Tanda-tanda Kiamat

Telah dinyatakan bahwa tanda-tanda kiamat adalah satu petunjuk atau isyarat yang sudah bisa dipastikan akan terjadi. Namun berdasarkan kehendak-Nya pula maka kapan waktu itu akan terjadi tidak ada yang dapat mengetahuinya, karena hanya Allah SWT seorang yang mengetahui rahasia terbesar itu.

“Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: “Bilakah terjadinya?” Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. kiamat itu amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba”. mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan tentang hari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui”. (QS. Al-`Araaf [7] ayat 187)

Sebagian ulama telah mengira tanda-tanda kiamat ini, mereka menemui lebih dari 90 tanda walaupun berbeda menurut para penghitungnya. Didapati kini bahwa seluruh tanda-tanda kecil telah muncul dan terbukti seperti yang dinyatakan dalam hadits (sabda Nabi Muhammad SAW)  sendiri. Kebanyakan hadits-hadits ini dapat ditemukan di dalam Sahih Muslim, Sahih Bukhari dan Riwayat Tarmizi.

Adapun tanda-tanda menurut dalil tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Penaklukan Baitulmuqaddis

Dari Auf bin Malik r.a., katanya, “Rasulullah SAW telah bersabda: ”Aku menghitung enam perkara menjelang hari kiamat.” Baginda menyebutkan salah satu di antaranya, yaitu penaklukan Baitulmuqaddis.” – Sahih Bukhari[1]

  • Zina merajalela

“Dan tinggallah manusia-manusia yang buruk, yang seenaknya melakukan persetubuhan seperti himar (keledai). Maka pada zaman mereka inilah kiamat akan datang.” – (Sahih Muslim)

  • Merajalelanya alat musik

Pada akhir zaman akan terjadi tanah runtuh, rusuhan dan perubahan muka. Ada yang bertanya kepada Rasulullah; “Wahai Rasulullah bila hal ini terjadi?” Baginda menjawab; “Apabila telah bermaharajalela bunyi-bunyian (muzik) dan penyanyi-penyanyi wanita” – (HR. Ibnu Majah)

  • Menghias masjid dan membanggakannya

“Di antara tanda-tanda telah dekatnya kiamat ialah manusia bermegah-megahan dalam mendirikan masjid” – (HR. Nasai)

  • Munculnya kekejian, memutuskan kerabat dan hubungan dengan tetangga tidak baik

“Tidak akan datang kiamat sehingga banyak perbuatan dan perkataan keji, memutuskan hubungan silaturahim dan sikap yang buruk dalam tetangga.” – (HR. Ahmad dan Hakim)

  • Banyak orang sholeh yang meninggal dunia

“Tidak akan datang hari kiamat sehingga Allah mengambil orang-orang yang baik dan ahli agama dimuka bumi, maka tiada yang tinggal padanya kecuali orang-orang yang hina dan buruk yang tidak mengetahui yang makruf dan tidak mengingkari kemungkaran (Hadits Riwayat Ahmad)

  • Orang hina mendapat kedudukan terhormat

“Di antara tanda-tanda semakin dekatnya kiamat ialah dunia akan dikuasai oleh Luka’ bin Luka’ (orang yang bodoh dan hina). Maka orang yang paling baik ketika itu ialah orang yang beriman yang diapit oleh dua orang mulia” – (HR. Thabrani)

  • Mengucapkan salam kepada orang yang dikenalnya saja

“Sesungguhnya di antara tanda-tanda telah dekatnya hari kiamat ialah manusia tidak mahu mengucapkan salam kepada orang lain kecuali yang dikenalnya saja.” – (HR. Ahmad)

  • Banyak wanita yang berpakaian tetapi hakikatnya adalah telanjang

Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a. :

“Di antara tanda-tanda telah dekatnya hari kiamat ialah akan muncul pakaian-pakaian wanita dan apabila mereka memakainya keadaannya seperti telanjang.”

  • Bulan sabit kelihatan besar

“Di antara tanda-tanda telah dekatnya hari kiamat ialah menggelembung (membesarnya) bulan sabit.” – (HR. Thabrani)

  • Banyak dusta dan tidak tepat dalam menyampaikan berita

“Pada akhir zaman akan muncul pembohong-pembohong besar yang datang kepadamu dengan membawa berita-berita yang belum pernah kamu dengar dan belum pernah didengar oleh bapa-bapa kamu sebelumnya, kerana itu jauhkanlah dirimu dari mereka agar mereka tidak menyesatkanmu dan memfitnahmu” – (Sahih Muslim)

  • Banyak saksi palsu dan menyimpan kesaksian yang benar

“Sesungguhnya sebelum datangnya hari kiamat akan banyak kesaksian palsu dan disembunyikan kesaksian yang benar” – (HR. Ahmad)

  • Negara Arab menjadi padang rumput dan sungai-sungai kembali

“Tidak akan datang hari kiamat sehingga negeri Arab kembali menjadi padang rumput dan sungai-sungai.” – (Sahih Muslim)

  • Banyaknya sifat bohong dan itu menjadi perkataan biasa. Jarak-jarak antara pasar menjadi dekat (menunjukkan banyaknya kegiatan perdagangan)

“Banyaknya sifat bohong, pendeknya waktu, dekatnya jarak-jarak antara pasar-pasar.” – (HR. Bukhari)

  • Manusia mewarnai rambut di kepalanya dengan warna hitam supaya kelihatan muda

“Pada akhir zaman akan muncul suatu kaum yang mencelupi rambut mereka dengan warna hitam seperti ‘bulu merpati’ yang mereka itu tidak akan mencium bau syurga.” – (Sahih Abu Daud & Nasai)

  • Kekayaan umumnya dikuasai oleh segelintir orang tanpa kebenaran dan tanpa rasa takut, dan banyak orang mengambil harta secara tersembunyi (korupsi).

-haditsnya di bawah-

  • Berkurangnya sifat amanah

-haditsnya di bawah-

  • Terasa berat untuk menjalankan syariah (zakat dijadikan hutang)

-haditsnya di bawah-

  • Lelaki mentaati isterinya tetapi mendurhakai ibunya

-haditsnya di bawah-

  • Lelaki berkasar dengan bapaknya tetapi beramah dengan rekannya

-haditsnya di bawah-

  • Suara manusia meninggi (menjerit dan berteriak) di masjid-masjid

-haditsnya di bawah-

  • Pemimpin suatu kaum adalah keji dan pemimpin suatu suku adalah fasik

-haditsnya di bawah-

  • Lelaki dihormati bukan karena budi dan kebaikan tetapi karena takut akan kejahatannya

“Dari Ali dan Abu Hurairah r.a.: “Apabila harta rampasan perang (milik umum) dikuasai segelintir orang sahaja, barang amanah menjadi rampasan, harta zakat menjadi hutang, seorang lelaki mentaati isterinya dan menderhakai ibunya, berbuat baik kepada temannya dan berbuat kasar kepada bapanya, suara-suara tinggi di masjid-masjid, yang menjadi pemimpin suatu kaum (bangsa) adalah orang yang hina (berkelakuan/bersifat keji) di antara mereka dan orang yang menjadi ketua suatu suku (kabilah) adalah orang fasik di antara mereka, seorang lelaki dihormati kerana takut jahatnya, arak biasa diminum, sutera biasa dipakai (oleh lelaki), munculnya penyanyi perempuan dan alat-alat muzik, orang yang di kalangan umat terkemudian akan melaknat (mengutuk) umat terdahulu, maka ketika itu hendaklah mereka menunggu kedatangan angin merah atau pembalikan bumi atau keburukan bentuk-bentuk atau tanda-tanda yang beriringan seperti tali yang putus maka jatuhlah biji secara berterusan”. – (HR. Tarmizi)

  • Pemimpin yang terdiri dari orang yang jahil dan fasik

-haditsnya dibawah-

  • Anggota polis (dewan yang terhormat dan aparat pemerintah) semakin ramai yang menunjukkan semakin banyak kerusakan

– haditsnya dibawah-

  • Mendahulukan lelaki menjadi imam bukan karena ilmu tetapi kerana suara

– haditsnya dibawah-

  • Jual beli jabatan atau kepemimpinan (politik wang)

– haditsnya dibawah-

  • Memandang rendah kepada darah (pertumpahan darah dianggap biasa saja)

Rasulullah bersabda: “Bersegeralah untuk melakukan amal sholeh apabila telah muncul enam perkara: perlantikan pemimpin yang bodoh, ramainya bilangan anggota polis, penjualan kepemimpinan, tiada penghargaan terhadap darah, pemutusan silaturrahim, orang mabuk menjadikan al-Qur`an sebagai alat nyanyi yang mereka mendahulukan seseorang antara mereka menjadi imam agar dapat menyanyikannya walaupun orang tersebut paling sedikit ilmunya.” – (Sahih Riwayat Tabrani & Ahmad)

  • Seorang isteri bekerja dalam satu syarikat dengan suaminya tetapi sang isteri berpangkat lebih tinggi

Dari riwayat Ibnu Masud: “Di pintu gerbang (dekatnya) hari kiamat: Salam hanya kepada orang yang khusus (sudah dikenalinya), tersebar dan berkembangnya perdagangan sehingga seorang isteri membantu suaminya berdagang” – (Sahih Lighairihi Riwayat Ahmad)

  • Munculnya gaya hidup mewah dan manja di kalangan umat Islam

“Apabila umatku berjalan dengan sombong dan yang melayani mereka adalah putera-puteri raja, putera-puteri Parsi dan Rom, maka orang yang paling buruk akan berkuasa terhadap orang yang paling baik (pilihannya).” – (HR. Tarmizi, Sahih Abdullah ibnu Umar r.a.)

  • Orang fasik dimuliakan sedangkan orang mulia dan terhormat direndahkan

“Sungguh hebat dia, sungguh jarang orang seperti dia dan sungguh pintar dia sedangkan di dalamnya tidak ada iman sedikitpun” – (HR. Bukhari, Muslim, Ahmad, Tarmizi, Ibnu Majah)

  • Banyak orang berharap untuk mati karena banyaknya kekacauan ataupun kesengsaraan

“Tidak akan berlaku kiamat sehingga apabila seorang lelaki melalui sebuah kubur maka ia akan berkata: ‘Aduhai seandainya aku juga berada ditempatnya.’” – (HR. Bukhari dan Muslim)

  • Banyaknya terjadi gempa bumi

-haditsnya dibawah-

  • Banyaknya terjadi huru-hara yang menyebarkan kejahatan

-haditsnya dibawah-

  • Banyaknya terjadi kerusuhan dan pembunuhan

“Kiamat tidak akan berlaku kecuali apabila ilmu telah diangkat, banyaknya berlaku gempa bumi, timbulnya huru-hara dan banyak pergaduhan yaitu pembunuhan” – (Sahih Bukhari)

Demikianlah sekelumit tanda-tanda dari kiamat yang telah Allah SWT janjikan. Ia akan datang dengan tanpa diketahui kapan itu akan terjadi. Hanya Allah SWT lah yang mengetahui rahasia terbesar itu. Sehingga dengannya marilah wahai saudaraku yang budiman, mari sejak saat ini kita senantiasa memperbaiki diri, mengikuti setiap perintah dan aturan dari-Nya. Sebagai bekal kelak bagi kita ketika menghadap-Nya di yaumil akhir.

Jgy, 01 Desember 2009

Mashudi Antoro (Oedi`)

[Disadur dari beberapa sumber bacaan]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s