Kiamat di tahun 2053 ?? (Pendapat Para Ilmuan tentang Hari Kiamat)

Posted on Updated on

kiamat 1

Dalam kuasa-Nya, Allah Swt telah menciptakan milyaran atau bahkan lebih banyak lagi jumlah bintang di bawah kolong langit-Nya. Saking banyak jumlahnya hingga tidak bisa untuk dihitung meski dengan segala macam kemampuan manusia. Bintang-bintang tersebut kemudian membentuk sebuah kumpulan yang akhirnya diberi nama Galaksi (Galaxy). Dan diperkirakan terdapat lebih dari 300 milyar galaxy yang ada di alam jagat raya ini. Begitu banyaknya jumlah galaxy itu sehingga sampai saat ini meski dengan semua kemampuan yang ada maka akal manusia tidak bisa memperkirakan seberapa luas bentangan alam jagat raya itu.

Terdapat banyak galaksi dan hanya Allah saja yang tahu jumlahnya. Salah satunya adalah galaksi Bimasakti dimana bumi kita berada didalamnya. Pusat dari galaksinya adalah matahari dengan bintang yang berjumlah sekitar 250 milyar dan senantiasa berputar mengelilinginya. Kumpulan planet-planet yang bergerak mengitari matahari disebut dengan nama Tata Surya (Solar system). Sedangkan putaran planet terhadap pusat galaksi dikenal dengan istilah “Orbital atau orbit”.

Atas kehendak Allah jua galaksi-galaksi itu diciptakan kemudian berputar dalam jangka waktu, kecepatan serta arah yang dikehendaki. Begitupula dengan galaksi lain yang memiliki pusatnya sendiri. Namun jika kita rajin mendengar keterangan-keterangan dari NASA, maka mereka pernah mengatakan bahwa sudah banyak planet yang berbalik arah putarannya. Jika pada planet bumi kita ini maka matahari masih terbit dari arah timur, maka beberapa tahun ini terdapat fenomena baru yang menurut mereka planet lain sudah mulai berbalik arah dan matahari terbit dari arah barat. Kemudian menurut para ilmuan dari sekian banyak planet yang berbalik arah berputarnya itu maka mereka menemukan adanya planet dari galaksi lain yang bergerak memasuki orbit dalam solar system (tata surya) kita. Planet baru ini kemudian diberi nama Planet X (Nibiru).

Planet X ini tertarik (ditarik) oleh gaya gravitasi matahari yang besar dalam tata surya kita, sehingga kemudian ia masuk ke dalam orbit planet-planet dalam keadaaan berbalik arah, dan diperkirakan bahwa suatu saat nanti planet X ini akan bertabrakan dengan bumi.

Sejak ditemukan tahun 2003 lalu para ilmuan menyebutkan akan dibutuhkan waktu 50 tahun lebih untuk planet X (Nibiru) ini bisa memasuki orbit tata surya kita. Meskipun demikian berarti kiamat boleh saja terjadi pada tahun 2053? Karena dari sisi ilmiah, inilah pertanda akhir zaman mendekati kiamat, sebagaimana petunjuk Rasulullah Saw. Sungguh hanya Allah-lah yang Maha Mengetahuinya dan kita sebagai umat manusia hanya diberi mata, otak dan akal untuk melihat tanda-tanda kebesaran-Nya itu.

5Gambar 1. Masuknya planet X (Nibiru) pada tata surya kita.

Lintasan planet Nibiru (planet X/planet kesepuluh) ke dalam tata surya merupakan bukti ketidakterhinggaan semesta yang berperan mendatangkan kiamat di bumi. Gempa-gempa bumi terkuat dalam sejarah manusia modern akan terjadi di seluruh dunia. Setelah inti bumi berhenti bergerak untuk sejajar dengan magnet planet X, kekuatan jangkauan gempa bisa lebih besar dari 9 skala Richter. Meskipun akan dirasakan berbeda di berbagai tempat di bumi karena tergantung pada konfigurasi batu di bawahnya. Gunung es di kutub Antartika akan terbelah dan mencair sehingga menimbulkan gelombang pasang yang sangat dahsyat, menghanyutkan apa saja yang disapunya. Bahkan gelombang Tsunami pun menjadi monster di abad milenium ini.

kiamat 3Gambar 2. Bentuk lintasan planet X (Nibiru).

Bencana dahsyat bumi itu diperkirakan bisa terjadi karena Planet X melintasi tata surya kita. Planet X pada masa ini memang sedang melewati orbit bumi. Planet X itu adalah planet Humongous (tak terkira besarnya) yang memiliki massa sekitar seratus kali lipat lebih besar daripada bumi. Inti magnetisnya memiliki kekuatan yang sedemikian dahsyatnya sehingga bertabrakan dengan medan-medan magnet planet lain di dalam tata surya kita. Dibawah ini adalah gambaran perbandingan besar planet Bumi di banding planet X (Nibiru)….

kiamat 4Gambar 3. Perbandingan besar planet Bumi di banding planet X

Gangguan elektromegnetik atas planet-planet lainnya itu yang mendasari para ahli perbintangan modern melacak eksistensi planet X. Perubahan itu memang dapat dianggap benar disebabkan oleh melintasnya planet X. Apapun dugaannya, yang pasti dari penelitian terakhir barulah dapat diketahui bahwa planet X itu benar-benar terdeteksi sebagai penyebab perubahan maha dahsyat di bumi secara positif.
Bagaimana mungkin planet yang sedemikian jauhnya dapat memicu perubahan cuaca dan efek-efek bumi lainnya yang terkait?

kiamat 5Gambar 4. Terhalangnya medan magnet matahari oleh planet X.

Seperti ini logikanya, matahari yang mengatur medan magnet bumi terhalang oleh lintasan planet X. Gerakan planet X yang memasuki tata surya telah menyebabkan inti bumi memanas akibat adanya tambahan gerakan berputar di dalamnya. Saat ini bumi terpengaruh menyelaraskan dirinya dengan ekuilibrium yang ada dalam tata surya. inti bumi yang memanas itulah yang membawa pada pola-pola cuaca yang tak dapat diperkirakan dan meningkatkan aktifitas gunung-gunung berapi serta seismik. Gempa-gempa pun sering terjadi. Daerah pegunungan terancam bahaya lahar. Panas dari inti bumi juga dikeluarkan melalui selimut bumi dan pada akhirnya mencapai lapisan bumi dimana dasar laut pun ikut menghangat. laut-laut yang menghangat akan membuat perubahan pada arus-arus laut, curah hujan dan pola-pola meteorologis lainnya menjadi tidak teratur.

Mungkin benginilah nanti terjadinya kiamat, dimana satu persatu planet saling bertabrakan dan Allah Swt telah berfirman di dalam Al-Qur`an berulang kali tentang kejadian yang maha dahsyat itu. Manusia hanya ibarat kapas yang beterbangan, gunung-gunung akan berhamburan, dan seluruh planet akan bertabrakan.
Subhanallah, maha Suci Engkau ya Allah dengan segala kebenaran firman-Mu yang disampaikan lewat insan mulia yaitu Nabi Muhammad Saw agar kami yang melihat tanda-tanda kebesaran itu lantas patuh kepada-Mu. Dan hanya bagi manusia yang munafik saja yang tidak melihat-Nya.
Allah berfirman dalam surat Al-Waaqi`ah [56] ayat 1-6:
“1.Apabila terjadi hari kiamat, 2.Tidak seorangpun dapat berdusta tentang kejadiannya. 3.(Kejadian itu) merendahkan (satu golongan) dan meninggikan (golongan yang lain), 4.Apabila bumi digoncangkan sedahsyat-dahsyatnya, 5.Dan gunung-gunung dihancur luluhkan seluluh-luluhnya, 6. Maka jadilah ia debu yang beterbangan”

Saudaraku sekalian, jika benar tabrakan ini yang mengawali datangnya hari kiamat, maka berikutnya hanya Allah Swt saja yang bisa mengetahui dan menghendakinya. Dan jika informasi dari para ilmuan ini salah, maka hendaklah kita ambil sebagai renungan dan iktibar serta muhasabah kita kepada Allah Swt, sebagaimana telah banyak ayat-ayat Al-Qur`an yang mengatakan seperti itu.

Sebagai umat Rasulullah maka kita harus membaca, memelihara dan menyebarkan isi Al-Qur`an. Perkara kiamat cepat atau lambat datangnya adalah mutlak milik Allah Swt saja yang tahu dan bukan urusan kita. Yang penting bagi diri kita adalah menyiapkan bekal untuk menghadapi hari kiamat itu dan terlebih ketika kelak menghadap Allah di hari pertanggungjawaban.

Semoga kita senantiasa menjadi hamba yang senang terhadap sunnah kehidupan dan hanya mengharap ridha dan pertolongan dari Allah Swt semata.  Amin.

Jgy, 10 Mei 2009
Mashudi Antoro (Oedi`)

.
[Disadur dari: cinta_rasul@yahoogroups.com]

67 thoughts on “Kiamat di tahun 2053 ?? (Pendapat Para Ilmuan tentang Hari Kiamat)

    Harry said:
    Mei 15, 2009 pukul 12:51 am

    Waah Serem jadinya bacanya…mudah mudahan jika itu memang kenyataan kita semua ada dalam keadaan yang Khusnul Khotimah ya…Amieeen

      oedi responded:
      Mei 16, 2009 pukul 3:08 am

      terimakasih atas coment nya….
      ya begitulah fakta keadaan yang telah diketahui…
      terlepas benar atau tidak kiamat th 2053 bakal terjadi maka baiklah kita menjadikannya sebagai renungan dan muhasabah untuk kita semua… amiien

      comel said:
      Agustus 29, 2010 pukul 10:19 am

      kiamat hanya rencana Allah
      tapi uda kliatan tanda2.y

        oedi responded:
        September 4, 2010 pukul 8:51 am

        Tarimakasih atas kunjungan dan komentarnya, semoga bermanfaat
        Yup betul sekali, tapi apakah itu tanda untuk kiamat sugro (kecil) atau emg utk yang kubro (besar)? Hanya Allah SWT yang tahu.

    adit said:
    Mei 23, 2009 pukul 7:46 am

    bangzat ci cicing nyen ngorang

    adit said:
    Mei 23, 2009 pukul 7:48 am

    em

    ang bener kiamat thn 2012

      oedi responded:
      Juni 1, 2009 pukul 10:15 am

      hanya Tuhan Yang Maha Kuasa lah yang sesungguhnya bisa mengetahui
      kita sebagai hamba cuma bisa membaca ciri-ciri yang medekati hari kiamat itu
      sesuai dengan kabar yg pernah disampaikan oleh Nabi terdahulu…

      virgo said:
      Agustus 20, 2010 pukul 9:30 am

      serem…………. itu mah allahu alam

        oedi responded:
        Agustus 24, 2010 pukul 4:59 am

        Terimakasih atas kunjungannya…. semoga bermanfaat dan senantiasa mengingatkan.

    dextreme said:
    Juni 5, 2009 pukul 8:18 am

    dextreme…..

    munkin hanya perkiraan-perkiraan saja,semua dah ada ketentuannya…..saya secara pribadi sich gak yakin sama sekali yang gituan…..

      oedi responded:
      Juni 9, 2009 pukul 9:27 am

      ya memang benar itu semua adalah perkiraan saja, karena hanya Tuhan lah yang tau kapan kiamat itu akan terjadi dan apakah memang benar akan terjadi….
      tugas kita hanya mempersiapkan bekal selama menjalani hidup di dunia ini untuk modal setelah mati…
      makasih ya atas comentnya….
      chayoo…

    ningnong said:
    Juni 12, 2009 pukul 2:53 am

    ampe merinding2 bacanya…
    makasih y di’ artikel nya..
    seep seep..

    quote:
    “Perkara kiamat cepat atau lambat datangnya adalah mutlak milik Allah Swt saja yang tahu dan bukan urusan kita. Yang penting bagi diri kita adalah menyiapkan bekal untuk menghadapi hari kiamat itu dan terlebih ketika kelak menghadap Allah di hari pertanggungjawaban.”

    amien.. 🙂 se7 di’…

      oedi responded:
      Juni 15, 2009 pukul 8:07 am

      Yoi…sama-sama dech…
      Bahkan masih ada beberapa fakta ilmiah lain mengenai “Kiamat” atau “and of time” juga tentang alam semesta yang semakin tua ini.. dan semuanya sekali lagi semoga menjadi manfaat bagi kita bersama…amiin.
      Cu

    hidayat berutu said:
    Juli 17, 2009 pukul 4:10 am

    SEBELUM PLANET ITU MENGHANCURKAN BUMI SEBAIKNYA KITA HANCURKAN DAHULU PLANET TERSEBUT.

    CARANYA HANYA SATU ;
    ” LEDAKAN PLANET ITU DENGAN NUKLIR “

      oedi responded:
      Juli 25, 2009 pukul 3:56 am

      wow… keren juga tuh idenya… tp kira-kira butuh berapa banyak bom nuklir utk ukuran planet yg 100 kali lebih besar dari masa bumi..???
      berdoa aja semoga peristiwa tabrakan itu tidak pernah terjadi…. 🙂
      Thx utk komentarnya…. chayooo…

    tanz said:
    Agustus 3, 2009 pukul 6:34 am

    emg udh lkuin penilitian dmn ???

    kiamat emg pzti bkl terjdi koq….

    hnya tnggu wkt’y az….

      oedi responded:
      Agustus 6, 2009 pukul 8:18 am

      yang sudah melakukan penelitian itu ya orang Amerika dengan badan antarariksanya (NASA) di tahun 2003 lalu…bahkan tetap saja hingga kini…
      utk tempat ya di bumi dengan peralatan teleskop super canggihnya dan juga penerbangan mereka ke luar angkasa…
      wikey trims utk komentarnya…..

    Bella said:
    Agustus 28, 2009 pukul 5:54 am

    Aku sich gak percaya banget abis kiamat itu kan yang tau cuman allah jadi mau diapain lagi!

      oedi responded:
      September 6, 2009 pukul 9:15 am

      wokey saya juga sangat sependapat kalau kiamat itu sejatinya hanya Allah SWT saja yang dapat mengetahuinya… namun dalam tulisan ini maka saya hanya sekedar memberikan sekelumit peringatan dan bahan renungan kita bersama agar kita senantiasa menjaga sikap dan perbuatan kita selama masih menjalani hidup dan kehidupan di dunia ini…. jadi sekali lagi agar kita tidak menyesal di kemudian harinya….
      terimakasih atas comentnya….

      ARI said:
      November 30, 2009 pukul 7:19 am

      JNGN PERCAYa itu smua bhong wawallahhu’alam

    Fauzi EP said:
    Oktober 1, 2009 pukul 3:19 am

    Saya setuju mas Oedi, Allah yang Maha Tahu tentang terjadinya kiamat namun kita sebagai hamba-Nya tidaklah salah melakukan kajian dan analisis. Kalau pun kita bisa menghindari tabrakan planet itu dengan bumi, hal itu bukanlah merupakan ikhtiar untuk menentang takdir kiamat. Manusia hanyalah berusaha namun Allah yang menentukan.

    thepeacemaker said:
    Oktober 15, 2009 pukul 11:02 am

    bikin kapal induk luar angkasa! kaya di film startek . gitu aja kok repot?? awal masa depan itu dari mimpi dan harapan .. y to??
    .
    . n satu lagi . . soal kapan kiamat . . g pernah ada yg tahu / cuma DIA yang tau . .

    johan said:
    Oktober 23, 2009 pukul 5:24 pm

    Terima nasib aja

    Galuh said:
    Oktober 27, 2009 pukul 12:47 pm

    tentang adanya hari kiamat itu pasti ttp tentang hari di mana dan bagaimana terjadinya hanya allah yang tahu tinggal kita merenungkan tentang amalan kita?

      oedi responded:
      November 19, 2009 pukul 2:17 pm

      Setuju…
      Sekarang tanyakan pada diri sendir bahwa sudah sejauh mana bekal yang dipersiapkan..????

    rachelena said:
    Oktober 31, 2009 pukul 2:24 am

    lucu juga ya, keterangan NASA dipercaya, tapi orang nya di benci.

    tiara said:
    November 13, 2009 pukul 12:53 pm

    SUBHANALLOH

    koyak said:
    November 14, 2009 pukul 12:55 pm

    apa la lu org ni,mana boleh kita tahu kiamat bila,,tapi kita kena percaya la kiamat itu akan datang tp tak tahu bila,,

      oedi responded:
      November 19, 2009 pukul 1:31 pm

      Benar… bahwasannya tidak akan ada mahkluk yang berada di alam semesta ini yang bisa mengetahui kapan Hari Kiamat itu akan terjadi
      karena rahasia itu hanya Allah SWT yang mengetahuinya…. tinggal kita yang harus terus beriman kepadanya dan senantiasa berusaha
      memperbaiki diri….

    Le_bol said:
    November 16, 2009 pukul 1:44 pm

    Hmm.. Subhanallah ya. Gak kebayang juga neh gimana kiamat itu ya. Kayak mimpi aja, tapi teteup aja bakal terjadi. However, Maha Besar Allah dengan segala keagungan Nya.

    Hidayat said:
    November 22, 2009 pukul 10:57 am

    ni bnr gk sih. klo bnr siap2 aja dech

    ryanz said:
    November 25, 2009 pukul 1:55 am

    semoga jja nui semua hanya perkiraan n hanya untuk qta umat manusia agar bertobat di jalan Alloh dan meninggalkan maksiat so persiapkanlah diri kalian untuk semua ini n jangan takut cz hari itu akan datang tanpa kita duga n mari kita semua bertaubat kembali ke jalan Alloh SWT agar qta semua selamat dari siksaan Alloh SWT dan 1 hal lagi hari kiamat tidak ada yang tau kapan terjadi key,….

    hamba Alloh said:
    November 25, 2009 pukul 2:01 am

    jangan lupa kalian semua yang merasa belum sempurna mari kita sempurnakan amal kebaikan kita dengan cara kembali ke jalan yang benar yaitu jalan yang di ridhoi Alloh SWT,….

      karni said:
      Februari 14, 2010 pukul 7:10 am

      yah yang nama nya kiamat itu gak tau semua umat manusia pun gak bakalan tau/karna itu rahasia allah

    arafah said:
    November 26, 2009 pukul 10:15 am

    emang kimat ada yang tau apa ????????????????????????????

    enggar said:
    November 27, 2009 pukul 7:47 am

    GA SAH NGOMANGIN ITU, Q JADI TAKUT AH. YANG PETING KITA PERCAYA BAHWA KIAMAT ITU ADA, GOD BLESS YOU AJ.

    gilang said:
    November 30, 2009 pukul 6:09 am

    jangan buat” berita kiamat, smkin bnyk org yg resah krn ngebaca smakin gde loh dosanya…

    Restu said:
    November 30, 2009 pukul 12:18 pm

    Yg bnr Ne y Kiamat 2012 Apa 2053 ??
    Kalo kiamat gw gg taw yg cuman tw sich ALLAH S.W.T ??
    Kan Kalo Kiamat Pasti ada Djal Sama Bunyinya Terompet Sangsangkala ??

    rani ernitasari said:
    Desember 5, 2009 pukul 9:57 am

    assalamualaikum,,
    keren abiz,,,,emank kiamat itu hanya di tangan Allah,,,jadikan kiamat itu renungan/ instropeksi diri,,,seberapa besar amal yang telah kita perbuat,,
    waalaikum salam,,,

      oedi responded:
      Desember 5, 2009 pukul 1:23 pm

      Wa`alaikumsalam…
      Ya.. saya sangat setuju dengan itu…
      Terimakasih telah membaca dan mengomentari tulisan ini….

    ghyna said:
    Desember 21, 2009 pukul 1:01 am

    :: ya aku akn lebih mendekatkan diri kpada allah semata,,
    sya tau kiamat akn dtang.. dan saya hanya berharap bahwa sya meninggal scara islami,,..allahuakbar..,,::

    i am said:
    Januari 5, 2010 pukul 1:00 pm

    wah jadwal kiamat diundur ya?
    g’ jadi 2012.
    tuk taun 2053 tu dah pasti pa blom?

    klo da perubahan jadwal lagi kabar2 ya!
    he.. he.. heeeeeeeee…………………..!

      oedi responded:
      Januari 7, 2010 pukul 12:06 pm

      yoi tar di kabari dech… hehe…
      Btw semua masalah kiamat itu (2012 atau 2053) adalah prediksi dari segelintir orang yang memiliki kemampuan untuk itu.
      tentang kapan pastinya terjadi, hanya Tuhan yang Maha Tahu.
      Tetapi dengan adanya tulisan ini, maka setidaknya memberi gambaran dan informasi kepada kita bahwa sesungguhnya kiamat itu jelas adanya
      sehingga kita dapat menginstropeksi diri, memperbaiki diri dan mempersiapkan diri ketika memang harus menemui hari kiamat, atau setidaknya ketika
      kita harus menghadap-Nya nanti kita sudah bersiap dan punya bekal yang baik.

    andri said:
    Januari 17, 2010 pukul 4:07 am

    kiamat itu menakutkan untuk kita semua

    zacky said:
    Februari 3, 2010 pukul 3:18 pm

    kiamat memang ada,tapi qt sebagai umat Nya harus mempercyai klo ada’a kiamat,kRna kIamat bRbagaI maCam spertI kIamat sUgrO n kObro,,
    mKa JganLah sekaLi qTa mLawa apa yang Allah tentUka,,,

    wonwon said:
    April 15, 2010 pukul 10:28 am

    Merinding bacanya…memang kpan persisnya kiamat hnya Allah yg tau,tp manusia dberikan pkiran utk membaca tanda2nya. right? tapi setidaknya, kenapa org2 penting yg sudah tahu (khususnya NASA)tidak membrikan pnjelasan secara ilmu pngetahuan bgaimana prosesnya(tabrakan planet)secara masuk akal kpda kita semua,kesannya menutupi dengan alasan “tidak ingin membuat panik”…pdahal yg ada,ketidaktahuanlah penyebab panik.

      oedi responded:
      April 16, 2010 pukul 2:34 pm

      Terimakasih atas kunjungannya di blog ini.
      Menurut ya saya, begitulah manusia yang sebagian besarnya hanya berfakus pada urusan materi dan keduniawian, sehingga melupakan kepentingan lainnya (akherat). Walhasil kian hari nanti mereka akan kian kufur hingga laknat, azab dan hukuman Tuhan yang menjadi penentunya.
      Semoga kita tidak termasuk orang-orang yang semacam ini.

    adam labib hs said:
    Mei 10, 2010 pukul 7:19 am

    sebaiknya kita banyak berdo’a saja dan banyak beriman supaya kelak saat hari kiamat kita akan masuk syurga amiin

      oedi responded:
      Mei 11, 2010 pukul 3:20 am

      Amiiiin…..
      Semoga kita menjadi hamba Tuhan yang beruntung…
      terimakasih atas kunjungannya…..

    novi said:
    Mei 15, 2010 pukul 3:31 am

    duhhh,…….pasrah aj deh katanya kiamat tahun 2000 atau berapa gitu gak terjadi juga kan…akibatnya orang yang ngabarin 2000 atau bertapa lah dipenjara……..

      oedi responded:
      Mei 17, 2010 pukul 11:55 am

      Yap betul sekali… kiamat lebih baik ga usah dipikirin… bikin pusing aja…. hehe…
      Perihal tulisan ini adalah sebagai bahan pengingat dan instropeksi bagi kita bahwa jangan terus memperturutkan hawa nafsu duniawi karena kehidupan yang abadi di akherat pasti ada dan akan datang bagi kita semua…. dn kita harus mempertanggujawabkan apa saja yang telah kita lakukan di dunia.
      Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya di tulisan ini…
      salam…

    marco said:
    Juni 14, 2010 pukul 1:19 am

    kiamat boleh juga

    Nano budiman said:
    Oktober 28, 2010 pukul 4:08 pm

    kalau kiamat tahun 2053 harusnya sekarang itu nabi isa sudah turun dari surga, karena menurut hadist rasulullah SAW,nabi isa akan turun 70 tahun sebelum kiamat,berarti nabi isa sudah harus turun tahun 1973,buktinya sampai sekarang belum ada tanda2 datangnya Nabi Isa as beserta imam mahdi dan addajjal belum muncul

      oedi responded:
      Oktober 29, 2010 pukul 8:10 am

      Sebelumnya saya ucapkan terimakasih atas kunjungan dan komentarnya di tulisan ini, semoga bermanfaat.
      Atas isi komentar Anda, saya tidak perlu berkomentar banyak lantaran yang Anda sebutkan itu tidak salah, namun perjelasan pada tulisan ini juga tidak bisa langsung disalahkan, karena ini hanya perkiraan berdasarkan penelitian ilmiah para ilmuwan. Selain itu janganlah Anda mengartikan judul tulisan ini secara harfiah karena bisa bertambah keliru nanti pemahamannya. Tolong di telaah kembali tulisan ini dengan cermat dan hati yang tenang, karena inti yang kami maksudkan dalam tulisan ini hanya bersifat perkiraan bukan hal yang pasti terjadi, dan kalau pun benar terjadi, itu hanyalah kiamat sugro (kecil) saja, bukanlah kiamat kubro (besar/sesungguhnya) nanti.
      Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

    rahmad said:
    Januari 26, 2011 pukul 11:22 am

    wah !!!!!! kalau gini kiamat nya bikin jadi aku takut !!!!

      oedi responded:
      Januari 27, 2011 pukul 3:48 am

      Kita semua harus takut dengan kiamat, untuk itu bekalilah diri dari sekarang dengan amal dan ibadah yang benar dan diridhai-Nya.
      Terimakasih atas kunjungan dan dukungannya, semoga bermanfaat.

        Dilla. a.w said:
        Maret 3, 2011 pukul 9:46 am

        Manusia gk ada yang tau kapan hari KIAMAT hanya Allah.swt yang tau

        oedi responded:
        Maret 4, 2011 pukul 10:21 am

        Yup… benar sekali, terimakasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat.

    hamba ALLAH said:
    September 1, 2011 pukul 4:31 pm

    wahhhh….kalo kiamat 2053,gua dah masuk kuburan duluan….semoga anak cucu kita,menjalankan perintahNYA dan menjauhi laranganNYA……amien.

      oedi responded:
      September 8, 2011 pukul 5:33 am

      Hehe… mungkin juga tuh… tapi inikan hanya sebatas perkiraan dari para ilmuwan, yg jelas kapan kiamat itu terjadi hanya Allah SWT yang mengetahuinya… semoga kita, anak dan cucu kita tetap menegakkan perintah-Nya… Amiin.
      Terimakasih atas kunjungan dan dukungannya, semoga bermanfaat.. 🙂

    Bayu Dhankerzz said:
    September 13, 2011 pukul 4:03 pm

    kalau kiamat kan yang hancur seluruh alam semesta … g’ bumi aja ……..

      oedi responded:
      September 14, 2011 pukul 3:46 am

      Ingat kiamat ada dua macam yaitu kubro dan sugro, kalau kiamat kubro (besar) sih emang alam semesta hancur, tapi kalau kiamat sugro (kecil) tidak karena kiamat ini hanya dalam lingkup kecil seperti kematian dan bencana alam…
      Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya, semoga bermanfaat… 🙂

    Noor Hasna said:
    Desember 13, 2012 pukul 2:46 pm

    SUBHANALLAH WALHAMDULILLAH LAAILAHAIL LALLAH ALLAHUAKBAR, LA HAULAWALAA QUATAIL LABILLA HIL’ALIYUL ADZIM

    chandra said:
    Januari 8, 2013 pukul 2:13 pm

    asal tau aja kiamat terjadi saat semua manusia tidak menyadari bahwa kiamat akan terjadi!!!

    site said:
    Juli 2, 2013 pukul 6:58 pm

    Hi there, of course this piece of writing is genuinely fastidious and I have learned lot of things from it regarding blogging.
    thanks.

    ricky said:
    Februari 4, 2014 pukul 6:07 am

    lillaahitaala,,,, hanya allah swt lah yang tau kbnran.a…..!

      oedi responded:
      Februari 4, 2014 pukul 11:40 am

      Yap, hanya Allah SWT yang tahu… kita cuma diberi tanda-tandanya aja, itu pun atas petunjuk-Nya juga… Sehingga tugas kita pun bukan untuk menentukan kapan waktunya kiamat? karena itu sudah pasti tidak akan bisa kok.. tetapi justru terus berpikir dan merenungkannya.. terlebih mempersiapkan bekal yang cukup untuk perjalanan nanti di akherat.. karena jika tanpa hal itu, semua yang kita lakukan pun hanya akan percuma nanti.. 🙂
      Okey, terimakasih atas kunjungan dan dukungannya, semoga bermanfaat.. 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s