Kekasihku, Cinta itu…

Kekasihku…kau tau bahwa cinta tidak pernah berlaku layaknya seperti tamu yang sebelumnya telah mengabarkan melalui sms akan kehadirannya. Cinta tak seperti awan gelap yang mengabarkan kepada dunia bahwa akan turun hujan. Cinta tidak pernah seperti petugas penyobek karcis bioskop yang akan menunggu antrian panjang para penonton untuk masuk kedalam biliknya. Cinta tak seperti kita manusia yang akan letih, tua dan mati. Karena ketahuilah bahwa cinta sendiri punya perilaku yang sangat unik, ia akan sangat sulit untuk dilacak keberadaanya dan hanya akan dirasakan dan diketahui oleh setiap jiwa yang sebelumnya telah dipilih oleh cinta untuk mengetahui seberapa besar rahasia yang tersembunyi di dalamnya.

Perjalan sebuah cinta tidak akan mulus-mulus saja, ia terkadang akan sering terjal mendaki terkadang pula licin menurun, terkadang kekanan tetapi sebaliknya pula sering kekiri, bahkan terkadang berputar-putar. Oleh sebab itu sia-sialah bila engkau berkeinginan untuk meluruskan cinta, atau engkau yang ingin mengukur kedalaman sebuah cinta, juga kepada engkau yang ingin mencari-cari cinta. Karena cinta bila engkau kejar maka ia akan semakin cepat berlari didepanmu, bila engkau ukur kedalamannya maka pengukurmu tidak akan pernah cukup panjang karena selalu ada yang jauh lebih dalam, dan bila engkau mencari-carinya maka ia akan terus bersembunyi di balik tirai tipis hatimu dan kau sendiri tidak akan dapat menyentuh dan menemukannya. Karena cinta akan hadir dengan sendirinya kepada setiap hati dan jiwa yang telah siap dan dipilih oleh cinta sendiri

Dan sekali lagi kekasihku…. janganlah engkau menghindarkan diri dari cinta, sebab jika engkau menghindar darinya, maka cinta akan tetap saja mencengkeram erat kepadamu dengan jari-jarinya yang kuat, hingga engkau tidak akan pernah lolos dan akan dibuatnya lemah serta bertekuk lutut dibawahnya, engkau tidak akan sanggup berkelit di hadapannya, engkau hanya akan merasakan kehadirannya, mengikuti kemana arahnya dan meresapi hikmahnya di dalam setiap kehidupanmu.

Jgy, 2007
Oedi`

[Cuplikan dari novel “Pertemuan Cinta”, Mashudi Antoro (Oedi`), 2007]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s