RSS

Hubungan Agama Islam dan Ilmu Pengetahuan

15 Jun

bca-quranDalam pergerakan alam semesta ini maka jika dicermati dengan seksama akan terjadi banyak fenomena yang luar biasa. Dan semuanya ternyata telah dijelaskan didalam Al-Qur`an sebagai pembelajaran dari Allah Swt kepada hamba-Nya yang beriman agar mereka berpikir dan menjadi pintar.

Berikut saya cuplikkan dari buku “This is The Truth, Newly Discovered Scientific Focts Revealed in the Quran & Authentic Hadeeth” dimana terdapat sebuah diskusi yang terjadi antara Abdullah M. al-Rehaili (penulis) dengan Profesor Shrceder (ilmuwan kelautan dari Jerman). Disana penulis mengatakan “Kami bertemu dengannya pada seminar Ilmuwan Kelautan yang diselenggarakan di Universitas King Abdul Aziz, Jeddah. Saya bertanya untuk mengantarkan pembicaraan fenomena laut antara penemuan ilmiah dan ayat Al-Qur`an. Pada hari selanjutnya, Profesor Shroeder berdiri dan memberi komentar apa yang telah kami katakan: “Saya hendak memberi komentar tentang kuliah yang disampaikan Syeikh az-Zindani kemarin, dan akan mengatakan berapa banyak saya menghargai perkuliahan ini dalam rangka pertemuan ilmiah. Seseorang tidak dibutuhkan untuk menjadi seorang Muslim (untuk melihat ilmu pengetahuan dalam konteks agama yang lebih luas), bahkan untuk saya seorang Nasrani, penting tidak hanya melihat ilmu pengetahuan, namun saya juga dalam perasaan dan gambar yang lebih lebar dan ketika dibandingkan dengan agama, lihatlah hal ini dalam konteks agama”

Setelah mengetahui hal itu, Profesor Shroeder mendiskusikan hubungan antara ilmu pengetahuan dan agama. Dia menunjukkan jurang pemisah antara agama yang berbeda-beda dan ilmu pengetahuan. Maka dari itulah terdapat saling bertolak belakang antara pemikiran pemuka agama dan ilmuwan. Namun, Profesor Shroeder heran ketika dia ditunjukkan kebenaran yang berisi bermacam-macam ayat Al­-Qur`an yang telah diturunkan 1400 tahun yang lalu. Dia memberi komentar: “Dalam beberapa agama, kita mendapatkan pemuka agama yang berpikir bahwa ilmu pengetahuan dapat mengambil sesuatu dari agama. Jika ilmu pengetahuan  membuat peningkatan, agama harus berputar kembali, menjadi dilanggar batasannya. Di sinilah kita lihat sebuah pendekatan yang berbeda secara lengkap. “Syeikh az-Zindani menunjukkan kita bahwa ilmuwan itu sebenarnya hanya menegaskan apa yang telah tertuliskan di dalam Al-Qur`an beberapa tahun yang lalu. Sebenarnya ilmuwan sekarang menemukan apa yang telah dikatakan sebelumnya, saya pikir hal ini penting. Penting dalam arti untuk diadakan sebuah simposium atau workshop untuk dijadikan peran serta, diskusi, dan persetujuan ilmuwan dari seluruh bangsa dan saya yakin bahwa kita semua akan pulang dan sekarang berpikir lebih banyak lagi tentang hubungan antara agama dan pengetahuan kelautan’”.

Hal ini menjadi jelas bahwa para ilmuwan sekarang hanya menemukan apa yang telah tersebut di dalam Al-Qur`an sejak 1400 tahun yang lalu. Hal ini mengingatkan kita pada pernyataan sebagai berikut: Siapa yang memberitahukan Nabi Muhammad tentang hal ini? Siapa yang menurunkan pengetahuan ini kepadanya? Sebab, inilah kebenaran yang se-zaman dengan apa yang diketahui oleh para ilmuwan, baik itu mereka sebagai ahli astronomi, ahli kelautan, ahli geologi atau ahli dalam bidang keilmuwan yang lain, akan tetapi Al-Qur`an dan Sunnah telah menyebutkannya.

Setelah mendengarkan kita, Profesor Shroeder percaya dengan sepenuhnya dan membuat pernyataan sebagai berikut:
“Tidak ada pengetahuan pada satu sisi, juga agama pada satu sisi. Orang-orang tidak berbicara dengan yang lain, akan tetapi mereka akan menuju pada satu petunjuk. Mereka menyatakan hal yang sama dalam bahasa yang berbeda, bahasa ilmiah (bahasa abstrak) dan bahasa tulisan, sebagaimana yang telah dikatakan Syeikh”

Dia meminta dengan jelas bahwa kenyataan ini dipersembahkan untuk seluruh umat manusia di seluruh dunia, akan tetapi khusus untuk ilmuwan dalam pusat studi mereka, dalam semua bahasa. Sehingga mereka paham dengan jelas dan ada hubungan yang benar antara agama dan ilmu pengetahuan yang telah diklarifikasikan. Kita berbicara tentang agama yang telah bebas dari distorsi. Pengetahuan yang benar harus ditegaskan dengan agama yang benar.

Sebagaimana dalam konteks Islam, seperti yang tersebut di dalam Al-Qur`an:
“Katakanlah: Perhatikanlah apa yang ada di langit dan di bumi” (QS. Yunus [10] : 101)
“Sesungguhnya pada langit dan bumi benar-­benar terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah untuk orang-orang yang beriman. Dan pada penciptaan kamu dan pada binatang-binatang yang melata yang bertebaran (di muka bumi) terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) untuk yang meyakini. Dan pada pergantian malam dan siang dan hujan yang diturunkan Allah dari langit lalu dihidupkannya dengan air hujan itu bumi sesudah matinya, dan pada perkisaran angin terdapat pula tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi kamu yang berakal. Itulah ayat-ayat Allah yang Kami membacakannya kepadamu dengan sebenarnya, maka dengan perkataan manakah lagi mereka akan beriman sesudah (kalam) Allah dan keterangan-keterangan-Nya” (QS. al-Jaatsiyah [45] : 3 -6)
“Adakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui?” (QS. az-Zumar [39] : 9)
“Maka ketahuilah, bahwa sesungguhnya tidak ada Tuhan melainkan Allah”
(QS. Muhammad [47] : 19)

Agama mendorong kita untuk memperoleh pengetahuan dan mengharapkan kita merenungkan alam semesta dalam sebuah bahasa yang bisa dipahami sekarang. Maka dari itulah mari sekali lagi kita mempelajari dengan kemampuan yang dimiliki masing-masing diri sebagai upaya menjalani arti peran kehidupan yang bermanfaat.

Wallahu a`lam bish-showwab.

Catatan: Untuk memperluas pemahaman tentang agama Islam ini (khususnya tentang mukjizat Al-Qur`an) silahkan baca link berikut: http://oediku.wordpress.com/2010/06/01/keajaiban-al-quran-dan-pembenarannya-secara-ilmiah/

Yogyakarta, 15 Juni 2009
Mashudi Antoro (Oedi`)

[Disadur dari: Abdullah M. al-Rehaili, 1999. Dalam bukunya: ”Bukti Kebenaran Qur`an” atau dalam judul aslinya: This is The Truth, Newly Discovered Scientific Focts Revealed in the Quran & Authentic Hadeeth]

About these ads
 
35 Komentar

Ditulis oleh pada Juni 15, 2009 in Tulisan_ku

 

35 responses to “Hubungan Agama Islam dan Ilmu Pengetahuan

  1. ika

    Oktober 9, 2010 at 4:16 am

    aku mo lihat apa per bedaan islam dan ilmu pengetahuan

     
  2. azwin

    Oktober 19, 2010 at 6:51 am

    i like it……………………………………………………..

     
    • oedi

      Oktober 20, 2010 at 11:48 am

      Terimakasih atas kunjungan dan dukungannya, semoga bermanfaat.

       
      • danangdara

        Mei 18, 2012 at 3:18 am

        untuk memperkuatnya harusnya ada sumber dari al qur’an dan al hadis..

         
      • oedi

        Mei 18, 2012 at 7:05 am

        Hmm… maksudnya???

         
  3. agkoo

    November 8, 2010 at 1:26 pm

    kira – kira ada lagi tidak pembahasan tentang Agama Islam secara Ilmiah…..
    dan Ada Situs lain yang membahas tentang itu???

     
  4. stemy

    November 9, 2010 at 4:06 am

    wah.. artikelnya bagus.. membantu tugas agama saya.. :)

     
    • oedi

      November 10, 2010 at 12:11 pm

      okey, terimakasih atas kunjungan dan dukungannya, semoga bermanfaat.

       
  5. febian

    Januari 16, 2011 at 2:44 pm

    blog nya bermanfaat
    thx

     
    • oedi

      Januari 19, 2011 at 6:31 am

      Terimakasih atas kunjungan dan dukungannya, semoga bisa bermanfaat.

       
  6. febrian

    Januari 16, 2011 at 2:46 pm

    blog nya bermanfaat…
    terimakasih

     
    • oedi

      Mei 27, 2011 at 2:03 am

      okey… terimakasih atas kunjungan dan dukungannya, semoga bermanfaat.

       
  7. tri miarso

    Januari 21, 2011 at 6:11 am

    trimakasih telah membantu tugas saya.

     
    • oedi

      Januari 22, 2011 at 7:16 am

      Okey.. sama-sama, semoga bermanfaat.

       
  8. hardi antariksa

    Januari 28, 2011 at 11:58 am

    trims

     
    • oedi

      Januari 30, 2011 at 9:55 am

      Iya sama-sama, semoga bermanfaat.

       
  9. M. YAKUB

    Mei 19, 2011 at 5:37 pm

    Ya, saya suka… Semakin mantaplah keyakinanku.

     
    • oedi

      Mei 27, 2011 at 2:05 am

      Subhanallah…
      Syukurlah bila demikian adanya, tetap semangat yach…karena ini (Islam) adalah jalan kebenaran utk bisa kembali pada-Nya dalam nuansa yang berseri-seri dan penuh keridhaan-Nya.
      Terimakasih atas kunjungan dan dukungannya, semoga bermanfaat.

       
  10. arul

    Mei 19, 2011 at 10:43 pm

    saya menyukai tulisan saudara

     
    • oedi

      Mei 20, 2011 at 11:12 am

      Okey.. terimakasih atas kunjungan dan dukungannya, semoga bermanfaat. :)

       
  11. hendra

    September 13, 2011 at 5:36 am

    semua yang tidak baik itu pasti dilarang oleh islam…yang baik2 itu selalu dianjurkan oleh islam…seperti tidak boleh memakan binaatang yang bertaring atau berkuku tajam…karena dia pasti pemakan bangkai dan sejenisnya..dan bangkai atau hewan mentah mengandung bakteri atau sejenisnya…

     
    • oedi

      September 14, 2011 at 3:31 am

      Yup… saya sependapat dengan Anda, karena begitulah indahnya Islam bagi kehidupan makhluk…
      Terimakasih atas kunjungan dan dukungannya, semoga bermanfaat… :)

       
  12. refnoldy

    Oktober 25, 2011 at 1:48 pm

    jadi agama islam memerintahkan umatnya untuk mnguasai iptek yang telah ada dalam al quran untuk mengeksploitasi alam dengan baik ya.

     
    • oedi

      Oktober 27, 2011 at 2:46 am

      Yup… benar sekali… meskipun Al-Qur`an bukanlah kitab sains dan teknologi tttp memang banyak ayat2nya yg memberikan informasi tentang hal itu… (baca ini: http://oediku.wordpress.com/2010/06/01/keajaiban-al-quran-dan-pembenarannya-secara-ilmiah/#more-2065 ). Bahkan bangsa Yahudi sendiri secara terang-terangan mempelajari keilmuan dan tekologi yang ada di dalam Al-Qur`an ini, meskipun mereka tidak mengimaninya…
      Okey.. terimakasih atas kunjungan dan dukungannya, semoga bermanfaat.. :)

       
  13. refnoldy

    Oktober 25, 2011 at 1:57 pm

    sesuai g ya kesmplan sya sma pmbhsanny?

     
    • oedi

      Oktober 27, 2011 at 2:46 am

      Maksudnya??

       
      • refnoldy

        November 6, 2011 at 10:29 am

        maaf g apa apa, terima kasih tulisannya, sangat bermanfaat untuk uts saya :)

         
      • oedi

        November 10, 2011 at 4:45 am

        Okey… terimakasih juga atas kunjungan dan dukungannya, semoga bermanfaat.. :)

         
  14. khan

    Januari 25, 2012 at 6:04 am

    islam ok

     
    • oedi

      Januari 25, 2012 at 6:07 am

      Yoi.. ISLAM is The Best.. :)
      Makasih atas kunjungan dan dukungannya, moga bermanfaat.. :)

       
  15. Afifah

    Oktober 27, 2012 at 9:42 am

    apakah agama islam bisa dibuktikan dengan ilmu pengetahuan…?? :)

     
  16. astri

    April 30, 2013 at 10:50 pm

    terimah kasih sangat membantu tugas saya :)

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 151 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: