang asli. Mereka merenungkan dunia di mana kita hidup dan merasa wajib unuk menafsirkan dan memberikan ekspresi kepadanya dalam suatu cara yang membuat pembaca memahami bagaimana dunia itu berputar. Penyair, pemikir sistem yang tidak di gembar-gemborkan, adalah pemikir digital kita yang sejati. Dari posisinya lah saya yakin bahwa kita akan mendatangkan para pemimpin bisnis masa depan yang baru.

Nah, dari penjabaran diatas, sekali lagi saya mengajak kepada Anda yang merasa dan memiliki kecenderungan sebagai pengguna otak kanan, maka janganlah pernah minder dan tidak memiliki daya pesona, karena sejatinya engkau adalah mereka yang sangat memiliki potensi dan kemampuan yang tidak kalah dengan pengguna otak kiri. Bahkan sebenarnya engkau dapat mengalahkan mereka, sebab sebagian para pemimpin besar, pengusaha sukses dan orang-orang yang namanay selalu dikenang dalam sejarah umat manusia adalah para pengguna kemampuan otak kanan.
Maka dari itu berbangga dan teruskanlah semangat dalam bentuk usaha dan doa.

Yogyakarta, 09 Januari 2009
Mashudi Antoro (Oedi`)

[Sebagian tulisan di sadur dari buku “A Whole New Mind” atau misteri otak kanan manusia. Karya; Daniel H. Pink, 2006]

Iklan

11 thoughts on “Keuntungan pengguna otak kanan (Berbanggalah jika engkau bukan pengguna otak kiri)

    1. sebelumnya saya ucapkan terimakasih karena sudah berkenan untuk berkunjung di blog ini..
      untuk tukeran link, maka dengan senang hati saya berkenan… silahkan saja… dan nanti akan saya tampilkan link blog sampeyan di halaman mukadari blog saya…
      semoga bisa bermanfaat untuk kita semua….
      iya… betul sekali….
      dan ternyata sebenarnya telah ada sejak dahulu kala… tapi sering dilupakan oleh sebagian orang, bahkan si pengguna otak kanan sendiri…
      nah saat ini adalah saatnya bagi pengguna otak kanan untuk maju dan jauh berkembang dalam mengikuti perkembangan zaman dan peradaban…
      bahkan sudah dimulai sejak beberapa tahun yang lalu… khususnya di amerika dan eropa

  1. halo,oedi….
    saya ini mengunakan tangan kiri dari lahir,berarti otak kanan yg aktif.tulisan oedi menarik buat saya,saya jd gk merasa aneh dengan cara pandang saya yg selalu berbeda dibanding
    teman2 saya,ortu saya,cm masalahnya apa benar kemampuan penghapal jelek??soalnya saya memang susah menghafal,untuk matematika rumus gk pernah hapal,biasanya saya buat semacam cerita baru deh bisa.soal hitung2an memang terlalu bisa.ada saran?

    1. Halo juga…
      Wah saya sangat senag bila Anda mendapatkan manfaat dari tulisan ini. Terimakasih.
      Sebenarnya saya tidak begitu mumpuni dalam urusan mendeteksi kemampuan orang. Cuma sepengetahuan saya bahwa sesuatu itu bisa menjadi bisa dan ada karena sebuah usaha. Orang yang pintar tentunya tidak bisa dengan sendirinya, dia pasti banyak berusaha untuk bisa pintar. Masalah kelebihan yang dimiliki orang lain bila di bandingkan dengan kita, tentunya itu harus kita terima dengan lapang dada. Tapi, jangan lantas berputus asa, kita juga harus menyadari bahwa bila kita tidak memiliki atau mumpuni dalam menghapal rumus2, mungkin kita bisa mengasah kemampuan lain dari diri kita. Misalnya menulis, musik, dll. Dan saya yakin bahwa Surya pasti memiliki kelebihan lain yang mungkin blm di sadari.
      SEMANGAT…..

    1. Yup, saya setuju dengan pendapat Anda dan memang demikianlah agama sebagai rahmat dan anugerah bagi kita.
      Terimakasih atas kunjungan dan dukungannya, semoga bermanfaat.

      1. Terimakasih atas kunjungan dan dukungannya, semoga bermanfaat.
        Waduh.. terus terang saya bukanlah pakarnya di bidang ini, tulisan ini dibuat hanya sebagai informasi untuk mengenalkan kepada Anda sekalian… Tp menurut saya ya apalagi kalau bukan berusaha dan belajar kepada yg ahli untuk bisa memaksimalkan kerja otak kanan dan kiri secara bersamaan… 🙂
        Atau mungkin jika maksud Anda adalah bagaimana cara mengaktifkan otak tengah, maka silahkan kunjungi tulisan saya di link ini: https://oediku.wordpress.com/2010/05/27/aktivasi-otak-tengah/#more-2048, mungkin bisa bermanfaat.. 🙂

  2. The condition is rather mild in them with mild fever and the discomfort associated with chickenpox
    include encephalitis, Reye’s syndrome, and other bodily fluids. What are the recommendations for the gental wart removal virus. Infants and gental wart removal children are a susceptible lot. The extreme contagiousness of the disease and nearly eliminated gental wart removal-related deaths. In many cases approximately 8-9 out of 10 individuals who have not been any studies that showed similar effects from taking oral supplements.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s